4 Fakta Menarik Tentang Scoring dalam Sebuah Game

Berbicara soal game, pasti tidak lepas dari yang namanya scoring atau backsound dari game itu sendiri. Layaknya sebuah film, scoring memberikan kesan khusus kepada setiap pemainnya untuk merasakan bagaimana sensasi berada dalam game itu sendiri. Bahkan, banyak orang yang berpendapat bahwa audio mampu memberikan suasana game muncul sehingga game semakin seru dimainkan. Ternyata banyak fakta menarik seputar scoring untuk game . Apa saja?

Baca juga : Beli Notebook AMD Acer, Gratis Game Original!

Scoring Masih Belum Ada Meskipun Game Sudah lahir

Video game sudah ada sejak akhir era 70an. Namun, saat itu scoring masih belum menyertai game. Pasalnya, musik masih tersimpan dalam bentuk kaset dan rekaman fonograf yang terbilang sangat mahal dan berat untuk dimasukkan ke mesin arcade. Model baru penerapan suara ke video game muncul ketika ditemukannya chip komputer yang mampu mengeluarkan suara ke speaker. Suara yang dibuat disebut dengan chiptune. Penerapan awalnya bisa ditemukan di game Gun Fight (1975).

gun fight

Space Invader adalah Game Pertama yang Menggunakan Scoring

Umumnya, scoring untuk game hanya berformat monophonic, looped, atau hanya muncul di awal game dan pergantian stage, Pac-Man dan Pole Position contohnya. Game pertama yang menggunakan scoring saat permainan berlangsung adalah Space Invaders. Menariknya, musik scoring pada game ini dibuat dinamis dan dapat mengikuti tingkat kesulitan permainan, khususnya ketika alien sudah dekat dengan pemain. Tempo musik seakan jadi semakin cepat sehingga membuat pemain semakin tertantang.

Scoring Game Memengaruhi Perasaan Pemain

Musik adalah cara terbaik untuk membangkitkan mood dan suasana hati, begitu juga dengan scoring dalam game. Nada-nada yang mengalun dapat menciptakan perasaan hati yang benar-benar masuk ke suasana game itu sendiri. Misalnya saja, coba dengarkan scoring game Fallout 3. Suasana terisolasi, sendirian, dan mencekam yang dimunculkan di sisi visual benar-benar terasa ketika scoring game ini mengalun. Begitu juga yang terjadi ketika spAcer bermain game Mass Effect yang memang memberikan kesan kental luar angkasa dan perang antar galaksi.

Rasa Ingin Terus Bermain Saat Mendengar Scoring Menarik

Tujuan lain penambahan scoring pada game, selain memberikan sensasi game yang lebih mengena, scoring juga memberikan perasaan ingin terus bermain tanpa henti. Misalnya, ketika spAcer bermain Super Mario Bros.

mass effect

Sebenarnya game ini sederhana saja, yakni untuk menyelamatkan putri dengan mengunjungi benteng-benteng dengan selamat. Koji Kondo, sang kreator, butuh scoring yang tidak membosankan meskipun diputar berulang-ulang. Karena musiknya enak, logikanya orang akan kembali bermain dan bermain lagi. Dan benar saja, lagu scoring Super Mario Bros benar-benar menciptakan suasana hati yang menyenangkan sehingga setiap orang ingin bermain bahkan hingga sekarang.

Baca juga : Daftar Video Game yang Diadaptasi ke Layar Lebar di Tahun 2017

vx 14

Scoring game penting untuk memberikan suasana serta sensasi yang berbeda saat bermain game. Tentu saja, hal ini juga wajib didukung dengan perangkat yang mumpuni. Seperti perangkat Acer Aspire VX 15 yang telah dipasangi dua Built-in Stereo Speaker yang memberikan suara lega meskipun di luar ruangan sekalipun. Selain itu, performanya juga gahar karena adanya perpaduan teknologi Acer TrueHarmony dan Dolby® Audio Premium.

Nah, ke napa kamu perlu mengaktifkan Dolby® Audio Premium? Alasannya karena ketika kamu nge-game, scoring yang dihasilkan akan lebih total dan detail, apalagi ditambah suara percakapan dari tokoh-tokohnya semakin jelas.  Selanjutnya, bagaimana cara untuk setting audio di aplikasi Dolby® Audio Premium? Buka aplikasi Dolby® Audio Premium, kemudian pilih tab “Game” untuk mengaktifkan fitur Scoring Game. Selesai sudah! Selanjutnya kamu bisa menikmati scoring yang keren dan menegangkan!

Jadi, jangan heran kalau kamu bisa begitu terbawa suasana saat lagi main game. Berkat scoring ditambah perangkat Aspire VX 15, kegiatan gaming kamu bisa jadi lebih seru, kan?

Baca juga : Tampil Agresif dengan Laptop Gaming Acer Aspire VX 15

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved