Laptop Spek Tinggi untuk Bikin Desain dan Konten

July 22, 2021

Untuk graphic designer dan animator, laptop sudah seperti investasi dan alat tempur yang menjadi kebutuhan penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Apalagi untuk menjalankan program atau aplikasi berat, performa laptop sangat menentukan seberapa cepat pekerjaan selesai. Laptop spek tinggi akan membuat penggunanya mampu bekerja lebih maksimal sehingga pekerjaan lebih efisien dan cepat diselesaikan.

Namun, apa saja sebenarnya yang dibutuhkan oleh graphic designer dan animator profesional  dalam sebuah laptop? Dengan spesifikasi laptop yang tepat, kamu mungkin dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. 

Laptop yang dirancang khusus untuk desain dan kreasi konten memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membantu kamu mengkreasikan karya terbaik dengan cepat. Hal ini karena laptop yang dikhususkan untuk desain biasanya merupakan laptop dengan spesifikasi tinggi sehingga memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan laptop konvensional.

Memang ada pepatah “the man behind the gun” yang berarti apapun perangkat yang digunakan, selama penggunanya memiliki skill yang mumpuni, maka hasilnya tetap baik. Namun, bagaimana kalau kamu dituntut memberikan hasil yang baik dalam waktu cepat? Menjawab tantangan ini, kamu membutuhkan laptop yang tepat agar dapat berkreasi sepuasnya tanpa kendala.

Inilah 5 hal yang harus diperhatikan saat kamu akan memilih laptop spek tinggi untuk desain dan konten.

CPU

Prosesor atau CPU adalah otak dari semua perangkat cerdas komputer. Dalam laptop pun, CPU dengan spek tinggi mampu memberikan performa terbaik bagi penggunanya. Untuk desain grafis, kamu memerlukan prosesor yang cepat dan kuat untuk menjalankan berbagai software desain yang kompleks. Minimal kamu memerlukan laptop dengan prosesor seri quad-core agar software desain grafis di laptop kamu bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: 7 Tren Desain Web yang Nggak Bakal Terlihat Basi!

GPU

Selain CPU, GPU atau graphic card juga penting untuk menentukan kemampuan pemrosesan grafis laptop. Hal ini karena prosesor akan mampu menjalankan software grafis lebih lancar dengan bantuan kartu grafis. Idealnya, kamu dapat memilih seri Nvidia GeForce GTX 1060 atau di atasnya. Dari merek prosesor AMD, kamu dapat memilih AMD Radeon seri R7 atau lebih.

Jika kamu ingin menghemat uang, kamu dapat membeli laptop dengan kartu grafis yang sudah terintegrasi. Namun, jika kebutuhan kamu lebih tinggi, kamu dapat membeli laptop dengan kartu grafis yang terpisah untuk lebih leluasa meng-upgrade kartu grafis sesuai kebutuhan.

Laptop Spek Tinggi

Memori

Memori atau RAM adalah tempat menyimpan data sementara yang dibutuhkan agar laptop kamu dapat mengakses data yang sedang dikerjakan dengan lebih cepat. Hal ini penting jika kamu sering membuka banyak tab dalam sekali kerja atau membuka file berukuran besar. Laptop dengan RAM tinggi tidak akan kesulitan membuka beberapa tab sekaligus dan akan bekerja dengan lancar saat membuka file besar.

Laptop spek tinggi biasanya sudah dilengkapi dengan RAM yang tinggi, minimal 8GB hingga 16GB. Namun, beberapa laptop menyediakan tempat RAM lainnya untuk memungkinkan kamu dapat upgrade RAM sesuai kebutuhan.

Akurasi Warna

Kamu juga memerlukan monitor yang mampu menampilkan warna dengan akurat. Pastikan bahwa monitor laptop memiliki setidaknya 100% sRGB Color Gamut. Selain itu, beberapa bidang profesi seperti visual artist, photo editor juga memerlukan tingkat akurasi warna yang baik. 

Tingkat akurasi warna biasanya diukur dengan Delta-E, paling tidak kamu memerlukan monitor dengan skor Delta-E di bawah 5. Semakin kecil skornya, semakin baik. Selain itu, kamu juga perlu color palette monitor yang berbanding lurus dengan Delta-E. Artinya, semakin kecil color palette-nya, akan semakin rendah juga skor Delta-E yang dimiliki.

Laptop Spek Tinggi

Salah satu pilihan laptop spek tinggi untuk desain grafis terbaik adalah ConceptD 7 Ezel Pro (CC715-71P/91P) yang memiliki 100% Adobe® RGB Color Gamut, Delta E<2, serta telah tersertifikasi validasi PANTONE® sehingga mampu menampilkan detail warna dan gambar tampak lebih nyata.

Ukuran Layar

Selain itu, tentu saja ukuran layar juga berperan penting dalam proses mendesain grafis. Semakin besar ukuran layar laptop, kamu juga akan semakin nyaman dalam berkreasi. Biasanya, ukuran ideal layar laptop untuk desain grafis adalah 15-17 inci. Hal ini karena kamu dapat melihat lebih banyak detail di layar yang lebih besar.

Namun, jika kamu sering bepergian, kamu dapat mempertimbangkan laptop yang lebih mudah dibawa dan lebih ringan. Misalnya adalah ConceptD 3 Ezel Pro (CC314-72P) yang merupakan laptop konvertibel dengan layar 14 inci IPS Full HD 1920×1080 piksel. Dibekali juga dengan fungsi touchscreen, kamu akan lebih efektif dalam menggambar maupun memasukkan input di software desain yang kamu gunakan.

Baca juga: Serunya Bikin Desain dengan Adobe Creative Cloud, Seperti Apa?

Laptop spesifikasi tinggi memang sangat penting bagi para desainer grafis maupun content creator karena dapat membuat penggunanya lebih leluasa dalam bekerja. Ada berbagai pilihan laptop dengan spesifikasi laptop yang tinggi, seperti laptop ConceptD 3 Ezel Pro dan ConceptD 7 Ezel Pro dari Acer yang hadir dengan penawaran terbaik untuk para desainer grafis. 

Kamu bisa mendapatkan 3 bulan berlangganan gratis Adobe Creative Cloud Membership untuk pembelian ConceptD 3 Ezel Pro dan ConceptD 7 Ezel Pro yang berlaku hingga 31 Oktober 2021. Laptop ini tersedia di Acer Store maupun e-commerce resmi.  Yuk, miliki laptop dengan spek tinggi untuk kebutuhan konten atau desain kreatif kamu sekarang!

button_acer e-store