7 Cara Menjadi Content Creator Profesional dan Andal

July 17, 2021 | 5 menit membaca

Di tengah pesatnya perkembangan era digital di Indonesia, semakin banyak profesi baru yang tercipta. Salah satunya adalah content creator yang populer sejak YouTube menyediakan tempat bagi para pembuat konten untuk membagikan kisah mereka, mengedukasi, hingga menunjukkan bakat mereka dalam bentuk konten video. 

Content creator menjadi profesi yang diimpikan, khususnya bagi generasi millennial dan Gen Z. Bermodalkan kreativitas untuk membuat konten dan keunikan masing-masing, menjadi content creator sebenarnya tidak sulit. Untuk memulainya, kamu harus terlebih dahulu membuat akun YouTube atau media sosial lain dan mulai mengunggah konten ke platform tersebut. 

Namun, agar bisa menciptakan konten yang viral dan ditonton banyak orang, kamu perlu tahu tipsnya. Pada artikel ini ada 7 cara menjadi content creator yang profesional agar bisa memulai langkah pertama menjadi content creator.

Tentukan Tema yang Unik

Dilansir dari Omnicore, saat ini ada lebih dari 50 juta content creator di YouTube menghadirkan berbagai macam konten. Agar dapat bersinar di tengah banyaknya content creator yang sudah ada, kamu harus memiliki konten yang benar-benar unik dan tentunya sesuai dengan passion kamu.

Misalnya, kamu suka bermain game, cobalah menjadi gaming content creator dan membahas game yang sedang populer dimainkan saat ini. Kamu juga bisa melakukan live streaming atau membuat konten walkthrough untuk memberikan pengalaman bermain game tersebut kepada penonton. Selain itu, lakukan eksplorasi dengan identitas khas kamu, seperti membuat nama akun yang ear-catching atau menciptakan persona yang hanya ada di akun streaming kamu.

Pilih Platform 

Jika sudah siap dengan topik dan gaya unik konten kamu, selanjutnya tentukan platform yang tepat untuk mengunggah konten. Apakah itu YouTube, Twitch, dan NimoTV untuk gamers, bahkan TikTok. Di mana pun itu, pastikan kamu telah melakukan riset terlebih dahulu tentang bagaimana audience di platform media sosial tersebut, konten apa yang menarik, hingga siapa content creator lainnya yang sukses dan bagaimana konten mereka. Riset ini bisa membantu menciptakan konten yang lebih menarik dan sesuai dengan selera audience.

Konsisten Posting

Menjadi content creator adalah sebuah komitmen. Sebagaimana bekerja di sebuah perusahaan, kamu juga harus konsisten bekerja saat menjadi content creator. Konsisten di sini berarti harus menyiapkan rencana tentang konten seperti apa yang akan kamu buat dalam seminggu, sebulan, hingga setahun ke depan. Hal ini untuk memastikan para followers kamu akan selalu menunggu konten terbaru di waktu yang sudah ditentukan. 

Misalnya, kamu menjadwalkan untuk posting dua kali dalam seminggu pada hari Rabu dan Jumat. Maka, konsistenlah untuk posting di waktu tersebut. Algoritma YouTube pun akan memprioritaskan channel yang aktif dan konsisten posting untuk muncul di rekomendasi. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Podcast Seru untuk Pemula

Update dengan Peristiwa Terkini

Mungkin akan ada saat ketika kamu harus posting di luar jadwal, misalnya saat ada peristiwa tertentu yang viral. Biasanya para content creator berlomba untuk menciptakan konten terkait peristiwa viral tersebut agar mendapatkan lebih banyak awareness dari audience. Kamu pun tidak boleh ketinggalan dan harus selalu update berita terkini agar tidak ketinggalan informasi.

Membuat konten terkait peristiwa yang sedang viral atau populer juga bisa membuat konten kamu dilihat lebih banyak orang. Misalnya, kamu seorang content creator yang membahas konten memasak, maka kamu harus selalu mengeksplorasi resep masakan terbaru yang lagi tren. Atau menjadi  seorang beauty vlogger maka harus update dengan tren make-up saat ini. 

Memiliki Perangkat Terbaik untuk Membuat Konten

Content creator adalah pekerjaan yang membutuhkan komitmen tinggi. Jika kamu hanya menciptakan konten yang biasa-biasa saja, jalan menuju kesuksesan mungkin tidak akan datang. Karena itu, jangan ragu dalam menyediakan yang terbaik untuk menciptakan konten unik kamu. Perangkat dengan teknologi terkini sudah pasti menjadi “senjata” untuk menciptakan konten yang menarik.

Kamera untuk merekam video, alat perekam suara, hingga studio khusus yang menjadi “senjata” bagi content creator. Kalau kamu baru memulai profesi ini, maka perlu mempersiapkan laptop yang bisa mendukung semua kebutuhan untuk proses editing kreativitas konten kamu.

Laptop yang ringan dan tipis untuk dibawa saat mobile memiliki performa kencang, serta layar dengan tampilan warna yang cerah dapat menjadi pilihan tepat kamu yang baru memulai profesi ini. Semua itu ada di Acer Swift 3ˣ  yang ditenagai prosesor Intel® Core™ Gen 11 dan kartu grafis Intel® Iris®Xe MAX (4GB VRAM).

content creator

Acer Swift 3ˣ memiliki baterai yang bisa bertahan hingga 17 jam dan mendukung fast charging sehingga cocok untuk kamu yang harus update konten di mana pun. Didukung layar Full HD yang lebih leluasa serta visual warna yang cerah membuat kamu semakin puas saat melakukan proses produksi konten.

Berinteraksi dengan Audience

Konten yang menarik bukan hanya soal topik dan temanya, melainkan juga pengemasannya. Membuat intro yang menarik akan membuat audience kamu bertahan di beberapa menit awal. Selain itu, kamu juga bisa membuat konten yang mengajak penonton berinteraksi, misalnya dengan bertanya konten apa yang sebaiknya kamu buat selanjutnya dan meminta mereka membagikannya di kolom komentar.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga kualitas konten. Membuat konten yang terpercaya akan membuat kamu diandalkan sehingga akan semakin banyak penonton yang datang ke channel dan subscribe akun kamu

Cek Performa Konten Secara Berkala

Menjadi content creator bukan hanya soal membuat konten dan mengunggahnya ke media sosial. Dibutuhkan juga strategi dan analisis yang profesional untuk menciptakan konten yang sukses. Karena itu, kamu juga perlu mengecek data atau analytic platform secara berkala untuk menemukan strategi terbaik dalam membuat konten.

Dari analytic, kamu bisa mendapatkan data tentang waktu terbaik untuk mengunggah konten, siapa audience terbesar kamu dan konten yang menarik bagi mereka, hingga konten mana yang lebih disukai. Jika sudah mendapatkannya, kamu pun bisa memperbaiki konten kamu di masa mendatang dan membuatnya lebih menarik sesuai dengan data analytic yang ada.

Baca juga: 7 Tips Teknik Belajar Videografi yang Sempurna

Itulah 7 cara menjadi content creator yang profesional. Yang jelas, tidak ada cara instan untuk menjadi sukses. Dibutuhkan konsistensi, kerja keras, serta perangkat pendukung, seperti Swift 3ˣ yang untuk memproses produksi konten dan bisa kamu miliki produknya di Acer e-Store atau toko Acer terdekat di kota kamu. Ayo coba mulai dari sekarang!

button_acer e-store