Tiga Macam Aspek Rasio Layar dan Perbedaannya

February 23, 2021

Penggunaan laptop untuk pekerjaan memang sudah jadi hal yang biasa. Sebelum membeli laptop pun biasanya kamu tentu sudah tahu laptop apa yang kamu cari, fitur apa yang dibutuhkan, dan tentunya harganya sesuai bujet. Namun, kamu pasti jarang memperhatikan hal yang satu ini, yaitu rasio layar.

Apa itu rasio layar? Mudahnya, aspek rasio adalah perbandingan antara panjang dan lebar layar. Kenapa rasio layar penting diperhatikan sebelum membeli laptop? Soalnya, rasio layar ini menentukan kenyamanan penggunaan. Untuk lebih jelasnya, simak di artikel ini.

Rasio Layar 3:2 untuk Tingkatkan Produktivitas

Tiga-Macam-Aspek-Rasio-Layar-dan-Perbedaannya-Swift-3-Air-3

Pada umumnya, rasio layar laptop yang banyak beredar di pasaran adalah 16:9. Namun, ada juga laptop dengan rasio 3:2 (2160 x 1440) yang berada di antara rasio 16:9 dan 4:3. Hal ini memberikan kenyamanan yang lebih baik untuk pengguna yang kesehariannya menggunakan laptop untuk membaca buku, menulis, hingga membuka media.

Selain itu, rasio layar 3:2 juga sangat baik untuk menunjang produktivitas. Layar yang 18% lebih vertikal  membuat kamu bisa melihat lebih banyak konten sekaligus dalam satu layar. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu terlalu banyak scrolling untuk bisa melihat konten yang kamu inginkan. Jadi, kamu bisa lebih fokus bekerja menggunakan laptop dengan rasio layar 3:2.

Baca juga: Swift 3 Air 3 (SF313-53), Laptop Tipis dengan Layar Unik Beresolusi 2K 

Untuk membuka email, browsing, membaca dokumen, dan menulis akan lebih nyaman dengan layar yang lebih lebar seperti pada rasio layar 3:2. Biasanya, rasio layar 3:2 ini diterapkan di laptop 2 in 1 alias laptop yang bisa berfungsi sekaligus sebagai tablet.

Rasio Layar 16:9 untuk Hiburan Maksimal

Tiga-Macam-Aspek-Rasio-Layar-dan-Perbedaannya-Swift-3x

Rasio layar 16:9 adalah yang umumnya diterapkan dalam berbagai laptop. Layar 16:9 adalah layar wide screen sehingga sangat cocok untuk kamu yang menginginkan pengalaman sinematik saat menonton menggunakan laptop. Untuk melihat YouTube, menonton Netflix, hingga bermain game, layar 16:9 adalah pilihan tepat.

Aspek rasio layar 16:9 juga lebih nyaman untuk digunakan oleh kamu yang multitasking. Hal ini karena kamu bisa mendapatkan tampilan yang tetap nyaman saat split screen dengan mendapatkan tampilan yang lebih luas dan lengkap. Laptop gaming tentunya memanfaatkan rasio layar 16:9 ini untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih terasa.

Baca juga: Simak Cara Kerja Kehebatan Teknologi 3D Pada Proyektor

Rasio Layar 16:10 untuk Semuanya

Tiga-Macam-Aspek-Rasio-Layar-dan-Perbedaannya-Spin-3-Active

Inovasi tak hanya dilakukan untuk memperlengkap fitur di laptop. Inovasi juga dilakukan para produsen laptop di rasio layar untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Karena itulah rasio layar 16:10 mulai ramai diperbincangkan pada akhir 2020 lalu. Ini khususnya untuk laptop Windows yang memang lebih familier dengan rasio layar 16:9.

Rasio layar 16:10 menjadi kompromi terbaik untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menikmati hiburan. Karena perbedaan tingginya, hal ini membuat layar 16:10 nyaman digunakan untuk melihat lebih banyak konten. 

Selain itu, rasio layar 16:10 tetap memberikan lebar layar wide screen sehingga kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman sinematik di layar yang lebar. Jadi, nantinya layar 16:10 akan mulai dilirik para pengguna yang menginginkan hiburan dan produktivitas kerja.

Sebagai pengguna laptop, kamu mungkin jarang memperhatikan aspek rasio layar sebelum memilih laptop yang ingin kamu beli. Kini, kamu mulai bisa mempertimbangkan rasiao layar yang sesuai pada kebutuhan kamu, baik itu untuk meningkatkan produktivitas, untuk menikmati hiburan, maupun keduanya.