Berapa RAM Laptop Ideal untuk Main Game?

March 30, 2021

RAM memegang peranan penting dalam kenyamanan gaming-mu. RAM atau Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan sementara data dari hard disk ke device. Semakin besar RAM untuk gaming, semakin kecil pula risiko lagging pada laptop.

Sebenarnya, nggak ada hitungan pasti mengenai berapa besar RAM yang cocok untuk memainkan game karena setiap game punya persyaratan yang berbeda-beda. Nah, sebelum masuk ke pembahasan mengenai RAM untuk gaming yang ideal, kenali jenis-jenis game beserta persyaratan RAM untuk memainkannya berikut ini, yuk!

RAM 2 GB

Terlepas dari banyaknya game dengan grafis AAA, nyatanya tetap ada game-game menarik yang hanya membutuhkan RAM sebesar 2 GB. Game-game itu antara lain adalah Minecraft, GTA: San Andreas, dan Hitman Absolution. Meskipun premisnya menarik, tetapi game-game di kelompok ini mengusung grafis yang standar, cenderung nggak spesial.

RAM 4 GB

Game dengan requirement 4 GB tergolong game yang universal. Bahkan, pada tahun 2020, banyak game beken yang hanya membutuhkan RAM sebesar 4 GB saja, lho! Walaupun grafisnya nggak terlalu istimewa, tetapi gameplay-nya cukup menarik.

Game-game yang masuk ke dalam golongan ini antara lain Genshin Impact, Valorant, Unravel, Farm Together, dan Moonlighter. Sederet game tersebut memiliki premis yang mudah untuk dipahami dan bisa dimainkan oleh anak remaja, tetapi dengan visual yang enak dipandang.

Baca Juga: Tips Bermain Genshin Impact untuk Pemula

RAM 6 GB

Di dalam kelompok ini, hanya ada segelintir game dengan grafis yang hampir menyamai game-game di kelas 8 GB. Game-game yang masuk ke dalam kelompok ini adalah game FPS seperti Counter Strike.

RAM 8 GB

Inilah kelompok game yang biasanya dimainkan oleh para pro player. Game-game di kelas ini memiliki grafis yang bagus dan permainan yang intens. Beberapa game yang cocok untuk laptop dengan RAM 8 GB adalah PES 2021, Battlefield V, dan Call of Duty: Black Ops. Sebetulnya, game untuk laptop dengan RAM 8 GB ini rekomendasinya paling banyak dan variatif.

RAM 16 GB 

Kekuatan grafis game dengan RAM 16 GB ini tidak perlu diragukan lagi. Game yang masuk kategori ini adalah high-end gaming dengan grafis menakjubkan bak rekaman video asli. 

Salah satu game yang membutuhkan RAM 16 GB adalah ARK: Survival Evolved. Setiap scene di dalam game adventure ini seolah seperti nyata. Berlatar sebuah pulau tak bernama, ARK: Survival Evolved mengharuskanmu untuk melakukan penemuan dan menuntaskan misi demi bertahan hidup hingga membuat peradaban.

Baca Juga: Meningkatkan Performa RPS di PC Game

Jadi, Berapakah RAM Ideal Untuk Bermain Game?

Pada dasarnya, jenis game nggak begitu berpengaruh pada kebutuhan RAM. Seperti yang sudah dibahas di atas, game dengan konsep casual dan diperuntukkan untuk pemula bisa saja membutuhkan RAM besar, seperti Batman: Arkham Knight. Sementara itu, game yang intens seperti Valorant atau game Genshin Impact dengan dunia menakjubkan hanya membutuhkan RAM 4 GB.

RAM besar dibutuhkan apabila sebuah game memiliki ukuran yang besar, grafis kelas AAA, dan tentu saja komponen-komponen lain seperti karakter, item, dan hal-hal lain yang membuatnya masuk ke dalam kelas high-end gaming.

Namun, kalau kamu ingin memainkan semua jenis game, akan lebih baik jika kamu menggunakan laptop gaming terbaik dengan upgradable RAM.

Predator Triton 300 adalah rekomendasi laptop gaming gahar yang bakal memenuhi dahaga gaming-mu dengan berbagai fitur menarik seperti performa dan daya tahan yang stabil berkat AeroBlade 3D fan yang menjamin laptop anti-overheating.

RAM untuk gaming

Refresh rate-nya sendiri hingga 240 Hz dan telah didukung dengan prosesor 10th Gen Intel® Core™ sehingga dijamin akan memberikanmu pengalaman gaming terbaik yang anti lagging dan stuttering. Terlebih lagi, kamu juga bisa meng-upgrade RAM 8 GB ke tingkat yang lebih tinggi.

Ayo dapatkan Predator Helios 300 di Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu sekarang juga dan rasakan kegaharannya!

Spesifikasi Predator Helios 300 

Processor

Intel® Core™ i7-9750H Intel® 10th Gen (12MB Chache, up to 4.50GHz) 

OS

Windows 10 Home 

Storage

512GB SSD PCIe NVMe + 1TB HDD

Memory

2x 8GB Dual Channel DDR4 RAM

Graphic

NVIDIA GeForce GTX 1660Ti with 6GB of GDDR6 

Connection

2×2 802.11 AC MU-MIMO

Display

17.3”  FHD IPS 144Hz

Feature

  • Aeroblade 3D Fan Blade 
  • Predator Sense