Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Aug 05 2011

on How To, Tech News

1,765 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

  1. dok laptop saya Acer Aspire V3-471G , spesifikasi nya :
    1. 700 HDD
    2. 4 GB RAM
    3. Nvidia Geforce GT 630M (2GB VRAM)
    4. Core i5 3210M 2.50GHz

    yg mau sya tanya.. bisakah upgrade RAM yg telah tersedia 4 GB (1 RAM) lalu ditambah 2 GB lagi dok.??

    By MetrizaL Reply
    • Dear Metrizal, kamu bisa upgrade/tambah kapasitas RAM sebesar 2GB pada slot RAM yang masih kosong sehingga total menjadi 6GB. Perlu kami informasikan bahwa maksimal RAM pada Aspire V3-471G adalah 8GB menggunakan kedua buah slot yang tersedia, masing-masing slot bisa terisi dengan kapasitas RAM 4GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  2. dok, saya mau tanya. laptop saya travelmate 2480, saya mau ganti HDD dan Memory nya. mungkin ada saran dr dokter bwt laptop saya?

    By Febrian R. A Reply
    • Dear Febrian, maksimal RAM untuk tipe TravelMate 2480 adalah sebesar 2GB DDR2 (masing-masing slot 1GB). Kapasitas HDD bisa kamu upgrade menjadi 320GB. Disarankan untuk upgrade (pembelian dan pemasangannya) dilakukan dengan bantuan teknisi kami di Acer service center, lokasinya bisa kamu temukan pada bagian bawah blog ini. Acer Service Center> Locations: (pilih nama kota terdekat)

      By Dr. Acer Reply
  3. DOk , Saya Punya laptop Acer E1-471 ,,
    Berapa maximum untuk Upgrade Ram buat Laptop Saya ..
    Dan Apakah bisa Di kombinasi Memakai 2GB Dan 4GB Kan Menjadi 6GB ,,
    makasih ^_^

    By Gilang Reply
    • Dear Gilang, RAM Aspire E1-471 dapat diupgrade hingga 8GB. Kamu bisa saja mengupgrade RAM dengan kapasitsa yang berbeda selama tipe RAM yan digunakan sama/sesuai. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. Doc, laptopku Aspire 3680, ram 512MB DDR2, bisa di upgradekah?

    By hakim Reply
    • Dear Hakim, kapasitas RAM Aspire 3680 dapat diupgrade maksimal 2GB RAM.

      By Dr. Acer Reply
  5. Dok, apa merek memory RAM DDR3 4GB yang baik pada saat ini untuk noteboook AO725

    By Bjm Mend Reply
    • Dear Bjm, mohon maaf kami tidak merekomendasikan merk tertentu, namun disarankan membeli sekaligus dibantu pemasangannya oleh petugas di Acer service center. Daftar lokasinya bisa ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  6. makasih dok acer.. entar saya coba lagi seperti yang dokter anjurkan..

    By rizal Reply
  7. Dok, saya punya notebook acer AO 725, Memory Ram 2GB, jika saya upgrade menjadi 4GB, apakah bisa dok..?

    Hai, AO725 bisa diupgrade RAM nya hingga 4GB (1 slot).

    By Bjm Mend Reply
  8. maaf dokter..ganggu. nma saya rizal. ni daftr kapasitas laptop saya.. core2duo. 80 gb hdd 5400rpm. 512mb ddr. tapi saya punya masalah nie.. nie laptop acer 5540 ada bluetooth nya, tapi saya udah coba dan dia gak fungsi kenapa ya,,,,,?? nie laptop dulu saya ksih windows7. tapi berat kayak nya,, apa2 lama, trus saya gnti windows xp..bru enak dia, tapi saya mau pakai windows7 gimana tu dok solusi nya,,,,,,,,,,,???? trus blototh saya knapa ya….?

    By rizal Reply
    • Dear Rizal, bisa diinfokan apakah kamu sudah menginstall driver bluetooth yang sesuai dengan OS yang digunakan pada laptop? Selain itu apakah kamu sudah mengistall aplikasi LaunchManager untuk mengaktifkan tombol Fn pada keyboard? Sebagai informasi, untuk mengaktifkan fitur bluetooth kamu tinggal menekan tombol Fn+F3. Dukungan driver bluetooth dan aplikasi LaunchManger untuk Aspire 5540 bisa kamu download di website Acer http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
  9. caranya mengoptimalkan ram agar ter-usable semua gmna ???

    By Nama Lengkap Reply
    • Hai, untuk mengoptimalkan kinerja RAM bisa menghapus sebagian program yang tidak terpakai di laptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dear Dr,Acer
    Saya punya laptop acer e1-451g
    Processor ; AMD Quadqore processor A8-4500
    VGA ; AMD Radeon HD 8750, 2GB VRAM
    mau upgrade ke
    processor ; AMD Vishera [FX-8350]
    VGA ; MSI AMD Radeon R9-280X
    kalo mau up-grade processor dan VGA di Acer service center bisa ?
    alamat acer service center yang terdekat dari pamulang,tangerang selatan dimana ya ?
    terima kasih atas bantuannya

    By Bangkit Nurcahyo Reply
    • Dear Bangkit, Processor dan VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  11. permisi Dr.. saya mau tanya laptop acer v5-431 setiap di nyalakan keluar pres 2 kemudian setelah di tekan minta pasword bios..kemudian muncul pasword di bawahnya tp di masukkan 3 kali gak bisa dan endingnya invalid.. solusinya gmana Dr. ?

    By heru Reply
    • Dear Heru, defaultnya Acer tidak ada password BIOS, kamu bisa coba konfirmasi ke pihak yang menginstall system OS pertama kali. Namun, kamu juga bisa minta bantuan teknisi di Acer service center untuk direset dahulu password BIOS tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  12. Dok laptop saya acer aspire 4736Z, pengen upgrade RAM dan HDD, untuk kapasitas maksimal RAM dan HDD yang bisa dipakai berapa GB Dok?, dan merek RAM dan HDD yang direkomendasikan kira-kira apa dok?

    By Roma Reply
    • Dear Roma, RAM Aspire 4736Z dapat diupgrade hingga 4GB. Kamu juga dapat menggunakan kapasitas HDD hingga 500GB. :)

      By Dr. Acer Reply
      • Untuk HDD apa memang tidak bisa diganti sampai 1 TB?
        Dan kira acer 4736Z compatible dengan OS windows 8.1 enterprise atau tidak?

        By Roma Reply
        • Dear Roma, AS4736Z Support untuk HDD hingga 500GB. Bisa saja jika ingin menginstall OS Windows 8.1, tetapi performanya mungkin akan terasa kurang.

          By Dr. Acer Reply
    • untuk RAM DDR2 bisakah diganti dengan DDR3? atau dari DDR2 seri PC 5300 bisakah diganti DDR2 seri PC 6400?

      By Roma Reply
      • Dear Roma, slot RAM DDR2 tidak dapat menggunakan RAM DDR3. Namun kamu bisa menggunakan DDR2 PC-6400 pada slot RAM DDR2. :)

        By Dr. Acer Reply
    • Oh iya dok, untuk HDD dari 5400 RPM bisakah diganti dengan HDD 7200 RPM?
      terima kasih dok.

      By Roma Reply
      • Dear Roma, kamu bisa melakukan upgrade pada HDD.

        By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.