6 Cara Mengetes Kecepatan Internet di Sekitarmu

October 17, 2021

Di tengah kemajuan teknologi digital seperti sekarang ini, keberadaan internet telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Untuk bekerja, bermain game, menonton film favorit, hingga melakukan video conference, internet dibutuhkan agar selalu terhubung di mana saja dan kapan saja. Karena itu, kecepatan internet sangat penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Meski begitu, kamu mungkin masih menemukan kendala soal internet lemot atau bahkan terputus sambungan yang membuat aktivitas kamu terhambat. Apalagi kalau sampai buffering saat sedang menonton film atau mengalami ping saat main game. Karena itu, simak cara mengetes kecepatan internet di sekitarmu berikut ini agar kamu selalu bisa terhubung dengan koneksi internet yang cepat.

Lakukan Persiapan di Perangkatmu

Sebelum kamu mulai mengetes kecepatan internet, kamu perlu melakukan beberapa persiapan dahulu agar perangkat kamu siap dan hasil pengecekkan lebih akurat. Hal ini karena kecepatan internet juga dipengaruhi beberapa faktor, seperti terlalu banyak chache atau program yang kamu buka dalam waktu bersamaan. 

Selain itu, laptop yang sudah lama tidak dimatikan juga bisa berjalan lambat, bahkan saat terhubung ke internet dengan sinyal baik. Jika penyebabnya justru berasal dari perangkat kamu, maka harus menyelesaikannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, sebelum kamu tes kecepatan Wifi, pastikan terlebih dahulu melakukan restart perangkat. Saat sudah menyala kembali, jangan membuka terlalu banyak program, lalu clear chache di browsing history. Selain itu, kamu juga perlu melakukan restart router atau modem yang kamu gunakan terlebih dahulu sebelum mulai mengecek kecepatan jaringan di tempatmu.

Kecepatan Internet

Cek di Router

Kamu bisa cek kecepatan internet melalui router. Biasanya, wireless router memiliki fitur untuk mengecek kecepatan internet yang sedang berjalan. Namun, ini tergantung tipe router yang kamu gunakan. Dilansir dari CNet, beberapa router yang memiliki fitur untuk mengecek kecepatan internet adalah Google Nest Wi-Fi, Eero, dan Linksys Velop. Menggunakan fitur pengecekan internet di wireless router kamu disebut-sebut lebih akurat karena router pada dasarnya terhubung langsung ke modem.

Baca juga: Kenali Jaringan Wireless yang Kamu Gunakan Sehari-Hari

Cek di Fast.com

Selanjutnya, kamu dapat mengunjungi beberapa situs yang memang sudah lama dipercaya mampu memberikan hasil pengecekan yang akurat, yaitu fast.com. Kamu dapat mengakses langsung di situs tersebut untuk memberikan kamu hasil tes dengan cepat. Situs keluaran Netflix ini gratis dan dapat diakses melalui laptop maupun ponsel.

Kunjungi Speed Smart

Situs speedsmart.com juga dapat kamu akses untuk mengetahui berapa kecepatan internet yang kamu gunakan. Cara pengecekannya juga cukup mudah, hanya perlu klik tombol “Start Speedtest”, lalu situs tersebut akan memulai pengecekan selama kurang dari 1 menit. Setelahnya, hasil pengecekan pun akan muncul, mulai dari PING, download speed, upload speed, provider, IP, hingga server yang kamu gunakan.

Pengecekan di Speed Smart ini juga dinilai lebih akurat dibandingkan situs lainnya karena basis sistemnya menggunakan HTML5, bukan hanya berupa Flash atau Java seperti yang digunakan banyak situs lain. Hasil pengujian pun real time sehingga kamu bisa mengeceknya kapan pun.

Tes Kecepatan Internet di Speedtest.net

Terakhir, situs speedtest.net yang dikembangkan oleh Ookla juga sudah sejak lama menjadi pilihan untuk melakukan pengecekan kecepatan internet. Interface situs ini cukup simple sehingga memudahkan kamu untuk memulai proses pengecekan. Cukup klik tombol “GO” atau “MULAI”, maka situs akan otomatis menganalisis kecepatan internet kamu. Hasilnya, data PING, download speed, dan upload speed akan langsung terlihat. Begitu juga server, provider, dan koneksi.

Cara termudah untuk cek kecepatan internet lainnya bisa dilakukan saat sedang browsing yaitu bertanya kepada Google. Kamu dapat memasukkan kata kunci seperti “cek kecepatan internet”, maka Google langsung menyarankan kamu untuk menjalankan uji kecepatan di Google Speedtest. Prosesnya pun cepat dan di akhir proses kamu akan diberikan saran berdasarkan hasil pengecekannya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Jaringan Internet di Rumah Agar Tidak Lemot

Kamu dapat mencoba berbagai cara di atas untuk tes kecepatan Wifi yang kamu gunakan saat ini. Namun, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi kecepatan internet. Agar kamu tidak merasakan kendala internet lemot, kamu perlu mempersenjatai diri dengan perangkat yang memang sudah didukung dengan teknologi koneksi cepat dari Wi-Fi 6, seperti yang ada pada laptop Acer Swift 3 Infinity 4

Menggunakan laptop Swift 3 Infinity 4 ini memudahkan kamu beraktivitas lebih lancar di mana pun berkat tersematnya teknologi Wi-Fi 6 yang menawarkan kecepatan internet hingga 3 kali lebih cepat, yaitu mencapai 9.6 Gps. Tentu saja, kamu bisa lebih maksimal ketika harus kerja mobile di mana pun.

button_acer e-store