Mengapa CD/DVD Sulit Terbaca di PC/Laptop?

April 9, 2018

Munculnya berbagai media penyimpanan digital yang portable telah menggusur eksistensi penggunaan CD/DVD. Hal ini terlihat jelas pada perangkat laptop keluaran terbaru yang sudah jarang memasukkan fitur DVD Drive. Tak heran, sebab kebutuhan optical drive di era digital ini dianggap bukan lagi sesuatu yang wajib dimiliki bagi sebagian pengguna.

Lantas, apakah ini menandakan penggunaan media CD/DVD mulai ditinggalkan? Nyatanya, masih ada sebagian desktop atau laptop yang menyertakan DVD Drive agar dapat mendukung aktivitas hiburan dan penyimpanan data (burn) para penggunanya. Harga yang relatif murah, awet, dan kapasitas memadai menjadi salah satu alasan CD/DVD masih digemari sebagian kalangan hingga sekarang.

Meskipun begitu, CD/DVD juga rentan terhadap berbagai masalah. Beberapa di antaranya adalah perangkat tidak dapat membaca atau memainkan CD/DVD karena berbagai alasan. Yang paling sering terjadi adalah CD/DVD tersebut sudah rusak dan CD/DVD atau optic drive yang kotor. Untuk mengatasinya, Acer akan menjelaskan beberapa penyebab paling umum dan solusi yang sesuai untuk dicoba.

DVD tergores

Adanya kerusakan pada permukaan CD/DVD seperti goresan, retak, dan debu bisa menghalangi DVD untuk diputar dengan benar. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kerusakan pada DVD, pastikan untuk selalu menyimpan disk dalam case tertutup dengan benar. Simpan pula disk dengan sisi label yang menghadap ke bawah dan sisi disk kosong menghadap ke atas.

Proses burning yang salah

Banyak yang tidak menyadari bahwa proses burning juga dapat memengaruhi CD/DVD. Saat hendak melakukan proses burning, kamu disarankan untuk burning dengan kecepatan rendah. Bukan berarti harus pada tingkatan paling rendah, tetapi agar dapat mengantisipasinya, usahakan burning di bawah kecepatan maksimal yang tercantum di keping DVD. Jadi, jangan terlalu percaya tentang kecepatan maksimal yang ada di label CD/DVD.

Baca juga:  Aspire E5-476 Series, Notebook Berdaya Tahan Baterai Tertinggi Di Kelasnya

Pasang label yang tidak sesuai

Hindari penamaan CD/DVD dengan menempel label stiker! Meskipun memudahkan kamu untuk membedakan berbagai isi disk, tapi menempelkan stiker bisa menyebabkan CD/DVD tidak bisa diputar. Penyebabnya adalah kertas stiker terlalu tebal atau menempelkan stiker hanya di satu sisi saja (bukan melingkar). Sebagai gantinya, gunakanlah spidol permanen saat ingin menuliskan judul atau label pada disk.

DVD ROM drive tidak mendukung format DVD

Beberapa drive DVD-ROM bisa membaca disk dengan format DVD+R dan DVD-R. Namun, beberapa drive DVD-ROM hanya bisa membaca salah satunya saja. Jika kamu burn DVD dengan jenis DVD recordable yang tidak didukung DVD-ROM, maka DVD tidak bisa diputar di PC kamu.

Resolusi layar PC tidak sesuai dengan DVD

Jika hal ini terjadi, maka spAcer harus mengubah resolusi layar PC agar kompatibel dengan DVD yang kamu mainkan. Caranya, dari menu Start, pilih Control Panel. Setelah jendela terbuka, klik Appearance and Personalization, lalu pilih Adjust screen resolution. Selain itu, kamu juga perlu mengubah resolusi layar menjadi 640×480 atau 720×480.

Itulah beberapa solusi agar CD/DVD dapat terbaca di PC/laptop. Sekarang tinggal kamu analisis penyebabnya, kemudian lakukan sesuai solusi yang sudah disediakan. Jadi, jangan bingung lagi kalau hal seperti ini terjadi. Yuk, langsung coba sendiri di rumah!

Baca juga: Lancar Main Game Online dengan Aspire 5 (A515-41G)