Cara Membersihkan RAM di Laptop Biar Nggak Lagging

March 21, 2021

Sebagai memori penyimpanan sementara, RAM merupakan komponen penting di dalam laptop. RAM yang terlalu penuh akan membuat laptop menjadi lemot dan nggak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Untuk itu, kamu harus tahu cara membersihkan RAM laptop supaya ia bisa berfungsi dengan baik dan nggak menyebabkan laptop menjadi hang di masa mendatang. Perhatikan cara membersihkan RAM lewat penjabaran di bawah ini, ya!

 

Memeriksa RAM Laptop

Sebelum membersihkan RAM laptop, pertama-tama kamu harus memeriksa berapa sisa kapasitas di RAM laptop kamu. Buka Task Manager, kemudian masuk ke bagian Tab Performance. Di sana, kamu bisa melihat jumlah RAM yang terpakai dan berapa sisa dari kapasitas memori RAM pada laptop.

Mematikan Beberapa Proses di Laptop

Walaupun kamu sudah close berbagai program, tetapi rupanya mereka masih berjalan di latar belakang. Kamu bisa mengecek program mana saja yang masih berjalan dengan cara membuka Task Manager. 

Kemudian, pilih Tab Performance. Pilih Open Resource kemudian sortir untuk melihat mana program yang paling banyak menghabiskan RAM. Setelah itu, kamu bisa mematikan program yang menghabiskan RAM besar.

Biasanya, program-program yang bikin RAM penuh adalah aplikasi editing seperti misalnya Adobe Premiere Pro atau game AAA kayak ARK: Survival Evolved. Terkadang, aplikasi-aplikasi ini nggak lantas mati total ketika kamu menutupnya.

Cara Membersihkan RAM

Unduh Program Cleaner

Meskipun laptop Windows memiliki Task Manager, tetapi sebaiknya kamu mengunduh program Cleaner tambahan supaya RAM dan cache bisa dilepaskan dengan maksimal.

Program Cleaner yang direkomendasikan untuk laptop antara lain adalah Clean Master dan CCleaner. Keduanya juga memiliki fitur scan virus antivirus sehingga bisa juga menghilangkan virus-virus yang ada di komputer.

Jika diperlukan, kamu juga bisa membeli versi premium dari program cleaner supaya bisa mengakses fitur yang lebih lengkap dan juga mendeteksi virus dengan lebih optimal.

Baca Juga: Kenapa Laptop Gaming Butuh RAM Besar? Ini Dia Fungsinya

 

Shut Down Laptop

Usai melakukan refresh pada laptop, segera matikan laptop dan tunggu hingga beberapa menit. Setelah laptop menyala kembali, beberapa program yang sebelumnya dijalankan akan tertutup. Namun, cara ini sebetulnya nggak sepenuhnya efektif jika dilakukan tanpa pembersihan laptop terlebih dahulu, karena beberapa program bandel masih tetap berjalan.

Supaya laptop nggak cepat lag dan rusak, selalu rajin bersihkan cache dan RAM yang ada di dalamnya. Kamu juga bisa memindahkan data ke penyimpanan cloud agar ruang di laptop kamu terasa lebih lega.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Panas Saat Bermain Game AAA

 

Itulah sederet cara membersihkan RAM agar laptop kamu nggak mudah lagging. Nah, jika kamu sedang mencari laptop gaming dengan fitur menarik dan kualitas yang terjamin, sederet koleksi dari Predator mungkin bisa menjadi pilihan utama kamu. 

Predator menyediakan berbagai jenis laptop gaming yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dapatkan koleksi laptop gaming terbaik serta terbaru dari Predator lewat Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu serta nikmati keuntungan garansi tiga tahun dan FREE Office Home & Student (OHS).