Cara Mengatasi Laptop Panas Saat Bermain Game AAA

February 24, 2021

Main game kayak Cyberpunk 77 atau game ultraviolence yang super intens kayak Ghostrunner memang bikin kamu lupa waktu. Namun, game-game dengan grafis yang berat dan sistem yang kompleks kerap mempertemukanmu sama satu masalah yakni “bagaimana cara mengatasi laptop panas alias overheating?”

Panas pada laptop dan PC dapat berakibat pada menurunnya performa dan membuatnya mengalami konsleting. Tentu kamu nggak mau hal ini terjadi, bukan? Segera lakukan cara ampuh di bawah ini untuk mengurangi overheating pada laptop gaming.

Menghubungkan Laptop dengan Daya

Panas nggak wajar pada laptop bisa terjadi memberikan daya yang cukup pada saat menjalankan game yang intensif. Kondisi ini ditandai sama baterai yang drained. Kalau kamu menemukan ciri yang satu ini, coba sambungkan laptop ke charger dan diamkan beberapa saat hingga daya mencapai 50% atau lebih.

Pastikan kamu nggak overcharging laptop karena alih-alih mengurangi panas berlebih, kondisi ini bikin laptop makin panas dan bikin baterai menggembung.

Mengurangi Intensitas Frame per Second (FPS)

FPS alias frame rate per second yang tinggi memang penting banget buat esports. Semakin tinggi pengaturan FPS maka semakin smooth pula gambar dalam game, dan efek ghosting alias bayangan dalam pergerakan karakter pun semakin nggak keliatan.

FPS tinggi memastikan game nyaman buat dimainkan dan bikin kamu lebih mudah buat berkonsentrasi. Masalahnya, pengaturan FPS tinggi ini suka bikin laptop jadi panas.

Kalau kamu menemukan kasus seperti ini, cobalah buat menurunkan tingkat FPS. Jika suhu laptop kembali normal, berarti permasalahannya ada pada beban kerja yang berat karena FPS tinggi.

Baca Juga:

Beli Laptop dan Desktop Predator Gaming Tertentu, Gratis Gaming Gears Terbaik!

7 Game AAA Yang Bisa Jadi Pilihan Buat Menghibur Kamu Selama WFH

Mengganti Charger

Charger bisa menjadi penyebab panas nggak wajar pada laptop. Usia charger yang terlalu lama atau penyok pada bagian kabel bikin ia nggak mampu mendistribusikan panas dengan baik.

Ganti charger apabila laptop selalu overheating saat diisi daya atau ketika ia nggak mampu mengisi daya dengan maksimal dalam kurun waktu tertentu. Jika membeli charger baru, lakukan perawatan buat memperpanjang lifespan-nya seperti nggak asal-asalan menggulung kabel atau menginjak kabel charger.

Mengistirahatkan Laptop Sejenak

Layaknya player, laptop juga butuh istirahat. Kalau kamu merasa sudah terlalu lama bermain game dan suhu laptop makin tinggi, matikan game dan shut down laptop sampai suhunya normal lagi.

Penggunaan laptop berjam-jam non-stop berdampak buruk buat kesehatan dan bikin laptop menjadi cepat aus. 

Pakai Cooling Pad

Cooling pad sudah terbukti dapat menurunkan tingkat panas berlebihan di laptop kamu. Gadget yang satu ini bekerja dengan memberikan sirkulasi udara segar ke dalam fan laptop lewat putaran anginnya yang kencang.

Sebelum main game di laptop, kamu bisa terlebih dahulu meletakkannya di atas cooling pad dan menyesuaikan putaran kipas sesuai dengan suhu laptop pada saat itu.

Pilih Laptop Anti Overheat

Ada rencana buat ganti laptop? Sebelum membeli, kamu harus memilih yang terbaik supaya nggak menyesal. Pastikan kamu membeli laptop yang nggak cuma punya RAM besar dan senjata prosesor tangguh, tetapi juga punya mesin mumpuni yang nggak gampang panas.

Beruntungnya, Acer menghadirkan koleksi laptop gaming Predator Triton 500 dengan fasilitas 3D Aeroblade 4th gen yang memberikan airflow 45% lebih baik daripada generasi sebelumnya. Sirkulasi panas yang baik ini membuat kinerja laptop menjadi lebih stabil dan laptop pun lebih durable. 

Cara Mengatasi Laptop Panas

 

Baca Juga: Predator Triton 500 Intel 10th Gen, Laptop Gaming Terbaik dengan Performa Mutakhir

Selain anti-overheating, kualitas FPS dan resolusi yang lebih tinggi 26% dari gen-9 bikin laptop gaming ini cocok buat aktivitas main game kelas berat kayak Genshin Impact yang penuh sama landscape menarik atau horror survival yang mengintimidasi seperti Phasmophobia. Lebih cakep lagi, kamu juga bisa multitasking dengan Predator Triton 500, misalnya kayak menyunting video sambil tetap menyalakan game.

Lewat fasilitas di atas ditambah dengan refresh rate up to 300 Hz dan RGB keyboard yang stylish, ini piranti wajib buat hardcore gamers yang menginginkan kenyamanan ultimate waktu main game profesional, terutama dengan konsep FPS. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan Predator Triton 500 di Acer e-Store dan toko-toko offline terdekat di kota kamu. Kamu juga akan mendapatkan garansi 3 tahun service dan spareparts serta promo menggiurkan lainnya! Are you ready to play?



Spesifikasi Predator Triton 500

Processor

Intel Core i7-10875H

Graphic Card

NVIDIA GeForce RTX™ 2080 SUPER /

NVIDIA GeForce RTX™ 2070 SUPER

RAM

16 / 32 GB DDRIV

Storage

2* 512GB SSD NVMe

OS

Windows 10 Home + Office Home & Student 2019

Refresh Rate

300 Hz

Display

15.6″ FHD LED, G-Sync Support