Atasi Masalah “Your Connection Is Not Secure” dengan Jurus-jurus Ini

June 21, 2019

Setiap kali browsing ke satu halaman web, pernah nggak, sih, kamu mendapatkan pesan “Jaringan internet tidak aman” atau “Your connection is not secure”? Jika iya, jangan langsung kesal. Bisa dibilang ini adalah “tanda sayang” dari browser demi memastikan keamananmu sendiri. 

Pasalnya, pesan “Your connection is not secure” akan muncul untuk memberitahu bahwa kamu mengakses web-web yang nggak valid dan nggak terenkripsi cukup kuat, untuk melindungi privasimu. Sebuah website di internet bisa dikatakan aman bila memiliki enkripsi HTPPS. 

Salah satu cara untuk mengetahui enkripsi HTTPS adalah dengan melihat ikon gembok hijau dan kata “Secure” pada url. Sebagai informasi, pesan “Your connection is not secure” akan muncul ketika browser mendeteksi enkripsi melalui Secure Socket Layer (SSL) untuk mengesahkan identitas situs. 

Jika situs memiliki sertifikat valid, maka browser akan memperbolehkan kamu masuk ke dalam situs tersebut. Sebaliknya, browser nggak akan melanjutkan penelusuran dan menampilkan pesan kesalahan jika sertifikasi situs nggak valid atau expired demi melindungi data-data visitor.

Privasi dan informasi personal adalah hal penting. Kamu harus melindingi dirimu sendiri dengan menggunakan jaringan internet yang aman. Namun, dalam beberapa kasus, peringatan “Your connection is not secure” tetap saja muncul meski kamu mengakses situs-situs populer seperti Google Mail dan Facebook. Alih-alih panik, segera atasi masalah tersebut dengan cara-cara jitu berikut ini.

Periksa tanggal dan waktu di PC

Salah satu cara mengatasi munculnya “Your connection is not secure” adalah memastikan tanggal dan waktu di PC sesuai real time. Sebagai contoh, kamu mengakses internet pada 1 April 2019. Namun tanggal dan waktu di komputer tertera 13 Agustus 2015. Kesalahan ini pada gilirannya berpengaruh pada kinerja web browser untuk mendeteksi dan memverifikasi sertifikasi SSL situs yang kamu kunjungi, sehingga sertifikasi situs dianggap expired.

Your Connection Is Not Secure

Untuk memperbaikinya, klik kanan pada jam di bagian taskbar dan pilih Adjust date/time. Lanjutkan dengan mematikan opsi Set time automatically selama beberapa menit, lalu hidupkan kembali. Jika nggak, kamu bisa mematikan Set time automatically dan klik Change time untuk mengeset waktu secara manual.

Matikan software antivirus

Menggunakan antivirus memang bagus untuk melindungi berbagai ancaman online. Sayangnya, terkadang beberapa software antivirus tertentu justru terlalu sensitif dan memblokir jaringan internet hingga menyebabkan munculnya pesan “Your connection is not securesaat mengakses situs di internet.

Jangan khawatir, kamu bisa mematikan antivirus untuk sementara waktu sebagai cara  mengatasinya. Sebagai contoh, bagi pengguna Avast Free Antivirus, kamu bisa buka menu Setting pada software antivirus di PC, pilih Web Shield lalu Customize, dan matikan centang Enable HTTPS scanning

Selanjutnya, coba kembali mengakses situs yang ingin dikunjungi. Jika masalah ini nggak temukan lagi, berarti memang benar masalah disebabkan oleh antivirus tersebut.

Hapus history browser

History berisikan semua catatan mengenai halaman web yang kamu kunjungi sebelumnya. Selain itu, history juga menyimpan cache, cookies, dan lainnya. Pada kebanyakan kasus, cookies dan cache bisa menyebabkan koneksi SSL error. Maka itu, buka web browser dan hapus semua data yang direkam.

Your Connection Is Not Secure

Bagi pengguna Google Chrome, masuk ke Setting lalu pilih Advanced di bagian bawah. Kemudian klik Clear browsing data pada opsi Privacy and Security. Jika menghapus data browsing kurang bisa membantu, reset setting browser Chrome menjadi default dengan cara klik Settings lalu pilih Advanced. Selanjutnya pada bagian Reset and clean up, klik Reset settings to their original defaults

Cek malware

Disadari atau nggak, memasang aplikasi berbahaya dapat mengubah setting sistem PC dan mengganggu jaringan internet, sehingga pada gilirannya menyebabkan muncul pesan “Your connection is not secure”. Oleh karena itu, segera uninstall aplikasi yang kurang penting dan mencurigakan, lalu scan PC untuk mendeteksi malware pada sistem, Jika sudah, segera coba kunjungi ulang situs untuk mengetahui apakah masalah sudah beres atau belum.

 Update browser

Jika semua langkah di atas gagal, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah segara melakukan update browser. Biasanya, browser modern saat ini mendukung sistem pembaharuan secara otomatis, sehingga kamu bisa melakukannya langsung dari masing-masing browser, baik itu Chrome, Mozilla Firefox, dan browser lainnya. Supaya berhasil, pastikan jaringan internet terhubung baik, ya.

Your Connection Is Not Secure

Demikianlah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi munculnya pesan “Your connection is not secure”. Jadi, nggak perlu bingung, coba saja lakukan jurus-jurus jitu di atas!