Kenapa Laptop Gaming Butuh RAM Besar? Ini Dia Fungsinya

March 22, 2021

Ada banyak hal yang wajib kamu pertimbangkan pada saat membeli laptop, salah satu yang paling penting adalah fungsi RAM atau Random Access Memory. Buat gamer, masalah RAM untuk gaming penting diperhatikan karena ada banyak game yang begitu demanding dalam system requirements atau persyaratan sistemnya.

 

Apa Fungsi RAM pada Laptop?

Penyimpanan utama dalam sebuah laptop adalah harddisk. Namun, device memerlukan waktu lama untuk memindai dan menemukan data di dalam hard disk. Nah, di situlah RAM berperan penting.

RAM dapat mempercepat proses pengolahan data dari harddisk dan ia juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, sehingga laptop pun nggak mudah crash dan bisa membuka file yang belum sempat tersimpan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kehilangan data apabila tiba-tiba baterai laptop habis. 

Seperti pada ponsel, fungsi RAM di dalam laptop merupakan penyimpan data sementara.  Jadi, semakin besar RAM, semakin cepat pula sebuah gadget melakukan loading data, sehingga laptopmu nggak bakal mengalami masalah lagging yang parah. Masalah ukuran RAM ini wajib diperhatikan banget sama video editor atau gamer, karena aplikasi-aplikasi yang mereka pakai cenderung menghabiskan memori besar. 

 

Jenis-Jenis RAM

Dilihat dari kecepatan, fungsi, dan strukturnya, ada beberapa jenis RAM pada device yang harus kamu ketahui:

Dynamic RAM (DRAM)

Ini nih, jenis RAM yang sederhana secara struktur. RAM ini cuma membutuhkan satu transistor dan kapasitor per bit. RAM ini di-refresh sama CPU secara rutin supaya user nggak kehilangan data.

Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM)

SDRAM memiliki kecepatan yang lebih pesat jika dibandingkan DRAM.  Ia memiliki dua celah di bagian kaki dan berada di slot DIMM/SDRAM dengan kecepatan 100-133 MHz. Memori yang bisa ditampung sama RAM ini adalah sampai 1 GB.

Rambus Dynamic Random Access Memory (RDRAM)

Kinerja RD RAM jauh lebih baik dan cepat jika dibandingkan sama SDRAM. Biasanya, PC yang memakai RAM besutan Rambus, Inc. adalah PC dengan prosesor minimal pentium empat. Namun, slot RIMM yang dipakai sama RDRAM sama dengan SDRAM.

Double Data Rate (DDR) RAM

Ini nih, jenis RAM yang advanced dan bisa kamu temukan dalam laptop-laptop gaming kece besutan Acer. Merupakan teknologi yang lebih baru daripada SDRAM, ia bisa membantumu dalam multitasking karena bisa menjalankan dua instruksi dalam waktu yang bersamaan dengan kapasitas 184 pin. Kapasitasnya pun bisa mencapai 16 GB per-chip RAM, sehingga main game AAA seperti Doom Eternal berasa cadasnya di sini.

 

Baca Juga: Gamers Wajib Tahu! Perbedaan Refresh Rate 60Hz, 144Hz, 240Hz, 300Hz

 

Berapa RAM untuk Gaming yang Ideal?

Pertanyaan ini memiliki banyak jawaban, karena setiap game membutuhkan system requirements yang berbeda-beda. Game PES 2021 misalnya, ia membutuhkan laptop dengan RAM setidaknya 4 GB supaya ia bisa berjalan dengan smooth. Sementara itu, game yang lebih ringan dan banyak dimainkan sama newbie, LIMBO, cuma membutuhkan RAM 2 GB. 

Game kayak Battlefield V dan Shadow of The Tomb Raider lebih demanding lagi. Battlefield V membutuhkan RAM setidaknya 12 GB dan Shadow of The Tomb Raider membutuhkan 16 GB. Tentunya, laptop kentang bakal terengah-engah menjalankan game-game ini dan kamu nggak akan merasakan sensasi bermain yang imersif dan nyaman.

Jadi, kamu sudah tahu soal fungsi RAM dan pentingnya memperhatikan RAM saat memilih laptop buat nge-game dan editing di samping kualitas kartu grafis dan refresh rate-nya. Beruntungnya, Predator hadir dengan koleksi laptop gaming yang nggak cuma dilengkapi sama kartu grafis dan prosesor berkualitas, tetapi juga RAM skala dewa. 

 

Baca Juga: 1080p vs 4K Bagaimana Perbedaan Pengalaman Gaming Antara Kedua Visual Ini

 

Seperti yang udah dijelasin di atas, yang namanya main game, apalagi game AAA, tentu membutuhkan laptop yang bisa memberikan performa dan pengalaman bermain terbaik. Termasuk laptop dengan RAM yang besar. Untuk itulah Predator Triton 500 yang telah dilengkapi dengan RAM 32 GB bisa jadi solusi terbaik. 

Laptop gaming terbaik satu ini tentunya sangat mendukung buat main hampir semua game kelas A, mulai dari yang berkonsep first person shooter, survival, sampai dengan adventure. Dengan kapasitas RAM yang melebihi requirements berbagai game, masih ada ruang memori sementara yang tersisa sehingga game bakal berjalan dengan lancar. Kamu bahkan bisa membuka game sambil tetap menjalankan aplikasi lain, misalnya kayak YouTube atau bahkan Adobe Premiere Pro.

Selain RAM yang lega, Predator Triton 500 juga mengusung 3D Aeroblade 4th gen airflow dengan performa 45% lebih baik daripada generasi sebelumnya. Sirkulasi panas yang baik ini bikin laptop nggak gampang panas apalagi sampai meledak saat dipakai terus-menerus buat main game kelas profesional.

Ditambah dengan refresh rate 300 Hz dan resolusi yang lebih tinggi 26% dari sebelumnya, kamu nggak perlu ragu lagi untuk mengajak Predator Triton 500 menjajal berbagai game-game terbaru tahun 2021. Dijamin, ia bakal bisa mengikuti ritme gaming para pro player. 

Kebutuhan pemain profesional semuanya hadir di dalam laptop garang nan stylish Predator Triton 500. Segera dapatkan salah satu laptop gaming terbaik Predator ini di Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu. Selain mendapatkan device yang sangat, kamu juga bisa menikmati garansi up to 3 years untuk spare parts dan service! Jadi, segera singkirkan rasa insecure kamu saat bermain game dan jadikan Predator Triton 500 teman gaming terbaikmu!

Fungsi RAM

 

Spesifikasi Predator Triton 500

Processor

Intel Core i7-10875H

Graphic Card

NVIDIA GeForce RTX™ 2080 SUPER

RAM

16 / 32 GB

OS

Windows 10 Home

Refresh Rate

300 Hz

Display

15.6″ FHD LED