Cara Membersihkan Keyboard Laptop Supaya Awet dan Terhindar dari Virus

June 2, 2021

Apakah kamu termasuk orang yang jarang sekali membersihkan keyboard laptop? Sekilas, mungkin laptop kamu memang masih tampak bersih, padahal nyatanya nggak selalu seperti itu.

Keyboard laptop sendiri adalah salah satu tempat bersarangnya debu karena memiliki banyak celah di areanya. Debu-debu halus yang nggak terlihat bisa saja menempel di sana.

Saat kamu sudah tahu keyboard laptopmu itu kotor, terkadang kamu malas membersihkannya karena kelihatannya susah untuk menjangkau sela-selanya. Kalau tidak, paling cuma ditiup-tiup aja dan kamu menganggapnya sudah beres. 

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Debu, Masalah Terbesar Keyboard Laptop

Perlu dicatat, nih. Masalah debu pada keyboard laptop jangan dianggap remeh. Kalau debu dibiarkan menumpuk, bisa menjadi penyebab munculnya masalah serius, seperti laptop jadi nge-hang atau korslet.

Terlebih di musim pandemi seperti ini, kebersihan harus selalu dijaga, tak terkecuali pada gadget yang sering kita pakai setiap hari seperti laptop. Membersihkan keyboard laptop dan semua part lain sangat penting untuk menghindarkan bakteri dan kuman penyebab virus. 

Hal ini harus sangat diperhatikan, apalagi jika laptop di rumah nggak hanya kamu yang menggunakannya. Kita nggak pernah tahu apakah orang lain membawa virus atau nggak, bukan?

Buat yang ingin tahu cara membersihkan keyboard laptop biar awet dan bebas virus, yuk, simak langkah-langkahnya berikut!

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

1. Matikan Laptop Terlebih Dahulu

Sebelum membersihkan keyboard, kamu harus mematikan laptop dulu. Pastikan juga untuk mencabut chargernya, ya, biar nggak konslet atau kesetrum.

2. Membersihkan Keyboard Laptop

Untuk mengeluarkan debu atau kotoran yang terdapat dalam sela-sela keyboard, kamu bisa membalikkan laptop dan goyangkan pelan-pelan. Kalau masih merasa ada kotoran yang belum keluar, kamu bisa menekan tombol keyboard seperti sedang mengetik agar debu atau kotoran bisa keluar lebih mudah.

Baca Juga: Kenapa Laptop Gaming Butuh RAM Besar? Ini Fungsinya.

3. Pakai Vacuum Cleaner 

Agar debu atau kotoran lain pada keyboard laptop bisa dibersihkan secara maksimal, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner khusus. Bentuknya lebih kecil dari penyedot debu pada umumnya dan bisa mudah didapatkan, baik online maupun offline. 

Kalau mau cari di market place, kamu bisa menggunakan kata kunci “vacuum cleaner mini usb”. Tinggal pilih saja yang sekiranya cocok dan sesuai dengan seleramu. Dengan ukurannya yang kecil, alat ini dapat menjangkau sudut-sudut di keyboard laptop kamu dan pastikan gunakan vacuum cleaner yang bertekanan rendah biar nggak mengganggu fungsi keyboard laptop-mu.

4. Manfaatkan Brush Makeup

Punya brush makeup di rumah yang jarang dipakai? Pakai aja buat bersihin keyboard laptop kamu. Pastikan laptop dalam keadaan terbalik, ya. Setelah itu tinggal sapukan brush makeup ke permukaan dan sela-sela keyboard untuk membersihkan debu-debu yang menyelip di sana. 

Baca Juga: 

Mengapa Braided Cable Lebih Baik daripada Rubber?

Tips Bermain Game Genshin Impact untuk Pemain Pemula

5. Gunakan Hair Dryer

Cara membersihkan keyboard selanjutnya yang bisa kamu praktikkan adalah dengan menggunakan hair dryer. Sebelum memulainya, pastikan kalau kamu udah bersihin keyboard laptop dengan brush, kain, vacuum cleaner, atau alat lain sampai bersih agar dorongan udara dari hair dryer nggak membuat debu atau kotoran lain justru masuk lagi ke dalam keyboard. Fungsi hair dryer di sini adalah untuk memaksimalkan agar debu bisa keluar dengan sempurna.

6. Gunakan Kain dan Cairan Desinfektan

Untuk membersihkan keyboard, kamu bisa menggunakan kain fiber yang dibasahi dengan cairan desinfektan sampai lembap. Setelahnya baru kamu usapkan di permukaan keyboard.

Tujuan dari penggunaan desinfektan adalah untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab virus. Jadi, selain debu-debu semuanya hilang, keyboard laptopmu pun nggak menjadi perantara penyebaran penyakit.

7. Keringkan Keyboard Sebelum Laptop Dinyalakan

Pastikan agar semua bagian keyboard laptop sudah kamu bersihkan secara menyeluruh. Kalau sudah bersih, jangan langsung nyalakan laptopmu, ya. Keringkan keyboard terlebih dulu secara sempurna karena kalau masih ada cairan atau sesuatu yang lembap di situ, takutnya malah bikin laptopmu rusak karena konslet.

***

Sekarang kamu sudah tahu, ‘kan, bagaimana cara membersihkan keyboard laptop? Selain keyboard, usahakan untuk membersihkan meja kerja dan perangkat lainnya, seperti mousepad, mouse, meja laptop, dan lain sebagainya agar kamu bisa terhindar dari virus-virus berbahaya.