Banyak yang Belum Tahu, Ini 5 Manfaat Main Online Game untuk Mental dan Otak

May 16, 2019

Bermain game seringkali dianggap sepele dan masih banyak yang menganggap bahwa game hanya kegiatan sekadar membuang waktu. Namun, ternyata main game online punya manfaat bagi mental dan otak jika dilakukan dalam waktu yang tidak berlebihan.

Buat spAcer yang kerap kali dimarahi orangtua atau diomelin orang lain karena terlalu sering main online game di PC, kamu harus baca artikel ini sampai habis dan menjelaskannya ke orang-orang tersebut, termasuk orangtua. Game online itu ternyata tidak seburuk yang selama ini orang tahu,  lho.

Penelitian yang diterbitkan jurnal American Psychological Association, American Psychologist, mengatakan bahwa bermain online game memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kemampuan berpikir otak. Lebih jauh, games dengan genre perang dan yang membutuhkan strategi memiliki efek positif yang baik untuk perkembangan kemampuan berfikir dan kesehatan mental.

Para penulis penelitian ini pun turut menyoroti kemungkinan bahwa video game adalah alat efektif untuk belajar ketahanan dalam menghadapi kegagalan. Hal ini tentunya secara tidak sadar pernah kamu rasakan ketika sedang berhadapan dengan musuh yang skill-nya di atas kamu. Alih-alih menyerah, karena penasaran, alhasil kamu akan terus bermain dan mencari celah untuk memenangkan pertandingan.

Mau tau lebih jauh manfaatnya? Simak satu per satu, spAcer!

Kerja Otak Meningkat

Seperti yang kamu tahu, setiap game online PC pasti punya tingkat kesulitan berbeda, apalagi untuk game MOBA. Semakin tinggi rank yang kamu raih, semakin susah musuh yang akan kamu hadapi.

Nah, karena hal ini lah yang membuat otak kita meningkat. Pada dasarnya, saat kita tidak bisa atau susah untuk mengalahkan musuh, pasti kita mau tidak mau harus berfikir di mana celah untuk mengalahkan musuh tersebut dan bagaimana strategi yang pas. Di sinilah IQ bekerja dan akan terus meningkat seiring berjalannya game dan seberapa banyak masalah yang kamu telah kamu selesaikan.

Menghilangkan Stres

Pasti sebagian dari kamu ada yang kurang setuju dengan manfaat yang satu ini. Karena banyak banget pasti dari kamu yang suka stres ketika menghadapi musuh yang berat. Tapi, game online juga bisa menghilangkan stres, spAcer.

Caranya adalah bermain bersama teman-teman lewat komunikasi suara atau main bersama di satu tempat. Selain bisa membahas strategi penyerangan bersama-sama, kamu pun pasti bisa sambil bercanda ketika bermain bersama teman.

Pasalnya, pasti ada satu atau dua orang yang akan berbuat hal konyol di dalam game dan pada akhirnya rekan satu timnya pun menertawakan tingkahnya itu. Terlebih lagi kalau main dengan sahabat. Jangankan tertawa, kamu pasti tidak akan bisa bermain hanya satu dua jam alias lupa akan lupa waktu, deh!

Baca Juga: 4 Tips Atur Waktu Main Game Agar Jadi Gamer Bijak!

Melatih kemampuan berbahasa asing

Karena kebanyakan game berbasis online dan terhubung dengan para pemain di seluruh dunia. Otomatis kamu akan bertemu dengan orang-orang di luar negara kamu. Untuk berkomunikasi dengan mereka yang tinggal dan bermain di luar Indonesia, pastinya mau tidak mau harus berbicara dengan bahasa Inggris.

Karena hal ini lah, kamu secara perlahan akan mempelajari kata ataupun kosakata baru dalam bahasa Inggris ketika sedang mengobrol dengan teman yang ada di game online tersebut. Kebanyakan online game PC menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Sebut saja DoTA 2, CounterStrike, League of Legends atau Call of Duty.

Menumbuhkan kemampuan problem solving

Tidak bisa dipungkiri lagi, seseorang yang suka main game online PC pasti memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang lebih luas. Hal ini bisa dibuktikan ketika dalam kekalahan, pasti gamer langsung berfikir bagaimana caranya bisa menang dengan menyusun strategi yang baru.

Bukan sekadar strategi asal-asalan, kebanyakan gamer selalu mencari cara untuk memenangkan pertandingan dengan cara yang kreatif dengan membuat strategi unik yang belum pernah digunakan.

Bahkan, tidak sedikit yang menemukan dan menggunakan bug atau glitch dalam game yang mungkin tidak disadari para developer sebagai bagian dari strategi memenangkan pertandingan. Karena pemain game online sejati mengingat setiap detil penting dari game yang dimainkan.

Seperti halnya bermain game genre strategi, seperti MMORPG, membantu gamer memecahkan masalah di kehidupan nyata, lho, spAcer.

Baca Juga: Yuk, Wujudkan Cinta Bangsa dengan Main 5 Game Buatan Indonesia!

Meningkatkan fokus pada visual

Universitas Rochester menemukan hasil penelitian bahwa bermain game tidak hanya bisa membuat seseorang menjadi lebih jeli dengan lingkungan di sekitarnya, tapi juga meningkatkan kemampuan seseorang mempertahankan fokusnya saat dibutuhkan.

Hal ini benar adanya, karena saat kita game online PC seperti Overwatch, Palladins atau DoTA 2 pasti dipaksa untuk fokus ke objektif untuk memenangkan pertandingan. Nah, kita pun bisa menerapkan hal ini di dunia nyata, guys.

Oke, setelah melihat lima manfaat bermain online game PC, apakah kamu yakin mau berhenti main? Karena sebenarnya nge-game bisa meningkatkan serta memperkuat keterampilan kognitif seperti navigasi spasial, penalaran, memori dan juga persepsi.

Satu hal yang perlu diingat, selain mengetahui manfaat main game online. Kamu harus harus tahu kapan berhenti game online untuk bekerja atau belajar dan istirahat, ya.