Tips Membuat Video Stop Motion Levitasi

Video stop motion dibuat dengan menggabungkan banyak foto menjadi satu file video. Untuk membuat video stop motion yang gerakannya halus, buatlah seminim mungkin pergerakan dan gunakan sebanyak mungkin foto.

Nah kalau kamu suka berkreasi dengan gaya levitasi, kamu bisa membuat video stop motion gaya levitasi alias floating! Video stop motion levitasi dibuat dengan cara membuat banyak foto levitasi kemudian digabungkan dengan software editing video. Tips membuat videonya sebagai berikut:

  1. Pelajari teknik membuat foto levitasi dulu ya. Simak tips dan contoh foto-foto levitasi dari Komunitas Levitasi Hore di http://levitasihore.net/tips dan tanya-tanya mimin @levitasihore untuk tips levitasi lainnya.
  2. Buat alur cerita di video tersebut agar lebih menarik. Misalnya seperti contoh berikut, video levitasi sambil bermain basket bersama teman-teman. Beritahukan konsep video tersebut kepada teman-teman yang ikut di dalam proses produksi video agar mereka bisa berakting dengan baik.
  3. Tidak perlu membuat cerita yang terlalu panjang. Buatlah sesingkat tapi semenarik mungkin.
  4. Model levitasi harus melompat berpuluh-puluh kali, bahkan bisa ratusan. Pastikan si model sudah sarapan dan sediakan minuman karena butuh tenaga ekstra untuk membuat video stop motion levitasi.
  5. Gunakan tripod atau dudukan lain yang stabil agar hasil foto levitasi dan video stop motion tidak goyang-goyang.
  6. Memotret di tempat yang sepi dan tidak banyak orang agar mereka tidak ikut masuk ke dalam foto.
  7. Bila dilakukan di luar ruangan, lakukan satu adegan di satu lokasi dalam waktu yang berdekatan. Ini mencegah terjadinya perubahan cahaya matahari dari terang ke gelap atau sebaliknya.
  8. Jika memotret dengan kamera DSLR, pastikan di set ke Manual agar pencahayaan tidak berubah-ubah. Fokus Manual, settingan WB Manual, Diafragma/Speed/ISO Manual.
  9. Manfaatkan fitur Continuous Shot atau Burst Shot pada smartphone atau kamera digital kamu. Acer Liquid E2 punya fitur continuous shot hingga 99 frame dalam sekali klik.
  10. Potretlah sebanyak-banyaknya. Semakin banyak stock foto step-step pergerakan atau perubahan dari satu pose levitasi ke pose levitasi lain, akan semakin halus pula gerakan di video (tidak patah-patah). Idealnya, untuk adegan stop motion video dalam 1 detik membutuhkan minimal 10 frame foto levitasi. Jadi, kosongkan memori kamera kalian ya sebelum memotret.

 

video

Contoh Video Stop Motion dari Foto Levitasi

Mengedit foto levitasi menjadi video stop motion

Untuk edit videonya, kamu bisa menggunakan software seperti Windows Movie Maker, Final Cut, Sony Vegas atau Adobe Premiere. Ingin aplikasi edit video gratisan? Gunakan YouTube Editor. Kamu juga bisa search tutorialnya di YouTube misalnya dengan keyword “editing stop motion video”.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi di Android seperti Stop Motion Maker, Stop-Motion, ClayFrames dan Lapse It. Silakan googling untuk mengetahui cara menggunakan masing-masing aplikasi tersebut.

Sudah siap membuat video stop motion dengan gaya floating? Bikin sekarang juga dan ikutan Float It Video Competition untuk memenangkan Acer Liquid S1 dan uang tunai lima juta rupiah! Hanya sampai 21 Oktober 2013.

Saduran dari:
Tips Membuat Video Stop Motion Levitasi dari Komunitas Levitasi Hore

Related Article

 

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved