5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Notebook Gaming

5 Hal Sebelum Membeli Notebook Gaming

Banyak orang mengklaim bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan Desktop PC daripada notebook. Asumsi tersebut tidak sepenuhnya salah, spAcer. Salah satu kelebihan yang dimiliki Desktop PC adalah kemudahan dalam meng-upgrade hardware komputer dan mampu dimainkan dalam waktu lama. Namun, saat ini kita sudah tak lagi hidup di era PC yang harus selalu berukuran besar.

Notebook kini lebih populer dibandingkan Desktop PC karena lebih praktis dan mobile. Tak hanya digunakan untuk mempermudah aktivitas pekerjaan, menonton film dan sebagainya, kamu mungkin juga menggunakannya untuk mendukung hobi bermain game di saat-saat senggang. Sayangnya, kebanyakan perangkat notebook gaming menuntut spesifikasi hardware yang cukup berat dan dibanderol dengan harga cukup mahal. Inilah yang membuatmu berpikir dua kali untuk membelinya.

Kini, memiliki notebook gaming tidak harus dengan harga mahal. Kamu hanya perlu memilihnya dengan bijaksana. Keputusan yang akan kamu ambil akan menjadi kunci dalam memilih serangkaian pilihan komponen. Jadi, mari kita bahas satu per satu.

  1. Jangan abaikan peran prosesor

Nggak mau kan mengalami lag atau tersendat-sendat saat bermain game? Oleh karena itu, kualitas prosesor merupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan pengalaman maksimal bermain game. Namun ingat, prosesor mana yang spAcer pilih tak hanya memberikan dampak pada performa notebook tetapi juga isi kantong kamu. So be wise!

Prosesor merupakan otak dari sebuah notebook. Jika prosesor terlampau lambat, otomatis kinerja notebook saat bermain game juga akan ikut-ikutan lemot. Belum lama ini, AMD sebagai salah satu produsen prosesor terbesar meluncurkan prosesor baru yang hemat energi namun memiliki performa yang tinggi. Seperti pada Acer Aspire E5-552G yang menjadi notebook gaming pertama di Indonesia yang didukung dengan prosesor AMD APU generasi ke-6. Kamu pun bisa mendapatkan pengalaman maksimal saat bermain game.

  1. Cek kartu grafisnya!

Game terbaru saat ini memiliki detil gambar yang tinggi dan kaya warna, serta banyak menampilkan efek 3D. Jika menginginkan pengalaman terbaik saat bermain game, pastikan notebook kamu didukung dengan kartu grafis (graphic card) yang tepat karena kartu grafis merupakan bagian terpenting dalam notebook gaming untuk mendukung kualitas gambar yang terbaik dalam game. Saat ini,  GPU yang populer digunakan untuk aktivitas gaming, adalah AMD dan NVIDIA.

  1. Kapasitas RAM yang memadai

Perhatikan berapa banyak RAM dalam notebook kamu, karena kebanyakan orang hanya ‘asal beli’ saja. Layaknya ember untuk menampung air, semakin besar kapasitasnya tentu akan lebih baik. Jika RAM pada notebook kamu memadai, maka notebook merespons aksi kamu saat bermain game dengan optimal. Oleh karena itu penting untuk menentukan kapasitas RAM yang cukup sesuai dengan game yang kamu mainkan saat memilih notebook gaming terbaik.

  1. Penyimpanan internal

Dalam sebuah notebook dibutuhkan perangkat penyimpanan utama. Ada dua jenis perangkat penyimpanan utama, yaitu hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD). Kedua penyimpanan internal ini dapat menyimpan semua data yang digunakan dalam komputer pada lokasi yang aman. Semakin besar hard disk suatu notebook, maka semakin banyak informasi atau data yang mampu disimpan. Dibandingkan HDD, SSD jauh lebih cepat, lebih ringan dan lebih efisien dalam hal konsumsi daya, serta meningkatkan performa gaming dengan konsekuensi harganya yang juga lebih tinggi. Namun bukan berarti notebook gaming harus selalu menggunakan SSD.

  1. Komponen lainnya
  • Kualitas layar dan audio

Tak ada patokan khusus untuk ukuran layar. Namun, ukuran layar yang lebih besar merupakan indikator kenyamanan dan kepuasan dalam bermain game, meskipun akan membuat bobot notebook itu lebih berat. Selain itu, layar full HD yang didukung dengan teknologi IPS (In-Plane Switching) adalah suatu hal yang harus kamu harapkan dalam sebuah notebook gaming. Agar pengalaman bermain game semakin maksimal, pastikan memilih notebook yang didukung dengan teknologi sound system terbaik untuk mendapatkan kualitas suara yang jernih.

  • Daya tahan baterai

Notebook gaming membutuhkan performa yang tinggi untuk menjalankan game-game ber-resolusi tinggi yang tentunya akan menguras baterai lebih cepat. Tentu saja kamu tak ingin ‘dirantai’ charger notebook setiap bermain game, kan? Oleh karena itu, pilihlah notebook yang memiliki kualitas baterai yang baik.

  • Desain

Kebanyakan notebook gaming didesain lebih garang dengan desain cover lebih unik daripada kebanyakan notebook biasa lainnya. Tak seperti kebanyakan notebook lainnya, Acer juga mementingkan estetika desain. Seperti pada Predator 15 dan 17.

  • Suhu

Kerja keras prosesor dan kartu grafis untuk menjalan game dapat menghasilkan suhu yang tinggi pada notebook. Lambat laun, suhu yang terlampau tinggi akan mengganggu performa notebook itu sendiri dan mengganggu kenyamanan kamu saat bermain game. Oleh karena itu, carilah notebook yang memiliki sistem pendingin yang baik agar dapat menjamin kondisi notebook kamu tetap optimal walaupun sedang memainkan game berat selama berjam-jam.

Untuk membantu menurunkan suhu saat sedang digunakan, notebook terbaru Acer Predator Series dilengkapi dengan Predator FrostCore yang berupa modul kipas tambahan kolaborasi dengan Cooler Master. Dengan kipas tambahan ini, sirkulasi udara menjadi tetap optimal .

Nah, kini sudah tahu kan produk mana yang ingin kamu beli? Berbagai rangkaian produk Acer Indonesia bisa menjadi pilihanmu, lho! Temukan notebook Acer yang dapat memenuhi kebutuhanmu di Acer Store, Acer e-Store dan toko-toko komputer di kotamu. Jangan lupa untuk follow @acerid dan like Facebook Fanpage Acer Indonesia untuk mendapatkan informasi, promo dan berita produk ter-update lainnya!

Beli online sekarang di :
button-bhinnekabutton lazadabutton blibli

Related Article

 

© 2017 Acer Indonesia. All rights reserved