Mau Kirim File Besar untuk Tugas Berat? Lakukan 4 Tips Ini

October 26, 2021

Saat beraktivitas di rumah, baik sekolah maupun bekerja, kecepatan internet dan kirim file tentu sangat penting. Hal ini karena kamu pasti harus melakukan video conference hingga mengirimkan file tugas yang besar saat bekerja atau belajar di rumah. Agar pekerjaan atau tugas tidak terhambat, kamu harus memastikan proses kirim file penting berjalan dengan lancar. 

Ada banyak cara agar kamu bisa mengirim file tugas atau pekerjaan berukuran besar dengan cepat. Yuk, simak cara kirim file besar, baik secara online maupun offline.

kirim file

Compress File

Sebelum kamu kirim file dengan ukuran besar, sebaiknya kamu compress terlebih dahulu file tersebut agar ukurannya menjadi lebih kecil. Hal ini akan membantu kamu untuk menghemat waktu saat mengunggah file tersebut nantinya. Selain itu, dengan melakukan compress file, kualitas file yang kamu kirimkan tidak akan berubah sehingga sangat penting jika kamu harus mengirimkan tugas desain atau video yang berukuran besar. 

Compress file pada laptop dapat dilakukan dengan software seperti 7-Zip dan sejenisnya. Jika kamu harus mengirim beberapa file berukuran besar sekaligus dalam satu folder, kamu dapat langsung melakukan compress satu folder tersebut dengan 7-Zip. Dengan begitu, seluruh file akan langsung terkirim dalam satu email yang tentu saja akan lebih rapi dan menghemat banyak space di storage email kamu.

Upload ke Cloud

Untuk cara kirim file selanjutnya, kamu dapat langsung upload file yang dibutuhkan ke Cloud untuk selanjutnya dikirimkan dalam bentuk link. Kamu dapat menggunakan OneDrive yang merupakan Cloud bawaan Microsoft atau Google Drive yang merupakan Cloud bawaan dari Google. 

Pada setiap akun Cloud biasanya ada batas storage yang dapat kamu gunakan secara gratis. Jika ingin menambah storage menjadi lebih besar, kamu perlu berlangganan per bulan hingga per tahun agar bisa mendapatkan storage yang lebih besar.

Baca juga: Thunderbolt 4, Fitur Anyar untuk Transfer Makin Maksimal

Upload ke WeTransfer

Cara selanjutnya agar kirim file mudah dan cepat adalah dengan upload file ke WeTransfer atau situs berbagi data sejenis. WeTransfer sangat mudah digunakan karena tidak perlu login atau mendaftar untuk dapat berbagi file. Caranya, kamu hanya perlu memasukkan alamat email kamu dan alamat email yang dituju, lalu masukkan pesan, dan klik Add Your File untuk menambahkan file yang ingin kamu kirim.

Terkait keamanan data, semua file yang di-upload ke WeTransfer akan otomatis terhapus permanen dalam 7 hari. Namun, jika kamu adalah pengguna terdaftar atau merupakan pengguna WeTransfer Pro, maka kamu dapat langsung menghapus file tersebut dari sistem WeTransfer.

Menggunakan Fitur Thunderbolt 4 

Teknologi fitur Thunderbolt 4 sangat membantu kamu ketika harus kirim file yang sangat berat. Fitur ini mampu menggantikan berbagai kabel port seperti USB-C, USB3 dan kabel USB4 sehingga kamu tidak perlu kabel lain untuk kirim file yang cukup berat. Apalagi sudah mendukung PCle 32 Gbps untuk memberikan kecepatan penyimpanan pengiriman file data hingga 3.000 bps.

Seperti pada laptop Acer Swift 3 Infinity 4 yang telah ditenagai prosesor Intel® Core™ Gen 11 dan tersertifikasi Intel EVO Platform untuk jaminan responsivitas dan performa pada laptop tipis. Laptop ini dapat mendukung proses kirim file data hingga 8 kali lebih cepat berkat adanya fitur port Thunderbolt 4 yang multifungsi. Ditambah dengan PCIe Gen4 SSD, performa Acer Swift 3 Infinity 4 di sektor penyimpanan pun jadi lebih maksimal sehingga kecepatan baca dan mengetik menjadi lebih responsif.

Baca juga: #Swiftcandoit, Siapa Pun Kamu, Ada Swift yang Sesuai untuk Kamu!

Yuk, miliki Swift 3 Infinity 4 sekarang selama EPIC Promo hingga 31 November 2021! Kamu bisa dapat cashback hingga Rp 500 ribu dan ekstra cashback 3% hingga Rp500 ribu ditambah dengan pre-Installed Microsoft Office Home and Student 2019 senilai Rp1.799.000 yang berlaku seumur hidup! Promo hanya berlaku untuk pembelian secara online di Acer e-Store dan e-commerce resmi Blibli, JDID, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. 

Kesimpulannya, kirim file secara online maupun offline berukuran besar dapat dilakukan dengan mudah. Namun, akan lebih maksimal lagi jika didukung dengan laptop yang tepat, seperti Acer Swift 3 Infinity 4! 


button_acer e-store