Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Related Article

2,507 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

 

  1. pandu says:

    kalo laptop acer aspire 4741 bisa pake ssd ga ?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Pandu, Aspire 4741 mendukung penggunaan SSD, namun penggantian SSD tersebut tidak dilayani oleh Acer Service Center.

  2. kahar abdoel says:

    hi muster, mau nanyak laptop acer 4738z P6200 ap bs di upgrade pocessor intel core i5, maksih

    1. Dr. Acer says:

      Dear Kahar, Processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti.

  3. Hansel alana says:

    Mau tanya laptop acer aspire e1 431 prosesornya bisa diupgrade ke core i3 atau i5 ivy bridge ngga

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hansel, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade. Namun kamu bisa upgrade RAM dan HDD untuk laptopmu. 🙂

  4. Exo says:

    Gimana cara buka case RAM laptop aspire E5-472G?
    Trims

    1. Dr. Acer says:

      Dear Exo, untuk pembongkaran laptop kami sarankan dilakukan di Acer Service Center agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan dan agar garansi tetap terjaga. 🙂

  5. nanda satria says:

    mohon saran nya , saya menggunakan laptop acer aspire 4750 denganprocessor core i3, nah yg saya mau tanyakan ,kenapa kalo saya pake adobe photoshop dan game pess 2013 kok laptop saya ga kuat atau ng lag..
    mohon saran nya Dr.acer
    terimakasih sebelumnya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nanda, pastikan dahulu apakah sudah terpenuhi kesesuaian antara minimal requirement aplikasi tersebut dengan spesifikasi laptop yang kamu gunakan.

  6. abdur rouf says:

    Sok bagaimana cara mengaktifkan fitur turbo boost Acer aspire v5 471g untuk pes 2016

    1. Dr. Acer says:

      Hai Abdur, fitur turbo boost aktif secara otomatis sesuai dengan kondisi atau pada saat Notebook menjalankan aktivitas yang mengharuskan menggunakan processor melebihi kemampuan standarnya.

© 2016 Acer Indonesia. All rights reserved