5 Jenis Kartu Grafis Terbaik untuk Laptop Gaming yang Perlu Kamu Tahu

January 2, 2020

Kartu grafis alias VGA card menjadi salah satu komponen penting pada sebuah laptop gaming. Berbeda dengan PC gaming yang bisa dikotak-katik, komponen pada laptop gaming nggak bisa diganti begitu aja. Apalagi kalau kamu pakai kartu grafis terbaik di kelasnya!

Kalau kamu ingin ganti komponen, sama aja artinya kamu harus membeli laptop baru. Untuk itulah sangat penting untuk menentukan kartu grafis terbaik sebelum membeli laptop gaming. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama pilihan kartu grafis terbaik yang wajib kamu pertimbangkan sebelum beli laptop gaming.

Perlu dicatat, kartu grafis terbaik bukan berarti harus mahal. Semua balik lagi kepada kamu dan kebutuhan. Yuk, langsung cek pilihannya di bawah ini!

Kartu Grafis Terbaik

NVIDIA GeForce RTX 2060

NVIDIA GeForce RTX 2060 merupakan entri terbaru dari seri RTX 20 yang diluncurkan pada awal tahun ini. Sebagai “adik” dari seri GeForce RTX 2080, GeForce RTX 2060 hadir sebagai kartu grafis papan tengah yang menjadi penerus GeForce GTX 1070 Ti dengan performa yang 60% lebih cepat.

Kelebihan GeForce RTX 2060 terdapat pada fitur real time ray tracing. Fitur ini membuat aneka efek cahaya dalam game seperti arah cahaya, pantulan, dan bayangan tampak lebih nyata. NVIDIA juga mengusung kecerdasan buatan berupa DLSS anti-aliasing untuk menghaluskan pinggiran obyek 3D dalam game.

AMD Radeon RX 5700 Series

Pada Juni lalu, AMD meluncurkan Radeon RX 5700 Series yang ditujukan untuk menyaingi NVIDIA GeForce RTX 2060. Kartu grafis ini hadir dengan dua varian, yakni reguler serta XT. AMD mengklaim kartu grafis terbarunya ini 10% lebih cepat dari pesaingnya tersebut dari segi performa.

Sebagai seri yang performanya lebih tinggi, Radeon RX 5700 XT hadir dengan 40 compute unit dan 2.560 stream processor yang bisa menghasilkan kecepatan clock maksimal hingga 1.905MHz. Kartu grafis ini juga diperkuat RAM GDDR6 8GB dengan bandwidth memory hingga 14Gbps.

Di saat performanya lebih cepat dari GeForce RTX 2060, Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT nggak dilengkapi dengan fitur ray tracing seperti pesaingnya.

NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti

Saat diluncurkan pertama kali, banyak gamer yang mempertanyakan kenapa Nvidia masih melepas seri GTX di saat seri RTX sudah populer. Jawabannya tentu untuk membahagiakan para gamer yang butuh performa tanpa harus mengeluarkan kocek yang mahal.

Ya, GeForce GTX 1660 Ti hadir sebagai opsi lain dari kartu grafis dengan arsitektur turing dengan harga lebih terjangkau dari seri RTX. GeForce GTX 1660 Ti hadir dengan base clock 1.500 MHz serta boost clock hingga 1.770MHz. Kartu grafis ini juga ditunjang oleh memori GDDR6 6GB.

Sayangnya, kamu nggak akan mendapat fitur-fitur yang ada di seri RTX seperti ray tracing serta support AI. Namun, untuk kamu yang ingin pengalaman grafis terbaik saat bermain, sudah jelas GeForce GTX 1660 Ti jadi solusi.

Baca juga: 5 Game Racing Terbaik dengan Grafis Seperti Dunia Nyata

AMD Radeon RX 590

Lagi-lagi “tim merah” nggak mau kalah. Untuk menjawab kehadiran GeForce GTX 1660 Ti milik NVIDIA, AMD pun hadir dengan seri terbarunya, Radeon RX 590 di pasar kelas menengah. GPU yang dibuat berdasarkan proses manufaktur 12nm ini dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih mengagumkan.

Radeon RX 590 hadir sebagai penerus dari seri sebelumnya, RX 580, dengan membawa spesifikasi yang sama seperti VRAM 8GB GDDR5, memory speed hingga 8Gbps, compute units sebanyak 36, serta maksimum bandwidth memory hingga 256GB/s. Meski begitu, RX 590 hadir dengan clockspeed yang lebih tinggi, yakni 1.469Mhz untuk base clock serta clock boost hingga 1.545Mhz.

NVIDIA GeForce RTX 2070 Super

Sebagai upaya untuk terus memanjakan gamer, NVIDIA merilis seri upgrade kartu grafisnya pada Juli lalu dengan embel-embel “Super”. Salah satunya adalah GeForce RTX 2070 Super yang merupakan versi upgrade dari GeForce RTX 2070. 

Kartu grafis “super” ini tentu punya kinerja yang lebih baik daripada versi konvensionalnya. Namun, harga yang ditawarkan tetap sama sehingga gamer akan mendapat keuntungan dari seri terbaru ini.

NVIDIA mengklaim seri “Super” bisa menghasilkan performa 25% lebih tinggi dibanding versi biasanya. Performa rata-ratanya pun juga ditingkatkan hingga 15%. Performa yang ditawarkan pada GeForce RTX 2070 Super bisa dikatakan hampir setara dengan sang “kakak”, GeForce RTX 2080 Super.

Seperti seri RTX lain, kartu grafis yang satu ini telah dilengkapi fitur-fitur kekinian. Sebut saja real time ray tracing, support AI DLSS, serta performa stabil untuk resolusi 1440p hingga 4K.

Kartu Grafis Terbaik

Bagaimana, sudah tahu jenis kartu grafis terbaik kekinian yang pantas untuk laptop gaming milikmu? Pastikan kamu membeli laptop gaming yang punya satu di antara kelima kartu grafis terbaik di atas seperti Acer Predator Helios 300. Laptop gaming yang satu ini punya opsi kartu grafis dari GeForce RTX 1660 Ti hingga GeForce RTX 2070 Super yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan!