Perangkat Serba Fingerprint Scanner, Kenapa Sangat Populer?

June 13, 2018

Sensor pindai jari atau fingerprint scanner masih menjadi primadona di pasar notebook. Teknologi biometri ini diperkirakan terus tumbuh seiring semakin banyaknya produsen yang merancang perangkat baru dengan harga lebih terjangkau. Makanya, mungkin kamu akan lebih sering menemukan banyak produk yang dirancang untuk berinteraksi dengan sidik jari hingga beberapa tahun ke depan.

Dikutip dari Android Headlines (14/1), TrendForce memprediksi fingerprint scanner akan tetap populer di tahun 2018. Perusahaan riset ini berpendapat bahwa metode otentikasi biometrik yang lain dinilai belum terlalu baik, meski teknologi pengenal wajah sudah cukup baik. Namun, pemindai sidik jari dianggap masih lebih nyaman untuk digunakan.

Lantas, apakah pemindai sidik jari ini benar-benar berguna? Yuk, cari tahu fakta yang membuatnya semakin populer!

Akses Lebih Cepat dan Mudah

Fingerprint scanner berfungsi layaknya kata sandi, PIN, dan pola tertentu, sehingga penggunaan utama fitur ini adalah untuk membuka kunci (akses) perangkat dan aplikasi tanpa perlu mengingat password yang panjang. Cukup menempelkan jari ke sensor, laptop kamu pun bisa langsung beroperasi.

Sangat Sulit Dipalsukan

Pola sidik jari setiap manusia selalu berbeda dan unik. Inilah yang membuatnya sangat sulit untuk diduplikasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dibandingkan sistem angka atau pattern. Makanya tak heran bila teknologi pemindai sidik jari digunakan sebagai ‘benteng pertahanan’ opsional. Data pribadi kamu pun cenderung lebih aman karena notebook tidak bisa diakses oleh sembarang orang

Jarang Kena Hack

Banyak berita tentang hacker yang mencoba meretas dan menyalahgunakan sidik jari seseorang. Sayangnya, biometrik rata-rata sulit dijebol, karena sistem biometrik memproses sidik jari yang dipindai melalui algoritma biometrik dan enkripsi canggih untuk disimpan dalam bentuk template, bukan gambar. Makanya, seorang hacker membutuhkan keahlian khusus dan peralatan yang mahal untuk mencuri data biometrik seseorang.

Baca Juga:  Swift 3, Notebook Penuh Gaya Untuk Gaming Dan Kerja

Praktis Digunakan

Pemindai sidik jari bekerja lebih cepat dibandingkan sistem lain. Idealnya, hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik untuk membaca sidik jari penggunanya. Kecuali, untuk beberapa faktor seperti jenis pemindai dan permukaan ujung jari kotor atau basah, yang mungkin memerlukan banyak waktu untuk melakukan pemindaian.

Acer sendiri telah berkontribusi dalam mempopulerkan fingerprint scanner melalui produknya. Salah satu notebook Swift 3 (SF14-52G) yang memiliki spesifikasi yang mumpuni. Demikian juga dengan sistem keamanannya yang mengadopsi sensor sidik jari, di mana memiliki sensor yang sangat peka dan merespons dengan cepat.

Soal performa, Swift 3 menawarkan tenaga tangguh untuk multitasking sehari-hari karena telah dibekali prosesor Intel Core Generasi ke-8 dan RAM 8 GB. Kartu grafis NVIDIA GeForce MX150 yang dimilikinya. memberikan performa grafis lebih baik, sehingga editing video, hingga menonton video beresolusi tinggi bisa berjalan mulus. Pesona Swift 3 pun semakin maksimal berkat port yang lengkap dan desain yang stylish.

SpAcer, itu dia fakta-fakta fingerprint scanner, yang ternyata keamanannya untuk melindungi privasi data bisa sangat maksimal.

Baca juga: Acer Spin 5, Powerful Notebook with High Flexibility