Thunderbolt 4, Fitur Anyar untuk Transfer Makin Maksimal

February 23, 2021

Memiliki kabel port yang bisa menghubungkan lebih banyak perangkat tentu akan membantu memberikan pengalaman yang lebih memuaskan. Melihat hal ini, Intel pada akhir tahun 2020 lalu meluncurkan inovasi transfer data yang lebih cepat dan efisien, yaitu Thunderbolt 4.

Thunderbolt 4 dirilis untuk memberikan kemudahan bagi kamu yang membutuhkan pekerjaan serba cepat untuk mengirim data berukuran besar. Sejauh apa kemudahan yang ditawarkan Thunderbolt 4 ini? Baca terus di sini.

Sistem yang Lebih Lengkap

Thunderbolt™ pada dasarnya memberikan kelengkapan konektivitas dalam satu sistem dengan port, kabel, dan aksesori yang memudahkan pemasangan sambungan yang lebih luas. Begitu pun dengan Thunderbolt 4 yang menyediakan hingga tujuh fungsi sambungan. Teknologi Thunderbolt 4 mampu menghubungkan PC atau laptop kamu dengan dua monitor 4K atau satu monitor 8K, menjadi tempat penyimpanan eksternal, mengisi daya, hingga menghubungkan jaringan ethernet atau LAN antar komputer.

Thunderbolt 4 dapat menggantikan bermacam standar kabel yang sudah ada, seperti kabel USB-C, kabel USB3 Display Port, kabel USB4 20Gbps, dan kabel USB4 40GBps. Dengan fungsi yang lebih lengkap dalam satu kabel, tentunya kamu tak memerlukan kabel lain untuk kebutuhan transfer data lainnya. Thunderbolt 4 ini juga telah mendukung PCIe 32 Gbps sehingga mampu memberikan kecepatan penyimpanan transfer data hingga 3.000 mbps. 

Thunderbolt 4 terintegrasi dengan semua laptop yang menggunakan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 atau Tiger Lake sehingga dapat digunakan di berbagai laptop tipis yang juga telah tersertifikasi Intel® Evo™ platform, seperti laptop Swift 3 Infinity 3 and Swift 3 Air 3. Kedua laptop Swift series ini sangat diandalkan untuk kamu yang bekerja mobile dan dituntut bekerja dengan mengirim banyak data.

Baca juga: Intel® Evo™ Platform, Prosesor Terobosan Baru untuk Laptop Tipis yang Powerful

Koneksikan Lebih Banyak Perangkat

Dengan satu kabel, Thunderbolt 4 memberikan kemudahan untuk menghubungkan PC atau laptop kamu dengan lebih banyak perangkat. Kamu bisa menghubungkan laptop atau PC desktop ke keyboard, mouse, monitor eksternal, hingga menghubungkan SSD ke dock. Dock Thunderbolt 4 dapat menjaga perangkat kamu tetap rapi dan enak dipandang karena kabel yang terhubung dengan berbagai aksesori untuk kebutuhan seperti live streaming adalah satu kabel Thunderbolt 4.

Thunderbolt-4-Fitur-Anyar-untuk-Transfer-Makin-Maksimal-Image

Selain itu, dock Thunderbolt juga dapat menyambungkan PC atau laptop kamu dengan perangkat untuk live streaming sehingga kamu bisa merekam berbagai kegiatan dengan kualitas tinggi dan tentunya tanpa lag. Hal ini karena sinyal yang diterima dari bandwith-nya bersifat dua arah sehingga tidak akan terjadi tabrakan data yang dapat membuat lag. 

Tentunya, ini juga karena bandwith hingga 40 Gbps yang ditawarkan Thunderbolt 4, membuat PC atau laptop bisa lancar terhubung dengan monitor atau SSD atau grafis eksternal berkecepatan tinggi. 

Baca juga: Laptop Acer Aspire 5 A515-44 Ryzen 4000, Performa 30% Lebih Cepat untuk Maksimalkan Produktivitasmu

Lebih Aman dan Efisien

Dari segi keamanan, Thunderbolt 4 juga telah menggunakan sistem keamanan berbasis VT-d yang dapat melindungi serangan terhadap data atau memori kamu. Hal ini karena sistemnya mendukung Direct Memory Access (DMA) sehingga kamu memiliki akses terpisah dengan memori utama di CPU. 

Thunderbolt 4 juga menawarkan efisiensi ketika kamu menggunakan dock untuk laptop. Jadi, ketika kamu harus pergi atau berpindah tempat, kamu tak akan direpotkan dengan banyaknya kabel yang terhubung ke laptop. 

Thunderbolt 4 dari Intel memang memberikan kemudahan dalam penggunaan harian hingga kebutuhan gaming yang lebih kompleks. Mendukung transfer data yang lebih cepat, Thunderbolt 4 mampu menghemat banyak waktumu sehingga mendukung produktivitas yang lebih tinggi, bukan?