Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Aug 05 2011

on How To, Tech News

1,857 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

  1. Dok laptop saya acer aspire 4315 koq lemot banget yah terus Cara install Microsoft officenya gimana yah dok ?
    Mohon sarannya dok terimakasih

    By dian mayang Reply
    • Dear Dian, kemungkinan problem tersebut dikarenakan banyaknya aplikasi yang terinstall dan berjalan dibackground. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu tips mengoptimalkan kecepatan laptop dengan langkah-langkah berikut:
      – Upgrade RAM laptop.
      – Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna.
      – Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop.
      – Gunakan Disk Defragmenter.
      kamu juga bisa membaca tips-tips mengoptimalkan kecepatan laptop pada artikel berikut ini: http://www.acerid.com/2011/08/yuk-optimalkan-kecepatan-laptop/

      Untuk menginstall Ms. Office bisa menggunakan keping DVD installer Ms. Office. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. malam dok, notebook acer aspira one AO756 saya gak bisa conect/gak bisa baca usb hanpone dan modem,, klau mouse dll bisa,,, mw instal ulang CD nya ilang,, gimana solusi nya ya dok

    tolong di balas di email saya faidilfatullah@gmail.com

    terimakasih

    By faidil Reply
    • Dear Faidil, apakah sudah mencoba di port yang berbeda dan apakah terjadi hal yang sama jika di pasangkan keperangkan komputer yang berbeda?

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok mau tanya, knp laptop saya acer e1 470G ketika di sleep dan akan di gunakan kembali kok ga bisa… jadi bila ingin menggunakan kembali harus pencet tombol power yang lama dan akan memulai lagi dari awal… apakah ada pengaturan khusus ????

    By asri Reply
    • Dear Asri, kemungkinan hal tersebut disebabkan error pada driver VGA nya. Sebagai langkah awal penanganannya kamu bisa coba install kembali driver VGA yang sesuai dengan versi OS yang digunakan. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. Pak milik saya acer aspire 4752g Core i5 nvidia geforce 520m ramnya 2gb. bisa ga saya upgrade ram 8gb (2x4gb) tapi clock speednya lebih tinggi dari 10600.merknya kingston. misalnya 12800. apa ada resikonya

    By Ahmad Najib Reply
    • Dear Ahmad, kamu juga bisa menggunakan tipe RAM DDR 3 PC-12800. Pada umumnya tidak terdapat resiko untuk pengguaan tipe tersebut. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. dokter , laptop saya acer aspire 4253 . pagi ini di laptop saya ada bacaan “consider replacing your battery” di ikon baterai :(((( bagaimana solusinya dokterrrr

    By nadia Reply
    • Dear Nadia, kemungkinan ada problem pada baterainya, kamu bisa mencoba melakukan kalibrasi terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru, langkahnya adalah sebagai berikut:
      – Sambungkan pusat listrik ke adaptor notebook untuk pengisian penuh baterai .
      – Setelah penuh, lepaskan adaptor dan gunakan notebook dengan tenaga baterai saja. Non-aktifkan/disable semua warning option untuk baterai di Power Options properties seperti Shut Down, Stand-by on Hibernation. Nah, ketika baterai hanya 3%, tutup semua aplikasi dan biarkan notebook mati dengan sendirinya.
      – Sambungkan pusat listrik ke adaptor lagi dan isi ulang kembali baterai sampai penuh

      Artikel terkait dapat kamu baca pada tautan http://www.acerid.com/2012/04/apakah-bateraimu-perlu-diganti/.

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.