Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Related Article

2,288 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

 

  1. fikri says:

    PERMISI OM, saya punya laptop acer e1-422, kalo mau upgrade ram, sampai berapa ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Fikri, Aspire E1-422 memiliki 1 slot RAM (maks. 4GB).

  2. Elrik says:

    Laptop saya acer aspire 4752G, bisa ditambah ram sampai brp?, dan ada brp slot? Dan jenis ram nya?.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Elrik, RAM Aspire 4752G dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan dua buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade maksimal menjadi 4GB (4GBx2) dengan tipe RAM DDR3 PC-10600. :)

  3. EzraVen says:

    Bagaimana caranya menginstall ulang OS ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ezraven, instalasi OS bisa dilakukan dengan memasukkan CD/DVD installer OS kedalam DVD ROM, lalu lakukan booting melalui DVD ROM tersebut. :)

  4. Nia says:

    Laptop saya acer aspire 4738Z itu bisa ditambah ramnya ? Klo bisa kira” sampai berapa GB? Tempat RAM di seri itu ada berapa ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nia, RAM Aspire 4738Z dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM (4GBx2) DDR3 1066 MHz. :)

  5. Desi says:

    laptop saya Acer Aspire E1-432 kalo sudah masukin CD ke CD Drivenya suka lama ngebaca CD nya. apakah harus di instal ulang laptop nya???

    1. Dr. Acer says:

      Dear Desi, untuk problem tersebut kamu bisa pertimbangkan untuk menginstall ulang OS. :)

  6. surya dwiyono says:

    kalau untuk acer aspire 4750 core i3 bisa di tambah gak ramnya? support sampai berapa gb?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Surya, RAM pada Aspire 4750 bisa diupgrade hingga 8GB. :)

  7. glewo firnanda says:

    saya punya Acer Aspire e1-422 Amd dual core saat saya cek virtualization itu suport tapi setelah saya buka bios ternyata tidak ada. bagai mana cara mengatasinya.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Glewo, secara default setting virtualization sudah ON pada Aspire E1-422. sehingga tidak diperlukan lagi setting advance pada BIOS.

  8. nada says:

    min saya ada acer aspire 4740 i3 mungkin dah lama dimiliki tapi pengen lancar jaya lagi apa harus diganti ram apa gmn supaya bisa lancarjaya seperti baru dimiliki

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nada, untuk mengembalikan performa unit dengan melakukan instal ulang OS, namun bila ingin meningkatkan performa unit kamu hingga lebih cepat dari sebelumnya kamu bisa melakukan upgrade RAM :)

  9. rahmat says:

    apakah bisa acer v5-471G di overclocking?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Rahmat, kami tidak merekomendasikan overclocking karena memiliki resiko kerusakan permanen pada komponen apabila dilakukan dengan tidak tepat.

  10. kalau untuk acer aspire 4752 core i3 bisa di tambah gak ramnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Febri, AS4752 support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB :)

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved