Acer Aspire E1-422 (QC): Notebook Quad-core Terjangkau dengan Desain Lebih Tipis dan Ringan

Beberapa waktu lalu, notebook quad-core diasosiasikan dengan performa tinggi, boros daya, harga cukup mahal, dan desain tebal/berat. Inovasi yang terus dikembangkan Acer kini memungkinkan pengguna memiliki notebook dengan performa tinggi (quad-core) tanpa mengorbankan segi efisiensi daya (baterai), ergonomi, dan tentu saja harga. Inilah hal-hal diinginkan oleh para konsumen.

Aspire E1-422

Notebook Acer Aspire E1-422 (QC) adalah solusi bagi spAcer yang menginginkan notebook quad-core dengan harga terjangkau, hemat daya, dan form factor yang sangat bersahabat untuk mereka dengan mobilitas tinggi. Penasaran seperti apa fitur dan performa Aspire E1-422 (QC)? Simak terus review berikut.

Performa AMD A6 (Kabini) Generasi Terbaru pada Acer Aspire E1-422 (QC)

Acer Aspire E1-422 (QC) menggunakan prosesor berbasis AMD APU A6-5200 (Kabini) generasi terbaru yang terintegrasi dengan GPU Radeon HD 8400 dan sudah cukup bertenaga untuk menjalankan berbagai game populer saat ini. Screenshot GPU-Z menunjukkan adanya empat buah inti (quad-core) prosesor dengan kecepatan 2GHz dan L2 Cache sebesar 2MB yang cukup menjanjikan terutama untuk aplikasi yang memanfaatkan fungsi multi core.

Aspire E1-422 (QC) menggunakan RAM DDR3 sebesar 2GB dan dapat di-upgrade hingga 8GB bila dibutuhkan. Notebook ini dilengkapi harddisk SATA berukuran 500 GB yang lebih dari cukup untuk menyimpan file pekerjaan, multimedia seperti lagu dan video maupun game favoritmu.

Selain Acer Aspire E1-422 (QC) dengan prosesor quad-core A6-5200, tersedia juga Aspire E1-422 (DC) dengan prosesor Intel E1-2500 dual-core yang lebih terjangkau. Namun pada artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh Aspire E1-422 (QC).

 

Dimensi Aspire E1: 30% Lebih Tipis & 15% Lebih Ringan! 

Jika biasanya kita melihat sebuah notebook dengan prosesor quad-core memiliki ketebalan dan juga bobot yang relatif berat jika dibandingkan notebook pada umumnya, hal tersebut tidak berlaku untuk Aspire E1-422 (QC) ini.

E1-422

Aspire E1-422 dalam Dua Pilihan Warna: Silky Silver dan Piano Black

Dengan layar LED berukuran 14” (1366×768) dan juga ODD sebuah DVD-Super Multi (double layer), Aspire E1-422 (QC) ini hanya memiliki ketebalan 25.3 mm saja atau sekitar 30% lebih tipis dibandingkan notebook lain. Bobotnya hanya 2,1 kg atau (sekitar 15% lebih ringan dibandingkan notebook konvensional) membuatnya nyaman dibawa beraktivitas ke manapun.

Aspire E1-422 (QC) menyediakan keyboard model chiclet yang luas dan nyaman saat digunakan untuk mengetik dalam waktu lama. Trackpad pada notebook ini juga sudah didesain optimal dan dapat mengenali input gesture untuk semua fungsi pada system operasi Windows 8.

 

Kelengkapan: Fitur Esensial yang Diperlukan dari Sebuah Notebook

 ACER_E1-422

Tampak Samping Aspire E1-422 (QC)

Meski tipis, Aspire E1-422 (QC) tetap dilengkapi dengan optical drive DVD Super Multi yang untuk kamu yang membutuhkan DVD baik untuk transfer data, backup files penting maupun menonton film. Jadi kamu tidak perlu lagi membawa DVD-RW external, karena fitur tersebut sudah terintegrasi pada Aspire E1-422 (QC).

Kelengkapan input/output Aspire E1-422 (QC) antara lain tiga buah port USB, yang satu diantaranya sudah menggunakan USB 3.0 dengan transfer data 10x lipat lebih kencang dibandingkan USB 2.0, dan terdapat juga sebuah card reader yang dapat membaca memori berbasis SD Card dan MMC.

Sering presentasi tugas sekolah ataupun pekerjaan kantor? Aspire E1-422 (QC) menyediakan port VGA/D-Sub yang umum digunakan pada proyektor yang ada di pasaran. Sedangkan untuk keperluan multimedia, Aspire E1-422 (QC) ini juga menyediakan sebuah port HDMI yang bisa digunakan untuk menghubungkan notebook dengan layar LCD/LED berukuran besar (misalnya televisi) untuk menonton film Full HD ataupun game-game favoritmu. Acer juga menyertakan sebuah Webcam HD untuk kamu yang suka berfoto atau video chatting.

Untuk konektivitas, Acer Aspire E1-422 (QC) menyertakan satu buah port LAN (RJ-45), dan sebuah wireless adapter Acer Nplify 802.11b/g/n untuk memudahkanmu berinternet lewat jaringan hotspot.

 

Kinerja Prosesor AMD A6-5200 (Kabini) 

Aspire E1-422 pc mark-cinebench

Hasil Uji Prosesor Aspire E1-422 (QC) dengan PCMark 7 dan Cinebench 11.5

Untuk sebuah notebook quad-core kelas entry level, performa yang ditawarkan Aspire E1-422 (QC) cukup memuaskan. Terutama saat menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat memanfaatkan kemampuan empat buah inti prosesor didalam notebook ini secara penuh misalnya game PES 2014, GRID2, dan COD: MW3. Seperti aplikasi Cinebench yang kami ujikan, notebook ini dapat menunjukkan kemampuan maksimalnya meninggalkan performa notebook yang masih menggunakan dual core. 

 

Kinerja Grafis AMD Radeon HD 8400 (APU)

3DMArk CG Acer Aspire E1 422

Hasil Uji AMD Radeon HD 8400 (APU) dengan 3DMark

Solusi APU yang ditawarkan AMD ini terbukti sangat efektif. Menggabungkan prosesor quad-core hemat daya (Kabini) dengan sebuah GPU Radeon HD 8400 yang bertenaga, menjadikan kombinasi keduanya sangat optimal, terutama untuk kebutuhan gaming kelas menengah.

Aspire E1-422

Pengujian Game GRID2 dengan Hasil Memuaskan

Game populer saat ini seperti PES 2014, GRID2, dan COD: MW3 dapat dijalankan dengan lancar dan frame rate yang cukup nyaman menggunakan resolusi native (1366×768) dengan konfigurasi detail menengah.

 

Daya Tahan Baterai Aspire E1-422 (QC)

Daya tahan baterai Asprie E1-422 (QC) dilakukan dengan menjalankan beberapa pengujian secara non stop. Baterai dengan kapasitas 2500 mAh ini dapat membuat notebook Acer Aspire E1 422 ini bertahan hidup selama 2 jam 46 menit untuk memutar movie 720P secara terus menerus pada settingan balance.  Untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari, Aspire E1-422 (QC) bisa digunakan lebih lama. 

 

Kesimpulan: Notebook Quad-core Untuk Semua!

Acer Aspire E1-422 (QC) merupakan pilihan paling tepat bagi Anda yang membutuhkan sebuah notebook quad-core kelas entry level dengan harga terjangkau. Prosesor AMD quad-core APU A6-5200 (Kabini) yang diusungnya ini juga sudah dilengkapi dengan sebuah GPU terintegrasi Radeon HD 8400 yang akan memanjakan para gamer untuk memainkan berbagai game favoritnya.

Acer Aspire E1-422 (QC) meski tergolong sebagai notebook konvensional, namun 30% lebih tipis dan bobot 15% lebih ringan dibandingkan notebook lain yang sekelas. Acer memberikan kualitas pendinginan yang lebih baik jika dibandingkan notebook tipis yang sangat terbatas dimensinya.

Lalu berapa harga untuk mendapatkan notebook quad-core dengan fitur yang sangat lengkap ini? Cukup dengan harga Rp. 4.749.000,- spAcer bisa memiliki Acer Aspire E1-422 (QC) yang dapat memenuhi segala kebutuhan, mulai dari kebutuhan paling dasar, hingga keperluan multimedia dan gaming kelas menengah sekalipun. Dengan fitur, performa dan harga yang ditawarkan, Aspire E1-422 (QC) sesuai untuk spAcer yang masih pelajar/mahasiswa hingga eksekutif muda.

Aspire E1-422 (QC) sudah tersedia di jaringan penjualan Acer di Indonesia. Untuk pembelia hingga 31 Oktober 2013, spAcer berhak mendapatkan Garansi Full selama 3 tahun, termasuk spareparts dan service (Syarat dan Ketentuan berlaku). Menarik bukan?

 

Image Gallery :

Related Article

642 Responses to Acer Aspire E1-422 (QC): Notebook Quad-core Terjangkau dengan Desain Lebih Tipis dan Ringan

 

  1. dika says:

    dok, saya habis instal ulang win 7. sebelumnya semua port usb berfungsi. tapi setelah instal ulang port usb yang sebelah kiri tidak berfungsi dan saya cek di device manager ada port yg blm terinstal. bisa minta info untuk download driver nya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dika, kamu bisa mendownload driver USB melalui tautan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

  2. yanto says:

    Dok, mau tanya cara aktifin enable VT Acer Aspire E1-421 prosesor amd gimana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yanto, secara default setting virtualization sudah ON/enable pada Notebook Acer.

  3. Ashari says:

    Dok, cara enable VT Aspire E1-422 Prosesor AMD gimana ya? di bios kok gak ada menu advanced biosnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ashari, secara default setting virtualization sudah ON pada semua notebook acer. sehingga tidak diperlukan lagi setting advance pada BIOS. Namun sebagai catatan, pada windows yang sudah dimodifikasi atau beberapa aplikasi yang terinstall dapat menyebabkan virtulization tidak aktif.

    2. Jepun says:

      Unlock bios nya dulu gan baru bisa di enble laptop saya jga gtu, vram nya jga saya tambah dari 512mb ke 1gb

      1. Dr. Acer says:

        Hai Jepun, terimakasih atas feedback positifnya. 🙂

      2. Rahmat Alfianto says:

        bagaimana caranya gan? unlock bios bawaan e1-422 versi Insyde Corp. V2.09, 11/19/2013

  4. Linda says:

    dok cara enable virtualization/amd v nya gmna ya dok, saya cari di bios kok gak ada?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Linda, bisa bantu infokan tipe unit Acer yang kamu gunakan?

  5. Andrie Rizky Ramdhani says:

    Ralat pertanyaan sebelomnya

    Dok, sebelomnya saya mau nambah ram menjadi 8gb. Setelah melihat komentar dibawah, saya bingung, berapakah slot ram pada laptop aspire e1 422 yang bisa di upgrade ke 8gb? dan tipe ramnya apa? Dan juga nanti setelah saya upgrade ram menjadi 8gb, apakah nanti performanaya terbaca oleh si laptopnya?

    Makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andrie, Ada ralat untuk slot memory yang terdapat pada Aspire E1-422 hanya ada 1 slot memory dan maksimal RAM sampai 4GB DDR3.

  6. Mohammad Yusuf says:

    Dok, Slot nya hanya ada 1, itu kan untuk Ram 2GB nya kan ? saya liat tidak ada slot lagi
    apakah bisa langsung di upgrade ke 8GB ?
    Aspire E1-422 AMD A6 QC

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yusuf, RAM Acer Aspire E1-422 dapat diupgrade maksimal hingga 6GB (2GB onboard+4GB 1 buah slot RAM yang tersedia)

      1. Mohammad Yusuf says:

        Slot Onboard ? Maksud ada 2 Slot yah Dok ?

        1. Dr. Acer says:

          Slot yang tersedia untuk upgrade RAM hanya 1 slot, karena yang 1 lagi onboard (menyatu dengan mainboard)

      2. berry says:

        Dokter nya ngaco onbord dari arab, tdi saya baru bongkar dan di situ ada tulisan dm1 dan dm2, tapi yg ada pungunci nya cuma di dm2 yg dm1 gak ada pengunci nya kenapa bisa gitu ya dok?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Berry, mohon maaf atas informasi sebelumnya. Ada ralat untuk slot memory yang terdapat pada Aspire E1-422 hanya ada 1 slot memory dan maksimal RAM sampai 4GB DDR3.

  7. Yuda Mubarok says:

    Dok, saya baru masang ram tp kok kebaca (usable) 2.96GB dari 8GB ya? kata penjualnya sih harus upgrade ke win 64bit apa ngaruh ya? dan juga slot acer sy cmn ada satu. mohon pencerahannya makasih dok..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Yuda, untuk penggunaan RAM diatas 3GB perlu menggunakan OS 64-bit agar kapasitas RAM terbaca seluruhnya. 🙂

      1. Yuda Mubarok says:

        Makasih dok :D.. semoga info ini bermanfaat bagi yg lainnya .

  8. Ronny Pasla Hasibuan says:

    Dr. Acer saya mau nanya, kami punya labtob Acer Aspire E1-422 setelah kami restat ditunggu-tunggu sampai 4 jam tetap tampilan layar hitam garis putih di sudut kanan layar berkedip-kedip saja. Kami gak tau gimana cara matikannya karna tampilan sudah seperti itu kami tekanpun F2 tetap. Kenapa seperti itu Dr. Acer apanya yang rusak ya mohon pencerahannya terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ronny, bisa diinfokan aktivitas apa yang kamu lakukan sebelum problem terjadi?

  9. huda says:

    Dok, laptop sy Acer Aspire E1-422. Jika sy ingin upgrade ram dengan menambah ram DDR3L 4GB PC12800 apakah akan menimbulkan efek samping pada laptop? Seperti ketidakstabilan dsb. Thanks…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Huda, kami sarankan kamu menggunakan RAM DDR3. Sebagai informasi, RAM Aspire E1-422 memiliki slot memori on-board 2GB dan ada 1 slot kosong yg bisa digunakan untuk upgrade hingga 4GB (sehingga total 6GB).

  10. Ali says:

    Dear Dr. Acer.

    Laptop saya Acer Aspire E1-422.

    saya upgrade ram menjadi 4gb, pada awalnya lancar, namun kemarin tiba-tiba laptop mati dan ketika dinyalakan layar tidak mau menyala, lalu saya ganti ramnya menjadi 2gb dan laptop kembali menyala,

    pertanyaan saya apakah ada yang salah dengan ram yang saya pasang? karna ram yang 4gb ini saya coba di laptop lain dan berjalan dengan normal.

    terimakasih atas informasinya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ali, sebelumnya pastikan kembali RAM yang digunakan pada unit sudah sesuai tipe RAM bawaan unit agar tidak terjadi kendala pada unit kamu.

  11. Irsan Tamrin says:

    Sejak pertama beli E1-422 (QC), port USB 3.0 tidak berfungsi. Sudah dicoba dgn bbrpa FD 3.0 tp tetap tdk brfungsi. Mohon bantuannya. Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irsan, sebelumnya pastikan kembali driver USB 3.0 sudah terinstal pada unit dan sesuai dengan OS yang kamu gunakan.

      1. Irsan Tamrin says:

        Semua sdh terinstal dg baik di windows 8. Mungkin masalahnya di BIOS karena tidak ada pengaturan utk USB 3.0

        1. Dr. Acer says:

          Dear Irsan, sebelumnya bisa diinformasikan apakah kendala tersebut sudah terjadi sejak awal pembelian?

          1. Irsan Tamrin says:

            Betul. Sejak beli dari baru tahun lalu dok.

          2. Dr. Acer says:

            Untuk laptop dengan prosesor AMD mengaktifkan fitur USB 3.0 cukup dengan menginstall aplikasi AMD Catalyst.

  12. antung mukhlisin says:

    dok mau tanya ini laptop saya Acer Aspire E1-422 (QC) layar LCD nya selalu bergaris, padahal sudah sekali ganti LCD baru dua bulan sudah bergaris lagi ditengahnya. Ada solusinya kira-kira dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Antung, kamu bisa mencoba melakukan install ulang driver VGA terlebih dahulu dan pastikan driver sesuai dengan OS yang digunakan. Jika masalah masih terjadi kami sarankan membawa unit ke Acer Service Center terdekat untuk pengecekan fisik secara langsung. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. 🙂

  13. Andhi says:

    Dok saya mau tanya laptop ini ada Windows bawaannya gak makasih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Andhi, tipe laptop yang kamu tanyakan saat ini sudah tidak tersedia/dipasarkan oleh Acer Indonesia. Kamu bisa pertimbangkan tipe Aspire ES1-420 dengan harga 3,849,000, spesifikasinya adalah:
      AMD E-Series Dual Core processor E1-2500 (1.4 GHz)
      Windows 10 Home
      14″ HD 1366 x 768 resolution Acer CineCrystalTM LED-backlit TFT LCD
      2GB DDR3
      500GB
      AMD RadeonTM HD 8240 Graphics with 512 MB of Graphics System Memory
      “• Bluetooth® 4.0
      • Bluetooth® 2.1+EDR”
      HDMI® port with HDCP support
      DVD-Super Multi double-layer
      Acer InviLinkTM NplifyTM 802.11b/g/n wireless LAN
      “Video conferencing
      Acer webcam with:
      • 640 x 480 resolution”
      SD™ Card reader
      “High-definition audio support
      Two built-in stereo speakers
      Built-in microphone”

  14. Budi Sanjaya says:

    Dear Dr.Acer
    Laptop saya Acer E1-422, apabila mau upgrade RAMmenambah 4 GB DDR3 apakah ada seri khusus RAM nya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Budi, Aspire E1-422 bisa menggunakan tipe RAM DDR3 PC-10600/PC-12800.

      1. Budi Sanjaya says:

        Saya sudah coba ganti atas recomendasi utk menambah 4gb. Setelah dibongkar slotnya cuma ada satu yg isinya Ram 2Gb.
        1. Apakah ram 2 GB itu yg katanya onboard ato bukan?
        2. Tidak ada slot lain selain slot yg sdh ada ram 2gb tersebut.
        3. Yg mn slotnya?
        4. Yg 2gb dicoba ganti ke 4gb tidak terbaca.
        Mohon arahan

  15. M.ichbal says:

    Dokter, mau tanya, laptop saya aspire E1-422, di laptop ini tersedia berapa slot ya? dan tipe ram apa yg cocok utk upgrade ram laptop saya? terimakasih dok

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ichbal, sebagai informasi Acer Aspire E1-422 hanya dibekali dengan 1 slot RAM yang dapat diupgrade maksimal menjadi 4GB menggunakan tipe DDR3 PC-10600/PC-12800, namun Acer Aspire E1-422 ini sudah dibekali RAM onboard sebesar 2GB sehingga jika ditotal menjadi 6GB.

  16. Eka says:

    Dok, laptop saya Acer Aspire E1-422 QuadCore.
    Yang ingin saya tanyakan adalah berapa slot ram yg ada di tipe QuadCore ?
    Juga maksimal ram yg bisa digunakan pada tipe QuadCore ini berapa?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Eka, Aspire E1-422 memiliki slot memori on-board 2GB dan ada 1 slot kosong yg bisa digunakan untuk upgrade hingga 4GB (sehingga total 6GB).

  17. Sigit says:

    Dok, laptop saya sudah di tambah Ram 2 gb lagi di slot satunya, tapi kok Fitur DUAL CHANNEL nya gak jalan ya, terbaca single channel,
    Padahal Ram yg di pake cabutan dari Acer E5 411 (DDR3L juga)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sigit, slot RAM yang terdapat pada Aspire E1-422 hanya ada 1 slot memory. (maks. 4GB).

  18. Marthin says:

    Dok, kan bawaan 2gb,kalo saya mau upgrade ram menjadi ddr3 4gb apakah seri dan merkny harus sma dengan bawaan ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Marthin, bisa bantu infokan tipe unit Acer yang kamu gunakan? Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, pastikan kamu menggunakan RAM dengan tipe yang serupa.

  19. Esa says:

    dok, laptop saya acer aspire E1-422 qc. Untuk slot RAM dari Acer E1-422 qc itu ada berapa slot ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Esa, Aspire E1-422 memiliki 1 buah slot memory/RAM (maksimal RAM hingga 4GB DDR3).

      1. Esa says:

        tetapi setelah membaca artikel diatas
        “Aspire E1-422 (QC) menggunakan RAM DDR3 sebesar 2GB dan dapat di-upgrade hingga 8GB bila dibutuhkan”,
        berarti apakah ram laptop saya bisa di upgrade sampai 8GB?

        1. Dr. Acer says:

          Dear Esa, Aspire E1-422 memiliki slot memori on-board 2GB dan ada 1 slot kosong yang bisa digunakan untuk upgrade hingga 4GB (sehingga total 6GB).

  20. adiw says:

    dok laptop acer aspire E1-422 saya layar nya mati tetapi kipas dan lampu indikatornya nyala itu kenapa ya dok?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Adiw, bisa diinformasikan kegiatan terakhir kamu dengan unit sebelum kendala tersebut terjadi, dan apakah bila melakukan restart maka unit bisa kembali normal?

      1. adiw says:

        terakhir laptop saya dalam keadaan digunakan main game kemudian layar ditutup secara tidak sengaja dan agak keras..
        kemudian saat dinyalakan kembali layar malah tidak nyala tetapi mesin nyala direstart pun sama saja

        1. Dr. Acer says:

          Dear Adiw, kamu bisa coba tekan lubang kecil yang berada di bagian bawah laptop menggunakan paperclip atau benda kecil lainnya selama beberapa detik.

          1. adiw says:

            lubang kecil tersebut berada di sebelah mana ya dok

          2. Dr. Acer says:

            Dear Adiw, mohon maaf atas kesalahan informasi sebelumnya (tidak terdapat lubang pin. Untuk tipe Aspire E1-422 (baterai dapat dilepas) cara power resetnya adalah sebagai berikut:
            1.Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan lepas charger dari laptop kamu.
            2. Tekan dan tahan tombol power pada laptop kamu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
            3. Sambungkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop di tempatnya.
            4. Setelah semuanya terpasang, coba hidupkan lagi laptop kamu.
            Jika tetap tidak bisa dihidupkan kami sarankan membawa laptop kamu ke ACSC terdekat untuk diperiksa oleh teknisi Acer.

          3. adiw says:

            tetap tidak bisa dok, tapi pas laptop saya sambungkan ke monitor dengan hdmi gambar nya muncul kemudian ada pilihan launch repair dan start window normaly.. lalu saya pilih launch repair tetapi proses repair nya tidak selesai2

          4. Dr. Acer says:

            Dear Adiw, apakah bisa masuk BIOS dengan menekan F2? Jika bisa disarankan melakukan install ulang OS terlebih dahulu.

          5. adiw says:

            sistem berjalan normal dok, hanya layar nya saja yg mati..
            ohiya service centre acer daerah jaksel dimana ya dok?

          6. Dr. Acer says:

            Dear Adew, apakah kamu sudah mencoba untuk melakukan instal ulang OS unit ? sebagai informasi untuk wilayah Jakarta Selatan kamu bisa mengunjungi Acer Service Center Fatmawati yang beralamatkan di ITC Fatmawati, Ruko ITC Fatmawati Unit 7 Jl. RS. Fatmawati No. 39.

          7. adiw says:

            belum saya coba dok..
            tapi apakah cara itu dapat berhasil?

          8. Dr. Acer says:

            dear Adiw, kamu bisa mencoba melakukan hal tersebut terlebih dahulu sebagai langkah penanganan pertama.

  21. Delvi says:

    Dok, Laptop Saya acer e1-422 DC. bisa upgrade ramnya manual ga? kalau mau ganti ram apa harus dibongkar semua bagian bawahnya? soalnya ga ada tempatt untuk buka ram aja

    1. Dr. Acer says:

      Dear Delvi, tidak disarankan melakukan upgrade RAM tanpa bantuan tenaga ahli. Benar, perlu dilakukan pembongkaran terlebih dahulu untuk upgrade RAM.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved