30 November 2023

Cara Membuat Padlet di Laptop sebagai Media Pembelajaran

Dengan berkembangnya budaya pembelajaran jarak jauh, semakin banyak aplikasi dan website yang muncul untuk menunjang proses pembelajaran.  Salah satunya yakni Padlet yang bisa diakses secara online oleh banyak pengguna. Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai bagaimana cara membuat Padlet yang menarik di laptop untuk menunjang pembelajaran antara siswa dengan guru. Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi media pembelajaran yang unik, Anda bisa simak penjelasan mengenai Padlet berikut ini.


Apa Itu Padlet?


Padlet merupakan aplikasi online yang memungkinkan pengguna membuat papan buletin digital, serupa dengan dinding virtual. Papan ini dapat digunakan bersama-sama dengan pengguna lainnya dan dapat diisi dengan berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, video, serta berbagai jenis file lainnya. Aplikasi ini banyak digunakan untuk melakukan kegiatan kolaborasi bersama anggota tim, seperti mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan saling berbagi ide.


 Fitur-fitur Padlet memungkinkan pengguna mengatur tampilan papan buletin sesuai kebutuhan, termasuk menambahkan gambar latar, mengatur layout, dan lainnya. Padlet juga menyediakan opsi untuk membagikan papan buletin yang sudah dibuat kepada publik, atau mengundang beberapa pengguna lain untuk bisa mengakses papan buletin tersebut. Aplikasi Padlet dapat digunakan di lingkungan kerja maupun untuk kebutuhan pendidikan.

Kelebihan Padlet untuk Pembelajaran Siswa


 Padlet menawarkan berbagai kelebihan untuk pembelajaran siswa dan guru, di antaranya:


1. Memungkinkan Kolaborasi Antar Siswa


Padlet memungkinkan siswa untuk bekerja sama dan berkolaborasi secara online dalam suatu tugas atau project kelompok. Mereka bisa saling berbagi ide dan informasi dalam satu papan buletin virtual yang bisa diakses oleh seluruh anggota kelompok.


2. Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh


Padlet dapat menjadi sarana yang efektif untuk mendukung pembelajaran jarak jauh karena aplikasi ini dapat diakses secara daring. Interaksi antara guru dan siswa pun dapat tetap terjaga dan terfasilitasi dengan baik.


3. Membuat Presentasi Kreatif 


Siswa dapat menggunakan Padlet sebagai sarana untuk membuat presentasi yang kreatif. Mereka bisa mengekspresikan ide mereka dengan berbagai cara, seperti menambahkan teks, gambar, video, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam menyajikan informasi.


4. Penggunaannya Fleksibel


Padlet dapat digunakan secara fleksibel untuk berbagai keperluan dalam pembelajaran, seperti membuat papan buletin untuk berbagi ide, membuat peta konsep, menyusun project kolaboratif, serta mengumpulkan tanggapan atau jawaban dari siswa terhadap suatu topik tertentu.


Baca juga: Pendidikan Inklusif, Manfaat, Contoh, Tujuan, dan Cara Menerapkannya


5. Mudah Diakses dan Dibagikan


Aplikasi Padlet dapat diakses secara mudah dari berbagai perangkat, mulai dari laptop, komputer, tablet, bahkan smartphone. Selain itu, guru juga bisa dengan mudah membagikan akses terhadap papan digital yang sudah dibuat di Padlet kepada seluruh siswa. Dengan begitu, siswa dan guru dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran kapan saja dan dari mana saja.


6. Mudah untuk Dikelola dan Dipantau


Setelah membagikan akses terhadap papan buletin digital di Padlet kepada seluruh siswa, guru kemudian bisa memantau kemajuan siswa dan mengelola papan tersebut sesuai kebutuhan. Guru juga bisa berinteraksi dan memberikan bimbingan atau feedback kepada siswa secara real-time melalui Padlet.


Cara Menggunakan Padlet untuk Pembelajaran


Guru dan siswa yang ingin menggunakan Padlet untuk pembelajaran bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat Padlet:


  1. Mendaftar akun menggunakan akun Google, Facebook, atau alamat email. Apabila sudah memiliki akun, maka pengguna bisa langsung login ke Padlet.
  2. Setelah login, klik tombol "Create Padlet" untuk membuat papan buletin baru.
  3. Kemudian, pilih template yang ingin digunakan. Anda juga bisa memulai dengan Padlet kosong jika tidak ingin menggunakan template.
  4. Beri judul pada Padlet Anda dan sesuaikan pengaturan privasinya sesuai kebutuhan (public, private, atau restricted).
  5. Sesuaikan tema, tata letak (layout), dan background Padlet sesuai kebutuhan.
  6. Klik area kosong pada Padlet untuk menambahkan konten baru, seperti teks, gambar, video, file, link, atau voice note sesuai kebutuhan. Anda bisa mengedit dan mengatur tata letak konten dengan cara drag masing-masing elemennya.
  7. Setelah selesai membuat Padlet, klik tombol "Share" untuk mengundang pengguna lain agar bisa berkontribusi pada Padlet tersebut. Anda juga bisa membagikannya ke media sosial.


Tidak hanya Padlet, guru dan siswa juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang juga bermanfaat dalam menunjang proses belajar mengajar di kelas. Salah satunya yaitu Jelajah Ilmu. Jika Padlet dapat digunakan sebagai media kolaborasi antar sesama siswa atau antara siswa dengan guru, Jelajah Ilmu lebih berfokus pada pengelolaan proses dan metode pembelajaran yang ingin digunakan. 


Dengan menggunakan fitur Tugas di Jelajah Ilmu, guru bisa memberi pengumuman dan informasi lebih lanjut mengenai tugas atau proyek yang harus dikerjakan siswa. Misalnya, guru menugaskan siswa untuk berkolaborasi melalui Padlet yang sudah dibuat sebelumnya, maka guru bisa mencantumkan link Padlet tersebut pada pengumuman yang dibuat.


Jelajah Ilmu juga bisa digunakan oleh kepala sekolah untuk memantau kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolahnya. Selain itu, orang tua siswa juga bisa mengakses Learning Management System Jelajah Ilmu untuk memantau laporan dan statistik mengenai prestasi hasil belajar siswa selama masa pembelajaran berlangsung.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya