5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Main Game Bajakan

April 29, 2019

Dari masa ke masa, game memang selalu menjadi hiburan dari kalangan remaja sampai dewasa. Nah, seiring berkembangnya grafis dan gameplay, harga game bisa menjadi mahal. Tapi hal itu bisa dimaklumi sih, guys, karena semakin tinggi grafis yang ditawarkan, semakin membutuhkan usaha yang besar juga untuk membuatnya.

Namun dengan grafis yang semakin meningkat, spAcer sebagai para gamer pun jadi bisa merasakan sensasi bermain game yang lebih realistis lagi, kan? Ambil contoh saja game yang masih banyak diomongin kalangan gamers, yaitu Spider-Man.

Game besutan Insomniac ini menghadirkan grafis dan detail yang luar biasa keren, spAcer. Yah, tidak heran harga yang ditawarkan untuk game ini cukup menguras kantong, yaitu sekitar Rp 700.000-an. Bukan hanya Spider-Man, games lain yang bisa dimainkan di konsol maupun PC pun tidak sedikit yang mematok harga cukup tinggi.

Untuk gamer yang masih duduk remaja, pasti berpikir dua kali, deh.  Alhasil, ada jalan pintas untuk main game yang diinginkan, yaitu mengunduh atau membeli game bajakan. Memang sih, murah bahkan gratis. Tapi spAcer, tahu akibat membeli atau unduh game bajakan ada dampak negatifnya dan bisa merugikan dirimu sendiri? Sekarang Acer kasih alasan kenapa jangan lagi beli atau unduh game bajakan.

Baca Juga: Radeon Vega, G-Sync Atau FreeSync? Simak Kekuatan Tiga Kartu Grafis Ini

Risiko terjangkit Virus dan Malware
Tidak bisa dipungkiri, kehadiran game bajakan di berbagai platform memang bisa memuaskan keinginan gamer berkantong tipis. Tapi di sisi lain, kehadirannya bisa menjadi sesuatu yang berbahaya untuk device kamu.

Hal yang berbahaya itu adalah virus atau malware. Karena dalam game bajakan itu terdapat banyak celah yang bisa dimanfaatkan para hacker penyebar malware dan virus untuk menyisipkan kedua hal itu ke dalam game yang kamu beli atau unduh.

Jadi, meskipun tergolong  game murah, belum tentu aman dari segala ancaman virus maupun malware, spAcer. Berbeda dengan game original yang sudah pasti bebas dari virus dan malware berkat proteksi oleh pengembangnya.

Download link sering mati
Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapa website tempat mengunduh game bajakan kerap kali menghilang karena razia di internet yang memusnahkan berbagai aplikasi hasil bajakan, salah satunya adalah video game. Jadi, yang tadinya berniat mengunduh game murah tapi bajakan, eh, terpaksa gagal karena link yang dituju menghilang.

Ada yang lebih menyebalkan lagi, nih, spAcer. Ketika lagi mengunduh game bajakan dan hampir selesai, tiba-tiba link tempat kamu mengunduh game tersebut mati dan tidak bisa berfungsi lagi karena sudah dihapus. Duh! Kalau sudah seperti itu, tidak ada cara lain selain merelakan waktu yang sudah terbuang menunggu unduhan selesai. Kesel kan?

Game sering bermasalah
Masalah lain adalah game sering berhenti atau lag. Hal ini tentunya akan sangat menyebalkan banget! Bayangkan, ketikal sedang asyik main atau sedang melawan boss di suatu level, tiba-tiba game terhenti dan langsung muncul notifikasi game has stopped working.

Penyebab dari hal itu bisa terjadi kemungkinan oleh perubahan pada software game sebagai akibat dari proses pembajakan itu. Selain tiba-tiba berhenti bekerja, kamu juga akan merasakan lag ketika sedang bermain.

Hal ini tidak bisa dihindari, karena game bajakan tidak menyediakan fitur update seperti yang ada di game original yang tentunya sangat penting agar selalu menampilkan pengalaman bermain terbaik. Pasalnya, game bajakan yang ada di luar sana itu tidak terdaftar secara resmi atau tidak memiliki semacam serial key seperti game original.

Baca Juga: Hati-Hati! Kenali 5 Virus Komputer Paling Berbahaya!

Butuh waktu lama

Masalah lain yang tidak kalah menjengkelkan adalah harus menunggu waktu yang lebih lama untuk bisa mendapatkan link mengunduh game bajakan tersebut. Alasannya karena harus menunggu si pembajak game untuk membajak game yang mau kamu itu.

Waktunya pun tergantung seberapa cepat si pembajak itu menyelesaikan pembajakannya, spAcer. Itupun kalau tidak ditangkap oleh penegak hukum karena melanggar, ya. Kalau si pembajak itu tertangkap, otomatis game bajakan itu tidak akan keluar sampai ada orang lain yang mau membajak game tersebut.

Melanggar hukum dan legalitas
Kalau kamu merasa empat alasan di atas belum cukup membuatmu berhenti main game bajakan. Coba pertimbangkan lagi setelah membaca alasan yang terakhir ini, yaitu masalah hukum yang akan menimpa kamu suatu saat.

Pasalnya, memainkan game bajakan sama saja dengan tindakan ilegal dan tentunya bermain game bajakan juga termasuk ke dalam mencuri karya orang lain. Sehingga, tidak menutup kemungkinan kalau pihak pengembang akan menuntut kalian atas pelanggaran hak cipta, meskipun bukan kalian yang membajak.

Bahkan tidak jarang para developer menghukum player yang main game mereka secara ilegal. Seperti kasus Rockstar yang memberikan efek kamera tidak fokus pada salah satu misi di Grand theft Auto V.

Pada saat diperkenalkan dengan fitur safehouse, yaitu momen pertama di game setelah kamu dijemput karakter bernama roman, kamera game GTA V tiba-tiba bergoyang begitu saja secara terus menerus. Tidak ada cara lain selain membeli versi original dari GTA 5 ini untuk menghentikan hukuman tersebut.