4 Langkah Cerdas Upgrade Laptop Gaming Acer

May 23, 2018

Perkembangan teknologi game yang semakin maju dari waktu ke waktu harus diimbangi oleh spesifikasi laptop yang sesuai. Sayangnya, kondisi ini terkadang menjadi penghalang utama bagi gamer karena umumnya laptop gaming di pasaran dijual cukup mahal. Meski begitu, kamu tak perlu resah. Kinerja laptop lama kamu bisa dioptimalkan melalui upgrade laptop gaming Acer milikmu.

Melakukan upgrade seperti memori, SSD, dan HDD memang menjadi salah satu cara praktis untuk menghasilkan performa laptop supaya lebih maksimal. Untungnya lagi, sekarang spAcer bisa melakukan upgrade laptop gaming sendiri berkat adanya pintu kompartemen khusus yaitu fitur backdoor compartment di laptop Acer milikmu. Kompartemen ini didesain sedemikian rupa agar memudahkan dan menghemat waktu saat ingin melakukan upgrading hardware berkali-kali.

Baca Juga:  Inilah 5 Laptop Gaming Terbaik dari Acer yang Harus Dimiliki

Bila kamu gamer sejati, coba langsung upgrade laptop ya supaya bisa memainkan berbagai game berat menggunakan laptop gaming Acer. Nah, spAcer, berikut empat langkah mudah melakukan upgrade laptop gaming dengan backdoor compartment:

Langkah 1: Teliti laptop terlebih dahulu

Ini adalah langkah yang paling penting karena setiap laptop menggunakan hardware yang berbeda. Selain itu, ada banyak varian RAM, SSD, dan HDD yang tersedia di pasaran saat ini. Makanya, pastikan kamu memilih spesifikasi yang tepat untuk hardware laptop kamu, ya.

Langkah 2: Buka pintu kompartemen

Acer telah mendesain laptopnya dengan pintu kompartemen khusus (back door compartment) yang berada di bagian belakang bodi laptop. Caranya, balikkan laptop, lalu mulailah melepas semua baut yang mengunci kompartemen menggunakan obeng yang sesuai. Setelah baut terlepas, kamu bisa langsung membuka pintu kompartemen dengan mudah hingga akhirnya dapat melihat sejumlah komponen hardware laptop.

Langkah 3: Cari lokasi RAM

Di laptop Acer, RAM, SSD, dan HDD terletak tepat di bawah cover pelindung. Khusus untuk RAM, Acer umumnya memberikan dua slot RAM yang mana kamu bisa mencopot RAM bawaan untuk menggantinya dengan RAM baru. Cara memasangnya pun mudah. Kamu cukup memasang RAM baru dengan sudut 45 derajat, lalu tekan hingga masuk dan terdengar suara klik. Jika tidak dapat masuk, berarti kamu memasangnya terbalik.

Langkah 4: Tutup kembali pintu kompartemen

Jika sudah terpasang sempurna, kamu bisa langsung menutup pintu kompartemen dan memasang bautnya kembali. Selain itu, tidak perlu ada melakukan setting (kecuali SSD), sehingga kamu bisa menggunakan langsung laptop seperti sediakala.

Total waktu yang dibutuhkan untuk memasang RAM tidak lebih dari 5 menit, mulai dari membuka pintu kompartemen sampai menutupnya kembali. Keuntungan lainnya, melakukan upgrading memori atau RAM sendiri tidak akan membuat garansi dari vendor menjadi hangus. Bila stiker segel yang ada di kompartemen pada laptopmu rusak atau copot, kamu bisa tetap membawa laptop kesayanganmu ke service center Acer terdekat.

SpAcer, saat ini fitur backdoor compartment sudah bisa kamu nikmati pada produk Predator 15, Predator 17, Predator Helios 300, Nitro 5, Aspire E5-475 series, Aspire E5-476 series, Aspire 3 series dan Aspire 5 series . Nah, spAcer, ada beberapa slot yang tersedia dan maksimal upgrade untuk setiap produk tersebut.

Untuk Predator 15 dan Predator 17 bisa upgrade HDD + 2 slot SDD + 2 slot RAM, lalu Predator Helios 300 bisa upgrade HDD + 2 slot RAM, serta Aspire E5-475 dan Aspire E5-476 series, spAcer bisa meng-upgrade HDD, SDD, plus 2 slot RAM. Nah, untuk Aspire 3 Dan Aspire 5 series kamu hanya bisa upgrade HDD dan 1 atau 2 slot RAM.

SpAcer, kamu yang sedang mencari laptop gaming Acer terkini yang cocok untuk casual game, coba pakai Nitro 5. Pada fitur backdoor compartment, Nitro 5 bisa upgrade HDD + 2 slot RAM. Produk gaming ini pun sudah ditenaga NVIDIA® GeForce® GTX 1050 dengan 4 GB GDDR5 VRAM, prosesor Intel® Core™ i5-7300HQ generasi ke-7, dan 8 GB RAM DDR4 yang dapat kamu upgrade hingga 16GB di fitur kompartemen tersebut. Selain itu, adanya teknologi Acer Coolboost™ bisa mempercepat kerja kipas dan kemampuan  pendinginnya yang tidak membuatmu khawatir ketika nge-game berjam-jam.

Nitro 5 ini pun punya daya tahan baterai hingga 5,5 jam dan telah didukung koneksi internet andal berkat 2×2 802.11 ac MU-MIMO untuk game online. Kamu juga akan dimanjakan dengan maksimal dengan layar IPS Full HD 15,6 inci (1920 x 1080) yang memiliki resolusi tinggi, bikin kamu puas menyaksikan aksi game di layar Nitro 5.

Bila ingin tahu lebih jauh soal upgrade laptop gaming Acer ini, bisa berkonsultasi dahulu dengan dr. Acer di Live Chat atau mendatangi Acer Customer Service Center (ACSC) terdekat. Untuk mengetahui lokasi ACSC, kunjungi halaman Acer Service Center ya. Selamat mencoba, spAcer!