Gamers Wajib Tahu! Perbedaan Refresh Rate 60 Hz, 144 Hz, 240 Hz, 300 Hz

February 11, 2021

Setiap laptop gaming selalu dilengkapi spesifikasi refresh rate pada layarnya, tetapi, apa sih sebetulnya fungsi refresh rate buat kenyamanan gaming? Dan apa makna angka yang ada di depannya? Gamer profesional atau wanna-be tentu wajib tahu soal refresh rate sebelum memilih laptop yang sesuai. 

Bukan cuma CPU dan RAM, refresh rate ini juga jadi komponen penting yang menentukan tingkat kenyamanan main game-game berat. Untuk itu, yuk kenali perbedaan refresh rate 60 Hz, 144 Hz, 240 Hz, dan 300 Hz di bawah ini!

Mengenal Istilah Refresh Rate

Ada dua komponen yang sering membingungkan bagi para user, yakni frame per second (FPS) dan juga refresh rate. Meskipun sama-sama menentukan kualitas gambar, tetapi keduanya bekerja dalam lini yang berbeda.

FPS menentukan berapa banyak frames yang diproduksi sama PC. Sementara itu, refresh rate adalah berapa banyak monitor pada laptop gaming atau desktop me-refresh gambar pada layar. Jadi, semakin tinggi refresh rate-nya, semakin halus pula gambar yang ditampilkan.

Perbedaan Refresh Rate 60 Hz, 144 Hz, 240 Hz, dan 300 Hz

Lalu, apa perbedaan angka-angka refresh rate yang biasa hadir dalam laptop dan game ini? Refresh rate yang tinggi memang makin bagus, tetapi nggak semua device membutuhkan refresh rate tinggi. Dalam konsol TV box atau BluRay misalnya, refresh rate 60 Hz aja udah cukup. 

Namun, kalau kamu mau bermain game AAA, refresh rate 144 Hz membuat gambar yang ditampilkan tampak lebih indah. Bagaimana dengan game bergenre FPS, balap atau game simulator dengan pergerakan yang cepat dan riil serta dituntut kompetitif? Tentunya refresh rate 240 Hz bahkan 300 Hz lebih cocok buat kamu.

Baca Juga: Yang Harus SpAcer Tahu Tentang Refresh Rate Monitor

Berbagai Manfaat Refresh Rate Tinggi

Refresh rate tinggi, selain bikin gambar terlihat lebih halus, juga punya banyak kelebihan. Dengan refresh rate tinggi pada monitor, nggak ada lagi cerita screen tearing alias gambar yang terlihat robek pada saat main game. Masalah ini kerap ditemui pada saat kamu bermain game yang grafisnya tinggi seperti Valorant, Phasmophobia, atau simulator kayak Cities: Skyline. 

Selain terhindar dari screen tearing, kamu juga nggak perlu merasakan gambar yang blur sehingga kamu bisa mendapatkan tampilan game yang lebih responsif. Menjelajahi game adventure yang bakal tayang tahun 2021 ini pasti semakin asyik deh dengan monitor yang refresh rate-nya tinggi.

Kita ambil contoh game The Division. Saat kamu memainkannya dengan monitor ber-refresh rate standar, kamu bakal terganggu sama screen stuttering alias gambar patah-patah pada saat menembak. Ini tentu mengganggu fokus kamu, padahal menembak secara jitu dibutuhkan buat memenangkan game ini.

Baca juga: Monitor Gaming 40 Hz VS 144 Hz, Apa Perbedaannya?

Sayang banget kan, udah beli game-game dewa mahal, tetapi nggak bisa dinikmati secara maksimal cuma gara-gara laptop gaming kamu nggak support refresh rate tinggi? Jadi, kalau kamu berniat untuk membeli atau mengganti laptop gaming kamu, pilihlah secara jeli dan lihat spesifikasi seperti apa yang ditawarkan, termasuk refresh rate-nya. 

Kabar baiknya, kamu nggak perlu lagi bingung mencari komputer dengan refresh rate yang tinggi. Predator menghadirkan seri Triton 500 yang memiliki refresh rate yang nggak main-main tingginya yakni 300 Hz! Bisa dibayangkan bukan berapa banyak game dengan FPS tinggi yang bakal maksimal dimainkan lewat monitor gaming tersebut? 

Suka game horor kayak Remothered? Atau sekadar mau menikmati game interaksi yang mudah dipahami kayak Among Us? Sikat semuanya dengan Predator Triton 500. Kamu juga bakal memiliki pengalaman gaming dan komputasi maksimal dengan sederet fitur yang ditawarkan laptop premium ini. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Predator Gaming Indonesia (@predatorgamingindonesia)

 

Dengan prosesor 10th Gen Intel® CoreTM dan juga kartu grafis NVIDIA® GeForce RTXTM 2080 SUPER Max-Q, nggak ada lagi cerita lagging pada saat menonton film atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Dan semua teknologi ini dibungkus sempurna dengan bodi yang tipis dengan tebal 17,9 mm, semua berkat thin form factor.

Tentunya kamu nggak perlu ragu lagi memasukkan Predator Triton 500 jika kamu serius membeli laptop untuk bermain game yang sangar dan tugas-tugas besar. Laptop gaming terbaik Predator ini siap menyambutmu hanya di Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu. Siap merasakan kegaharannya?