Yang Harus SpAcer Tahu Tentang Refresh Rate Monitor

December 20, 2018

Bagi para gamer, tampilan grafik pada sebuah game sangat penting untuk menunjang kepuasan bermain. Pengolahan citra yang mulus juga akan memaksimalkan kinerja game ketika dijalankan. Nah, salah satu faktor yang memengaruhi kualitas grafik ini adalah refresh rate monitor. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum mengetahui pentingnya refresh rate pada monitor tersebut.

Agar spAcer tidak salah pilih ketika membeli monitor, yuk cermati beberapa poin penting terkait refresh rate berikut ini!

Apa itu refresh rate?

Refresh rate monitor adalah kecepatan (rate) ketika gambar monitor di-refresh. Singkatnya, semakin cepat refresh rate, semakin banyak gambar (frame) yang dapat di-render per detiknya, sehingga semakin halus grafik yang ditampilkan. Frekuensi perubahan gambar ini diukur dalam satuan hertz (Hz).

Contoh, monitor PC standar umumnya memiliki refresh rate sebesar 60 Hz, sedangkan display game terbaru dapat mencapai 240 Hz. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan besar monitor tidak akan mampu mengeksekusi tampilan game secara optimal. Karena, kebutuhan display game jauh lebih tinggi dibanding yang mampu dieksekusi oleh monitor itu sendiri. Untuk mengatasinya, spAcer harus membeli monitor dengan refresh rate lebih tinggi atau minimal sama dengan kebutuhan display game. Selain itu, apa lagi sih keuntungan refresh rate yang tinggi?

Refresh rate monitor

Meningkatkan resolusi gerak

Pada dasarnya, sebuah tampilan bergerak (seperti pada game) merupakan serangkaian frame yang ditampilkan bergantian dalam sepersekian detik. Semakin detail frame yang ditampilkan, maka akan semakin halus tampilan yang dapat ditangkap oleh mata dan otak kita. Semakin tinggi refresh rate akan semakin mengurangi blur pada tampilan monitor.

Mengurangi tingkat screen tearing pada game

Screen tearing terjadi ketika frame rate yang dikirim oleh video card jauh lebih tinggi dibanding refresh rate monitor. Semakin banyak frame yang dieksekusi dapat mengakibatkan setengah frame ditampilkan bersamaan frame lainnya. Akibatnya, bisa merusak tampilan visual game yang kamu mainkan.

Dengan refresh rate yang lebih tinggi, setiap frame dapat dieksekusi dan ditampilkan secara optimal. Misal, jika frame rate game kamu sebesar 60 frame per detik, maka refresh rate monitor yang dibutuhkan yakni sebesar 60 Hz (60 frame per detik).

Lebih responsif

Banyak kasus input lag diakibatkan oleh refresh rate monitor yang rendah. Misal, layar 60 Hz tidak akan mampu menurunkan input lag di bawah 16,67 ms, karena itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu refresh ke refresh selanjutnya. Bandingkan dengan layar 120 Hz (8,33 ms), atau layar 240 Hz (4,16 ms). Input lag ini sangat penting bagi para gamer hardcore, karena kinerja mereka juga terpengaruh oleh tingkat responsif device.

Nah, buat para spAcer yang lagi bingung pilih-pilih monitor, ada satu produk rekomendasi dari Acer yang wajib dicoba yaitu Monitor Acer KG241Q!

Monitor Acer KG241Q memiliki refresh rate 75 Hz yang dipadukan dengan layar Full HD (1920×1080), dijamin tampilan game atau video kamu bakal keren banget! Selain itu, waktu respons 1 ms akan membuat pergerakan konten 4K sangat mulus tanpa efek blur dan ghosting. Monitor berukuran 23,4 inci juga memiliki contrast ratio sebesar 100.000.000:1 (tertinggi di kelasnya), kualitas tampilan yang dihasilkan sangat detail dengan warna super-akurat. Lebih dari itu, perangkat ini dibekali teknologi 6-Axis Color Adjustment yang mampu menampilkan kualitas warna menyamai warna aslinya.

Nah, sudah tahu kegunaan dan kinerja refresh rate di monitor, kan? Jadi, cek selalu refresh rate sebelum membeli monitor, ya!

Baca juga: Tips Memilih Komputer Monitor yang Berkualitas