Mengapa Color Gamut DCI-P3 Penting Bagi Gamer?

January 13, 2022

Saat memutuskan untuk memilih laptop gaming baru, sebagian orang kemungkinan fokus pada salah satu fitur yakni color gamut. Istilah yang sering disematkan dalam sebuah perangkat elektronik. Biasanya istilah tersebut berada di bagian spesifikasi layar. Contohnya saja pada spesifikasi Acer Predator Helios 300 di mana tertulis telah didukung oleh color gamut 100% DCI-P3. 

Nah, apa yang dimaksud 100% DCI-P3? Sebelum mengetahui hal tersebut, lebih baik kenalan dulu sama makna color gamut yang ada pada layar monitor. 

 

Apa Itu Color Gamut?

Untuk menampilkan gambar yang riil, laptop memang harus spesifik soal warna. Nah, hal ini diwujudkan lewat color gamut. Color gamut merupakan rentang warna yang cukup spesifik. Ia lebih detail daripada rentang warna yang bisa dilihat oleh manusia. Terdapat dua jenis color gamut yakni color gamut aditif dan subtraktif.

Color gamut aditif adalah warna gelap yang dicampur dengan warna terang sehingga bisa menghasilkan warna akhir. Color gamut aditif ini dipakai dalam perangkat-perangkat elektronik seperti TV dan komputer. Istilah familiar dari aditif adalah sRGB atau spektrum warna Red Green Blue yang dicampurkan satu sama lain sehingga bisa menghasilkan warna-warna tertentu.

Sementara itu color gamut subtraktif biasa dikenal dengan nama CMYK. Spektrum warna ini dibuat berdasarkan warna cyan, magenta, kuning, dan pigmen hitam. Dibandingkan dengan color gamut aditif, color gamut subtraktif lebih ampuh dalam menghindari refleksi cahaya. Maka dari itu, spektrum ini kerap dipakai dalam media cetak.

 

Akurasi Warna yang Lebih Presisi dengan 100% DCI-P3

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat karena pun lebih canggih dan juga lebih kompleks sekarang berbagai perangkat canggih telah menggunakan spektrum DCI-P3. Spektrum ini awalnya digagas oleh berbagai perusahaan studio ternama seperti misalnya 20th Century Fox, Universal Studios, Sony Picture, MGM, dan Warner Bros serta perusahaan-perusahaan studio lain yang tergabung di dalam asosiasi film terbesar di dunia. Apa, sih keistimewaan dari spektrum DCI-P3 100% ini?

DCI-P3 merupakan sebuah standar warna yang mampu memberikan pengalaman visual dengan tingkat akurasi warna yang tinggi. Laptop gaming yang didukung oleh color gamut 100% DCI-P3 ini mampu menyajikan visual yang lebih detail, tajam, sangat halus dan kaya warna. Tentu saja aspek tersebut begitu penting bagi pengguna yang hobinya nggak hanya gaming, melainkan video editing dan content creator

DCI-P3 100% sendiri memiliki cakupan warna lebih besar dari 25% daripada sRGb, sehingga warna yang dihasilkan pun lebih menarik. Buat main game AAA dengan grafis ciamik seperti Genshin Impact atau Exodus, tentu saja yang kamu butuhkan adalah perangkat dengan cakupan warna yang maksimal, bukan? Sehingga game yang kamu mainkan bisa terlihat lebih nyata dan imersif.

Color gamut

 

Predator Helios 300 (PH315-54), Tampilkan Warna yang Nyata

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya bahwa laptop gaming Acer Predator Helios 300 telah didukung dengan layar IPS beresolusi QHD dan color gamut 100% DCI-P3. Sehingga membuat dunia-dunia fantasi dalam game adventure terasa nyata dan juga teror-teror yang ada pada game horor terasa lebih mencekam. 

Selain akurasi warna yang begitu menakjubkan, Predator Helios 300 (PH315-54) juga telah ditenagai dengan prosesor terbaru 11th Gen Intel® Core™ H Series yang dikombinasikan dengan kartu grafis GPU NVIDIA GeForce RTX3060/RTX3070 membuat frame rate lebih baik dengan display yang lebih smooth.  

Lalu, salah satu fitur luar biasa yang mampu mendukung performa gamer menjadi lebih baik yakni 5th Gen 3D AeroBlade Fan. Peningkatan aliran udara hingga 55% membuat performa dan daya tahan laptop gaming Predator ini menjadi stabil sehingga jauh dari kata overheat. Jika AeroBlade Fan generasi ke-4 memiliki bilah kipas setipis 0,1 mm. Generasi ke-5 memiliki ketipisan yang lebih kecil lagi yaitu 0,08 mm. Performa dan daya tahannya pun 10% lebih baik dan  stabil dibanding kipas Aeroblade generasi ke-4.

Dapatkan laptop Predator Helios 300 (PH315-54) seharga Rp27.999.000 lewat Acer e-Store dan Acer Official Store di e-commerce pilihan. Rasakan pengalaman bermain game Cyberpunk 2077 yang tampak nyata dan memukau!

button_acer e-store