Kelas Micro SD yang Lebih Tinggi untuk Kecepatan yang Lebih Baik

spAcer pengguna smartphone dan tablet tentunya sudah akrab dengan benda bernama Micro SD. Di saat kapasitas memori internal smartphone dan tablet dirasa kurang memenuhi kebutuhan, spAcer dapat menambah kapasitas memori dengan menggunakan Micro SD. Dengan adanya Micro SD, kamu akan lebih leluasa menyimpan foto dan video hasil jepretan kamera, maupun aplikasi game kesayangan kamu.

Tahukah kamu bahwa, Micro SD memiliki bermacam-macam kapasitas dan juga ‘kelas’. Kelas inilah yang harus diperhatikan saat membeli Micro SD untuk smartphone Acer atau tablet Acer-mu.

LiquidS1-photo-gallery-01

Kelas Micro SD terbagi menjadi lima, yaitu Micro SD kelas 2, kelas 4, kelas 6, kelas 8, dan kelas 10. Besar kapasitas Micro SD menandakan seberapa banyak data yang mampu ditampung dalam satuan MB (megabyte). Sedangkan kelas Micro SD menandakan seberapa besar kecepatan menulis dan transfer data yang dimiliki Micro SD tersebut. Sebagai contoh, Micro SD kelas 2 memiliki kecepatan menulis atau transfer data sebesar 2MB/s, sedangkan Micro SD kelas 4 memiliki kecepatan sebesar 4MB/s.

Lalu apa pengaruh kecepatan menulis Micro SD pada smartphone atau tablet milikmu? Contoh sederhana, saat kamu memotret menggunakan smartphone dan tablet, kamu bisa jadi menunggu beberapa saat sebelum akhirnya gambar tersimpan. Saat hal ini terjadi, sebenarnya smartphone-mu sedang memproses gambar tersebut ke Micro SD. Semakin tinggi kelas Micro SD, semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan (penulisan dan loading) data dari Micro SD.

Jadi, jika kamu termasuk orang yang sering memotret atau transfer data di smartphone Acer atau tablet Acer Iconia milikmu, sebaiknya kamu memilih Micro SD dengan kelas yang lumayan tinggi untuk mendapatkan performa yang semakin optimal.

Related Article

5 Responses to Kelas Micro SD yang Lebih Tinggi untuk Kecepatan yang Lebih Baik

 

  1. Khalid Haris says:

    sebelum membeli gmn qt menentukan class yg tinggi, biasanya kn qt tidak mengetes micro SD trsbt saat qt membeli, apa ada tertera dikotak memory tsbt?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Khalid, informasi class yang diinginkan tertera pada fisik micro SD.

  2. yayas says:

    Cara tahu kelas di micro SD tsb.gimana min?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yayas, memory SDHC memiliki satu standar yang disebut Class. Sesuai kebutuhan, standar Class diartikan kecepatan minimum untuk penulisan data / Writing. Dibawah ini nilai minimum untuk kecepatan Writing dari SHDC sesuai standar class
      * Class 2 : 2MB/s atau kecepatan 13X
      * Class 4 : 4MB/s atau kecepatan 26X
      * Class 6 : 6MB/s atau kecepatan 30X
      * Class 8 : 8MB/s atau kecepatan 40X
      * Class 10 : 10MB/s atau kecepatan 66X
      Kamu bisa menggunakan software untuk mengukur kecepatan baca/tulis di sdcard yang kamu miliki dengan SD Tools untuk mengetahui termasuk kelas yang mana.

  3. Lintang says:

    Oh gitu,
    Jadi jangan melulu salahin hp kalo lambat membidik foto, bisa jadi memory card nya yang kurang cepat.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved