Mengenal Perbedaan Frame Rate (FPS) dengan Refresh Rate (Hz)

February 14, 2021

Ketika kamu membeli laptop gaming, nggak bisa dipungkiri bahwa FPS (frame rate per second) dan refresh rate selalu ditonjolkan. Keduanya memiliki peran besar dalam memberikan pengalaman gaming yang menarik dan juga anti-blur. Jika kamu hobi bermain game-game fighting, simulator, bahkan adventure dengan dunia digital yang begitu megah, tentu kamu perlu membedah keduanya secara mendalam.

Nah, apa sih peran dari kedua elemen ini? Pahami perbedaan frame rate dan refresh rate di sini.

Frame Per Second, Menentukan Kualitas Video Game

Frame per second yang biasa kita kenal dengan sebutan frame rate merupakan spesifikasi yang ada di dalam sebuah video. Frame merupakan gambar diam tunggal yang digabungkan dalam sebuah bentuk slideshow, yang kemudian mencapai ilusi gerak alami. Lalu, berapa banyak dari gambar-gambar tersebut yang ditampilkan dalam satu detik disebut sebagai frame rate.

Semakin tinggi frame rate sebuah video, maka tentu ia akan menampilkan kualitas video yang lebih mulus dan nggak patah-patah. Frame rate tinggi sendiri bisa kamu temukan di game-game kelas berat seperti Genshin Impact atau Microsoft Flight Simulator. Saat kamu menjajal game-game itu, kamu bisa merasakan gambar yang begitu detail dan juga terasa nyatanya.

Refresh Rate, Senjata Buat Platform Gaming

Kalau FPS tadi adalah berapa banyak frame yang dimainkan oleh layar monitor, refresh rate sendiri adalah hitungan berapa kali monitor laptop memperbarui gambar di layar per detik. Misalnya, layar dengan dukungan refresh rate 120Hz dapat memperbarui atau me-refresh gambar sebanyak 120 kali setiap detiknya.

Nggak kayak frame rate, hitungan refresh rate ini stabil. Soalnya, sebuah game nggak akan memuat frame rate yang sama setiap second-nya. Ini tergantung sama seperti apa movement yang ditampilkan.

Namun, kamu nggak akan bisa memainkan game dengan frame rate yang cenderung tinggi kayak Overwatch dengan nyaman kalau laptop gaming yang kamu pakai memiliki refresh rate rendah.

Buat merasakan pengalaman maksimal dalam bermain game atau editing video, kamu membutuhkan laptop dengan refresh rate yang tinggi. Soalnya, kalau kamu memainkan game dengan frame rate 120 fps di dalam layar dengan refresh rate 60 Hz misalnya, game itu bakal menyesuaikan diri supaya bisa tetap diputar di platform layar tersebut.

Baca juga: Yang Harus SpAcer Tahu Tentang Refresh Rate Monitor

Hasilnya, kamu nggak akan merasakan cantiknya grafis AAA yang disajikan oleh game-game kelas tinggi. Tentu ini sebuah hal yang percuma. Jadi, kalau tujuanmu adalah ingin merasakan sensasi maksimal memutar video atau game yang mulus, riil, dan tanpa screen stuttering, tentu terlebih dahulu pilih laptop dengan refresh rate tinggi.

Nah, kamu sekarang sudah tahu kan apa perbedaan frame rate dan refresh rate? So, buat menikmati pengalaman gaming yang maksimal serunya, kamu nggak cuma harus download game-game dengan frame rate tinggi, tetapi juga memiliki device yang menunjang refresh rate dengan angka yang besar!

Predator XB241H menawarkan keunggulan monitor gaming yang bisa memainkan semua game ber-frame rate tinggi secara sempurna. Salah satu monitor gaming terbaik Predator ini mengizinkanmu untuk benar-benar masuk ke dalam dunia game lewat brightness yang puncaknya mencapai 350 nits, refresh rate hingga 180 Hz, dan response time yang cuma 1 ms. Bisa dibayangkan berapa banyak game adventure yang bisa tampil secara nyata di sana, mulai dari Genshin Impact sampai Ghost of Tsushima!

Selain memiliki sederet fitur yang nggak mengecewakan, Predator XB241H juga dilengkapi dengan teknologi Game View dan EyeProtect Technology yang menjamin mata kamu anti lelah meskipun bermain game seharian.

Perbedaan-frame-rate-dan-refresh-rate

Predator XB241H adalah kesempatan terbaik buat hardcore gamer yang mau merasakan pengalaman gaming tanpa batas! Ditambah dengan garansi Acer yang mencapai 3 tahun untuk service and spare parts, nggak ada kata galau lagi saat main game. Yuk, dapatkan penawaran terbaik ini sekarang juga di Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat!

Spesifikasi Predator XB241H

Size

24″

Resolution

1920 x 1080 

Gaming Tech

NVIDIA G-Sync

Brightness

350 nits

Refresh Rate

Up to 180 Hz

Contrast Ratio

1000:1

Response Time

1ms

Viewing Angle

170°(H),160°(V)

I/O Ports

HDMI, DisplayPort (1.2), Audio Out

Speaker

2Wx2