Cara Merawat Mouse Gaming Agar Tidak Mudah Rusak

April 13, 2020

Wabah virus Corona saat ini sudah makin meluas. Bahkan, di Indonesia saja sudah ada 1.000 orang lebih yang terjangkit virus ini. Nggak heran, penularan virus tersebut terbilang mudah hanya dengan kontak fisik atau menyentuh barang milik pengidap. Makanya, kamu pun harus mulai waspada dengan menjaga kebersihan perangkat gaming-mu. Salah satunya adalah mouse gaming yang tentu sering kamu sentuh dengan tangan saat bermain game.

Bukan cuma soal menghindari penyakit, merawat, dan menjaga kebersihan mouse juga punya kegunaan lain. Makin care kamu sama mouse gaming milikmu, kemungkinannya untuk rusak pun akan semakin kecil. Kamu pun jadi nggak perlu gonta-ganti mouse tiap tahun cuma gara-gara kamu malas merawatnya.

Biar mouse gaming-mu bisa bersih dan tahan lama, kamu perlu melakukan beberapa panduan yang harus kamu pahami betul. Yuk simak!

Gamer Jorok? No Way!

Tahukah kamu, bahwa perangkat gaming yang selalu disentuh seperti keyboard dan mouse gaming ternyata lebih “jorok” ketimbang dudukan toilet? Hal itu benar, loh! Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Arizona, keyboard, dan mouse ternyata punya bakteri 400 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Makanya, apa yang kita bahas di atas bukannya bermaksud nakut-nakutin. Mouse gaming bisa jadi sumber penularan penyakit. Apalagi kalau kamu orangnya memang jorok dan nggak peduli sama kebersihan. Untuk itulah, semua ini harus dimulai dari diri kamu sendiri, bukan tiba-tiba nanti salahin mouse jika suatu saat rusak.

Yap, biar kamu nggak kena penyakit sekaligus menjaga daya tahan mouse gaming-mu, jadilah gamer yang resik! Sebelum pegang mouse atau keyboard, biasakan selalu cuci tangan biar kuman yang ada di tangan mati. Lagipula, kebersihan tanganmu juga bisa bikin mouse awet karena nggak ada bakteri atau jamur yang hinggap!

Jauhkan Mouse Gaming dari Benda Cair

Benda-Cair-Cara-Merawat-Mouse-Gaming-Agar-Tidak-Mudah-Rusak

Kebiasaan jorok gamer yang harus diperhatikan sebenarnya bukan cuma kebersihan saja. Ada lagi satu kebiasaan yang pasti sering kamu lakukan, tapi mungkin kamu nggak sadari bisa merusak mouse gaming-mu suatu saat. Yap, kebiasaan buruk yang dimaksud adalah meletakkan benda cair di dekat mouse.

Wajar jika seorang gamer, terlebih yang udah level hardcore, butuh “teman” di saat serius bermain game. Karena nggak mungkin bawa pacar, yang udah pasti bisa kalian percayai adalah minuman atau kudapan lain. Ironisnya, hal yang kamu anggap mampu menyemangatimu justru bisa jadi awal malapetaka.

Nggak jarang terjadi jika seorang gamer terlalu bersemangat, minuman yang diletakkan di meja nggak sengaja kesenggol, lalu airnya tumpah dan bikin mouse gaming-mu jadi kuyup. Kalau udah begini, lebih bijak jika kamu ikhlaskan semuanya, lalu belajar untuk jadi gamer yang lebih baik dengan berusaha mengurangi kebiasaan buruk ini.

Bukan cuma hindari kebiasaan menaruh cairan di dekat mouse, kamu juga harus biasakan mengeringkan tangan sebelum menggunakannya. Sebab, tangan yang basah bikin permukaan mouse jadi lebih lembab sehingga berpotensi menumbuhkan jamur atau kuman lain.

Baca Juga: Alasan Nitro 5 Bisa Jadi Laptop Yang Tepat Di Tahun 2020

Jangan Malas Bersihin Mouse!

Jadi gamer yang resik nggaklah cukup membuat mouse gaming-mu berumur panjang. Sebab, mouse juga punya batasan usia. Akan tetapi, salah jika kamu pasrah dan membiarkan perangkat gaming favoritmu menjalani hidupnya sendirian. Padahal, umur mouse bisa diperpanjang jika kamu rajin membersihkannya secara berkala.

Seperti yang udah dijelasin tadi, perangkat gaming seperti mouse gaming bisa jadi sarang bagi kuman. Untuk itulah kamu harus rajin membersihkannya. Bukan cuma demi menetralisir penyebaran kuman, mouse yang bersih pun juga tampak lebih “muda”. Kamu pun bisa jadi lebih semangat bermain dengan mouse yang selalu tampak seperti baru.

Pahami Betul Cara Membersihkan Mouse Gaming

Membersihkan-Mouse-Gaming-Cara-Merawat-Mouse-Gaming-Agar-Tidak-Mudah-Rusak

Membersihkan mouse gaming jangan kamu anggap sebagai perkara mudah. Sebab, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar mouse tetap bersih dengan mencucinya tanpa membuatnya jadi rusak. Biar kamu paham, poin-poin di bawah ini bisa dijadikan acuan saat ingin membersihkan mouse.

  • Sebelum membersihkannya, pastikan mouse dalam keadaan mati. Entah itu mencabutnya dari port untuk mouse kabel, atau mematikan switch-nya untuk mouse wireless. Jangan lupa juga untuk cabut baterai yang ada di dalamnya.
  • Gunakan kain, dianjurkan microfiber, dengan sedikit sabun untuk membersihkannya. Selain itu, kamu juga bisa gunakan tisu basah desinfektan untuk menghilangkan kuman.
  • Bersihkan secara merata, tapi tetap perlahan. Jangan biarkan cairan atau uap air masuk ke dalam lubang terbuka untuk menghindari konslet.
  • Untuk mouse gaming wireless, bersihkan bagian di sekitar optik dengan cotton bud untuk menghilangkan debu yang menempel. Jangan tekan terlalu keras biar nggak merusak optik.
  • Gunakan kain microfiber kering jika harus mengeringkan permukaan mouse yang masih basah.

Sebenarnya masih ada beberapa poin penting yang wajib kamu perhatikan. Misalnya seperti penggunaan mouse pad. Namun, bagi gamer, mouse gaming dan mouse pad sekarang seperti saudara yang tidak bisa dipisahkan. Jadi, hal ini tentu nggak perlu dibahas lagi!

Selain itu, anjuran untuk jangan mengklik mouse terlalu keras juga jadi poin penting. Namun, zaman sekarang udah banyak mouse gaming yang dirancang khusus untuk situasi seperti itu. Namanya juga gamer hardcore, pasti mouse selalu di klik dengan semangat!

Baca Juga: 5 Game Horor PC Yang Paling Seru Dimainkan Dengan Predator Triton 300

Untuk itulah, Predator Gaming punya produk mouse gaming keren yang bisa kamu andalkan, yakni Predator Cestus 510. Mouse ini diperkuat teknologi Dual Omron Switch yang memungkinkan kamu untuk bisa mengkliknya hingga 70 juta kali pada tiap tombol utamanya.