Seberapa Penting Fitur Noise Cancelling Pada Headset?

March 26, 2021

Salah satu tolak ukur kenyamanan pada headset gaming adalah fitur noise cancelling alias peredam bising. Semakin tinggi tingkat noise cancelling, tentunya semakin berkualitas headset itu. Main game pun lebih fokus karena tidak terganggu sama suara luar.

Kamu pasti penasaran sama bagaimana cara kerja fitur noise cancelling yang terlihat ajaib ini. Yuk, ketahui bagaimana headset dengan noise cancelling bisa menghalau semua suara yang ada di sekitarmu dengan baik.

Mengenal Jenis-Jenis Noise Cancellation

Rupanya, ada dua jenis noise cancellation pada headset. Yang pertama adalah passive noise cancellation dan yang kedua adalah active noise cancellation.

Teknologi passive noise cancellation atau peredam bising yang pasif hanya mengusung earbud busa saja, sehingga suara diredam dengan cara manual. Semakin tebal busanya, semakin sedikit suara yang masuk ke telinga.

Karena teknologi ini sederhana banget, headset dengan peredam bising pasif ini harganya murah. Namun, telinga jadi kurang nyaman karena busa yang ada di headset sangat tebal. Penggunaan headset ini dalam jangka waktu lama akan membuat telingamu nyeri bahkan iritasi.

Sebuah fakta menarik mengungkapkan bahwa hampir 90% headset dengan noise cancellation memakai teknologi pasif. Kenapa? Soalnya, harga jual headset jadi lebih murah.

Bagaimana dengan sebaliknya? Peredam bising aktif alias active noise cancellation? Teknologi yang ditemukan oleh Amar Bose dari Bose Corporation ini menghadirkan lebih dari sekadar busa di bagian telinga. Mikrofon di dalam headset akan meneruskan suara bising dari luar headset kemudian menangkap suara bising dari luar dan dikirimkan ke circuit noise cancellation. 

Setelah itu circuit akan mengirimkan reaksi peredaman yang dikeluarkan untuk melawan kebisingan dari luar. Semakin keras suara bising, semakin besar perlawanan yang diberikan. Begitulah cara yang dilakukan teknologi active noise cancellation dalam meredam suara bising dari luar. 

Melihat bagaimana teknologinya yang cukup rumit dibanding yang pasif, wajar jika harganya lebih mahal. Namun, selain lebih nyaman, proses peredaman suara pun menjadi lebih total lewat peredam bising dengan teknologi aktif.

 

Tertarik Membeli Headset dengan Fitur Active Noise Cancellation?

Headset Predator Galea 350 merupakan salah satu produk flagship dari Predator yang sudah dilengkapi dengan teknologi active noise cancelling. Selain memberikan rasa nyaman, headset ini juga dilengkapi oleh driver 50mm yang mumpuni dalam mengirim suara yang jernih dari laptop, bahkan terunggul di kelasnya.

Fitur Virtual 7.1 surround juga membuat suara lebih nyata, lho! Kamu bakal terlarut dalam ritme permainan adventure kayak Genshin Impact atau Batman: Arkham City seolah-seolah semuanya nyata ada di sekitarmu.

Kamu juga nggak perlu khawatir dengan kualitas headset yang satu ini. Dengan menggunakan braided cable, Predator Galea 350 lebih tangguh daripada headset dengan yang hanya menggunakan rubber cable. Apalagi, Acer juga selalu menyertakan garansi untuk service dan spareparts produk-produknya sehingga kamu nggak perlu cemas!

Baca Juga: Mengapa Braided Cable Lebih Baik daripada Rubber?

Tertarik dengan Predator Galea 350? Dapatkan produk-produk gaming gears Predator hanya di Acer e-Store atau cabang Acer Exclusive Store (AES) terdekat di kota kamu dan rasakan pengalaman gaming yang nyata!

Noise Cancelling

Spesifikasi Predator Galea 350

Mic 

Noise Cancelling Mic

Sound Driver

Virtual 7.1 Surround Sound

Driver

50 mm drivers

Cable

Braided

Speakers

Acer True Harmony