Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Aug 05 2011

on How To, Tech News

1,911 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

  1. Dok saya mau tanya, laptop saya acer aspire 4755G, core i5-2430M 2.4Ghz, nividia ge force gt 540M, 14.00″, 2GB HD ddr3 memory, 640gb hdd. Ramnya bisa diupgrade sampe brapa giga ya dok? 8giga bisa atau tidak?

    By herlin Reply
    • Dear Herlin, RAM Aspire 4755G dapat diupgrade maksimal 8GB menggunakan kedua slot RAM yang tersedia. Masing-masing slot terisi maksimal 4GB DDR3 (2x4GB).

      By Dr. Acer Reply
  2. DOK, SAYA PUNYA LAPTOP E1-470 .. SAYA INGIN TAMBAH RAM DAN INGIN MEMBUAT VGA NVIDIA AGAR LEBIH CEPAT DALAM BERMAAIN GAME.
    KARNA SAYA SANGAT HOBBY BERMAIN GAME. KIRA” ITU BIAYANYA DAN DIMANA LETAKNYA SERVICE RESMI ACER. TRIMS

    By LIONIS Reply
    • Dear Lionis, untuk informasi harga dan ketersediaan sparepart kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155.

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok, saya mau tanya, maksud dari kalimat ini apa ya dok = Hardware acceleration is either disabled or not supported by your video card driver, which could slow game performance. Make sure you have the latest video card driver installed and that hardware acceleration is turned on. Mohon bantuannya ya dok? trus solusinya gimana? mksih.

    By ndie Reply
    • Dear Ndie, hal tersebut bisa terjadi karena driver VGA belum terinstall pada laptop kamu, atau aplikasi yang dijalankan memerlukan spesifikasi hardware yang lebih tinggi dari perangkat yang saat ini kamu gunakan

      By Dr. Acer Reply
  4. dear dr. acer.. apakah processor laptop Acer 4755 saya bisa di upgrade ke core i5/i7?

    By Ervian Reply
    • Dear Ervian, prosesor pada laptop tidak bisa diupgrade atau dimodifikasi. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD-nya untuk mengoptimalkan performa laptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dok acer aspire 4739 VGA intel graphic apakah bisa diganti ke NVIDIA ato AMD ? need saran, RAM udah ok 4GB tapi Graphic masih down dok !
    Thanks

    By Ardhie Reply
    • Dear Ardhie, VGA pada laptop tidak dapat diganti atau dimodifikasi. Untuk mendukung kinerja VGA, pastikan kamu sudah menginstall driver VGA yang kompatibel dengan versi OS yang digunakan. Dukungan driver bisa kamu download melalui link berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers/

      By Dr. Acer Reply
  6. sir laptop saya sringkali off sendiri ketika saya guna sekita 2-4jam…kipasnya uda d cek tp,gakda masalah..sering overhead..bisa gak d jelaskan d mana kerosakkan nya..aspire 4738G

    By hamri Reply
    • Dear Hamri, salah satu penyebab terjadinya panas berlebih/overheat pada notebook biasanya karena kinerja sistem pendingin yang kurang baik atau tidak lagi maksimal. Debu bisa menjadi penyebab sistem pendingin pada notebook bermasalah, misalnya menjadi kotor karena debu yang tersedot. Bahkan, terkadang ada benda-benda aneh atau malah binatang-binatang kecil yang masuk ke dalam sistem pendingin notebook hingga kinerjanya menurun. Kami sarankan untuk dilakukan service berkala di Acer service center terdekat di kotamu.

      By Dr. Acer Reply
  7. Boleh tahu berapa slot ram untuk acer aspire seri v touchscreen spek amd win8 bawaan laptop (maaf lupa seri nya)

    By yuda Reply
    • Dear Yuda, untuk RAM V5 series dengan layar 14″ dapat diupgrade hingga maksimal 8GB dengan menggunakan kedua buah slot yang tersedia (2slot x 4GB).

      By Dr. Acer Reply
  8. sir kalo aspire 4738G bisa gak saya pake windows8 64bit?

    By hamri Reply
    • Dear Hamri, Acer tidak menyediakan driver Aspire 4738G untuk OS Windows 8 64-bit. Acer merekomendasikan OS Windows 7 32-bit/64-bit.

      By Dr. Acer Reply
  9. Dear Dr. Acer, saya menggunakan Acer Aspire V3-417G tp yg ramnya hanya 2gb, saya ingin upgrade menjadi setidaknya 4gb atau lebih apakah bisa?

    By Lulu Maknuun Reply
    • Dear Lulu, RAM pada Aspire V3-471G dapat diupgrade menjadi 4GB hingga maksimal 8GB (2slot x 4GB) DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  10. sir laptop sya aspire 4738G memory asal 4GB…sya nak format tp tak tahu nak guna 32bit atau yg 64bit..?yg mana satu

    By hamri Reply
    • Dear Hamri, jika yang kamu hendak mengisntall ulang OS kami sarankan untuk menggunakan OS dengan sistem 64-bit agar kinerja RAM nya maksimal. :)

      By Dr. Acer Reply
  11. dokter, laptop saya acer aspire 4739, RAM DDR3 2 GB. kalo RAM nya saya upgrade jadi 4 GB kira-kira VGA nya nanti tambah berapa ya?
    vga awal 128 mb

    By Dedy A Reply
    • Dear Dedy, dengan upgrade kapasitas RAM maka memory VGA akan bertambah secara otomatis diatur oleh system Windows.

      By Dr. Acer Reply
  12. dok, mau nanya ane punya acer aspire 4530 , apakah acer itu cukup suportkah untuk bermain game berat ? dan jika ingin tidak ngelag apa yang harus di lakukan untuk laptop saya ini? trims

    By Andy Setiawan Reply
    • Dear Andy, setiap unit/produk memiliki batasan tertentu sesuai spesifikasi hardware pendukungnya. Kamu bisa coba jalankan aplikasi di http://www.systemrequirementslab.com/cyri untuk mengetahui game apa saja yang kompatibel.

      By Dr. Acer Reply
  13. Dok Laptop Saya Acer Aspire 4349 kalau nambah ram bisa gak? merk/tipe apa yang dipakai untuk nambah ramnya?

    By ichsan Reply
    • Dear Ichsan, AS4349 support untuk digunakan dengan RAM hingga 8GB. Kamu bisa gunakan RAM dari vendor yang sesuai dengan preferensi kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  14. Dokter, Saya punya acer aspire one 722 RAM 2GB, Kira-kira kalo upgrade RAM supportnya sampai berapa yah? ada berapa slot didalamnya? Makasih

    By Ardhy Reply
    • Dear Ardhy, slot RAM yang tersedia untuk Aspire One 722 hanya satu dan dapat diupgrade hingga 4GB menggunakan DDR3 1333MHz.

      By Dr. Acer Reply
  15. Dok Harddisk di laptop(C,D) ya ? Itu bisa di tambah atau tidak? atau bagaimana ?

    By muhammad rizal Reply
    • Dear Rizal, kamu bisa menambah drive pada hardisk dengan melakukan partisi ketika instalasi OS atau melalui aplikasi partisi hardisk. :)

      By Dr. Acer Reply
  16. dok saya mo nanya ram pada acer 4740-331g32 ram 1gb bisa di upgrade maksimal berapa

    By muhammad rasidi Reply
    • Dear Muhammad, kamu bisa mengupgrade RAM pada Aspire 4740 hingga 8GB menggunakan keping SODIMM RAM DDR3 (2 slot x 4GB).

      By Dr. Acer Reply
  17. Halo Dok.
    Laptop saya Acer Aspire 4752
    Yang mau saya tanyakan apakah bisa Grafiknya di ganti ke Nvidia GeForce dan VGA-nya di tambah
    Karena suka main game N laptopnya kurang mendukung.
    Tolong bantuan solusinya dok
    Saya harus bagaimana agar bisa main game yang menguras banyak VGA…?

    By Edy Kurniawan Reply
    • Dear Edy, VGA pada laptop tidak dapat diupgrade atau dimodifikasi. Untuk meningkatkan performanya kamu bisa pertimbangkan untuk mengupgrade kapasitas HDD dan RAM nya. :)

      By Dr. Acer Reply
  18. dok, mau nanya klu mau nambah RAM aspire E1-472G apa yang harus di perhatikan agar baik dan optimal kinerjannya.?

    By fadly Reply
    • Dear Fadly, pastikan kamu menggunakan RAM dengan tipe yang serupa dengan RAM originalnya. Sebagai informasi, Acer Aspire E1-472G menggunakan RAM dengan tipe DDR3 PC-12800.
      Apabila kamu ingin mempertimbangkan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info harga dan ketersediaan RAM Aspire E1-472G atau kamu bisa datang langsung ke Acer service center terdekat yang lokasinya bisa kamu temukan di blog Acer http://www.acerid.com

      By Dr. Acer Reply
  19. dokter, laptop sata E1-471 dengan memori asli 2 Gb pc10600. Kalau saya tambahkan dengan RAM 4 GB dengan pc12800 apakah akan bermasalah ya dok? Terima Kasih :)

    By Muhammad Faishal Reply
    • Dear Faishal, kombinasi RAM seperti itu tidak disarankan karena dapat mengganggu kinerja RAM nya. Kami sarankan kamu menggunakan tipe RAM yang sesuai pada kedua slot RAM. :)

      By Dr. Acer Reply
  20. dok laptop bisa di tambah prosesor nya gak

    By duwi Reply
    • Dear Duwi, processor laptop Acer tidak dapat diupgrade/dimodifikasi.

      By Dr. Acer Reply
  21. dok saya punya acer e1-431 memory ada 2 gb klau di uprade berapa gb????
    dan memory yang ada alam tu ddr 3 pc berapa dok ?
    mkasi jawabannya :)

    By nora puspa dewi Reply
    • Dear Nora, RAM Acer Aspire E1-431 dapat diupgrade maksimal menjadi 8GB dengan dukungan 2 buah slot RAM yang masing-masing slot dapat diupgrade menjadi 4GB (4GBx2) dengan tipe RAM DDR3 PC-10600

      By Dr. Acer Reply
  22. dok mau tanya laptop saya kan acer 4750 dan di driver laptopnya terdapat driver vga nvidia, tetapi waktu saya instal knp tidak mau ya?

    By Markus Reply
    • Dear Markus, Aspire 4750 tidak dapat menggunakan driver VGA Nvidia. Kamu bisa menginstall driver VGA Intel untuk Aspire 4750. :)

      By Dr. Acer Reply
  23. Dr.acer laptop saya aspire E1 471 ramnya 2 gb ,bila bermain game berat vram saya tdak mencukupinya,pertanyaan saya apa bila saya meng upgrade ram dari 2gb ke 4gb apakah vram saya otomatis ikut terdongkrak naik dok?

    By ridwan Reply
    • Dear Ridwan, benar sekali dengan melaukan upgrade RAM otomatis VRAM akan bertambah, namun besarnya memory RAM yang di alokasikan ke VRAM tidak bisa diatur manual.

      By Dr. Acer Reply
  24. Dokter, Saya punya acer aspire 4752G RAM 2GB, Kira-kira kalo upgrade RAM supportnya sampai berapa yah? ada berapa slot didalamnya? terus RAM yang digunakan PC berapa? Thanks dok.

    By Muhammad Galang Abdullah galang Reply
    • Dear Muhammad, 4752G support upgrade RAM maksmial 8GB dengan 4GB dimasing-masing slot yang tersedia dan kamu bisa menggunakan PC berapa saja.

      By Dr. Acer Reply
  25. mau tnya min,,,ram 2gb berapaan ya min ?
    terima kasih,,,

    By deni ardian Reply
    • Dear Deni, untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari (Senin – Sabtu) dan jam kerja (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  26. dok ane mau tanya, ane punya laptop acer aspire one terus ram nya mau ane upgrade dari 2gb jadi 4 gb, kira -kira competible atau kaga’ terus apa bertambah cepat?

    By irnanda Reply
    • Dear Irnanda, beberapa varian tipe Aspire One ada yang hanya dapat diupgrade hingga 2GB (maksimal). Bisa diinformasikan tipe Acer yang kamu miliki tersebut?

      By Dr. Acer Reply
  27. Saya memilik netbook dgn intel atom,, bisa gak yah di ganti processornya ?

    By Fernando Reply
    • Dear Fernando, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade (integrated mainboard).

      By Dr. Acer Reply
  28. Dok laptop saya acer aspire 4315 koq lemot banget yah terus Cara install Microsoft officenya gimana yah dok ?
    Mohon sarannya dok terimakasih

    By dian mayang Reply
    • Dear Dian, kemungkinan problem tersebut dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstall dan berjalan dibackground. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu tips mengoptimalkan kecepatan laptop dengan langkah-langkah berikut:
      – Upgrade RAM laptop.
      – Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna.
      – Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop.
      – Gunakan Disk Defragmenter.
      kamu juga bisa membaca tips-tips mengoptimalkan kecepatan laptop pada artikel berikut ini: http://www.acerid.com/2011/08/yuk-optimalkan-kecepatan-laptop/

      Untuk menginstall Ms. Office bisa menggunakan keping DVD installer Ms. Office. :)

      By Dr. Acer Reply
  29. malam dok, notebook acer aspira one AO756 saya gak bisa conect/gak bisa baca usb hanpone dan modem,, klau mouse dll bisa,,, mw instal ulang CD nya ilang,, gimana solusi nya ya dok

    tolong di balas di email saya faidilfatullah@gmail.com

    terimakasih

    By faidil Reply
    • Dear Faidil, apakah sudah mencoba di port yang berbeda dan apakah terjadi hal yang sama jika di pasangkan keperangkan komputer yang berbeda?

      By Dr. Acer Reply
  30. Dok mau tanya, knp laptop saya acer e1 470G ketika di sleep dan akan di gunakan kembali kok ga bisa… jadi bila ingin menggunakan kembali harus pencet tombol power yang lama dan akan memulai lagi dari awal… apakah ada pengaturan khusus ????

    By asri Reply
    • Dear Asri, kemungkinan hal tersebut disebabkan error pada driver VGA nya. Sebagai langkah awal penanganannya kamu bisa coba install kembali driver VGA yang sesuai dengan versi OS yang digunakan. :)

      By Dr. Acer Reply
  31. Pak milik saya acer aspire 4752g Core i5 nvidia geforce 520m ramnya 2gb. bisa ga saya upgrade ram 8gb (2x4gb) tapi clock speednya lebih tinggi dari 10600.merknya kingston. misalnya 12800. apa ada resikonya

    By Ahmad Najib Reply
    • Dear Ahmad, kamu juga bisa menggunakan tipe RAM DDR 3 PC-12800. Pada umumnya tidak terdapat resiko untuk pengguaan tipe tersebut. :)

      By Dr. Acer Reply
  32. dokter , laptop saya acer aspire 4253 . pagi ini di laptop saya ada bacaan “consider replacing your battery” di ikon baterai :(((( bagaimana solusinya dokterrrr

    By nadia Reply
    • Dear Nadia, kemungkinan ada problem pada baterainya, kamu bisa mencoba melakukan kalibrasi terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru, langkahnya adalah sebagai berikut:
      – Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook untuk pengisian penuh baterai .
      – Setelah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja. Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation. Nah, ketika baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
      – Sambungkan pusat listrik ke adaptor lagi dan isi ulang kembali baterai sampai penuh

      Artikel terkait dapat kamu baca pada tautan http://www.acerid.com/2012/04/apakah-bateraimu-perlu-diganti/.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.