Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Aug 05 2011

on How To, Tech News

1,984 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

  1. Kalau Acer V5-431 Batas Upgrade ramnya Berapa GB ya Dok ? :)

    By Muhammad Mubara; Reply
    • Dear Mubara, kamu bisa mengupgrade RAM Aspire V5-431 hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok, laptop saya aspire E5-411, klo upgrade RAM kira” sampe brp?

    By Atma Aditya Reply
    • Dear Atma, RAM pada tipe Aspire E5-411 dapat diupgrade hingga maksimal 8GB menggunakan 1 slot yang tersedia.

      By Dr. Acer Reply
  3. untuk acer 4372z maksimum ram up sampe 4Gb ya, kalo iya tipe dari ram tersebut apaan ya??
    dan apakah tipe RAM tersebut masih di jual di pasaran

    By dwi prastanto Reply
    • Dear Prastanto, mungkin yang kamu maksud adalah tipe Aspire 4732z, Aspire 4732Z menggunakan tipe RAM DDR2 667MHz. Untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari Senin-Sabtu pukul 08.30 – 17.30 (gunakan kode area lokal kota kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  4. saya Acer Aspire 4738Z RAM 4GB,, VRAM 128MB,, itu bs d pasangi vga NVDIA nggak?? soalnya masih payah klo d pake maen game pc sekelas RE6..

    By Awal Reply
    • Dear Awal, VGA Aspire 4738 tidak dapat diupgrade/diganti. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM dan HDD untuk meningkatkan performanya. :)

      By Dr. Acer Reply
  5. saya menggunakan acer aspire E1-470,dan mengalami permasalahan yaitu gak tau apa penyebabnya layar jadi hitam dan muncul tulisan Operating System Not Found,untuk masalah ini mohon pencerahan nya,apa penyebabnya dan bagaimana cara langkah untuk mengatasinya agar laptop kembali normal…….,terima kasih.

    By alfajar Reply
    • Dear Alfajar, coba periksa apakah hardisk terdeteksi pada BIOS setup dengan cara menekan tombol F2 pada saat awal booting. :)

      By Dr. Acer Reply
  6. dok, acer aspire 4739 bisa diupgrade hdd ngga?. kalau bisa sampai berapa kapasitasnya?.

    By Bondan Widagdo Reply
    • Dear Bonda, HDD Aspire 4739 bisa diupgrade dengan kapasitas maksimum yang tersedia saat ini, menggunakan tipe HDD yang sama.

      By Dr. Acer Reply
  7. doc mohon info saya pakai acer aspire one 722 AMD Dual core C60 slot ram nya berapa ya?? alau upgrade ram maksimal berapa gb? bagusnya tipe dan merk apa??

    By hendra Reply
    • Dear Hendra, tersedia 1 buah slot untuk RAM pada AO722, dan support hingga 4GB. Kamu bisa gunakan RAM dari vendor yang sesuai dengan preferensi kamu, tetapi pastikan tipe RAM tersebut sama dengan tipe RAM standar

      By Dr. Acer Reply
  8. Laptop saya acer aspire e5-421-234g,kalau upgrade processor kira” berapa ya?

    By Yanuar Aditya Reply
    • Dear Yanuar, prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade. Namun kamu bisa mengupgrade RAM dan HDD dilaptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  9. Dear dr. Acer
    Saya sdh 4 tahun pake Acer Ferrari One dengan RAM 2GB dan untuk mengoptimalkan apa saja yang bisa diupgrade ?
    Terimakasih

    By edhy suryono Reply
    • Dear Edhy, Acer Ferrari dapat diupgrade hingga maksimal 4GB, selain itu kami sarankan lakukan service berkala di Acer service center untuk pengecekan unit secara keseluruhan.

      By Dr. Acer Reply
  10. Dear, apakah ada batasan untuk updrage harddisk? laptop saya Acer Aspire 4720 120Gb

    By Yosa Abastian Reply
    • Dear Yosa, untuk Aspire 4720 kamu bisa menggunakan HDD up to 250GB

      By Dr. Acer Reply
  11. hallo! saya punya acer Aspire E1-470, RAM nya mau saya upgrade, rekomendasinya sampai berapa ya? dan ada berapa slot ram tersedia di E1-470?
    terimakasih

    By Mogi Bian Reply
    • Dear Mogi, RAM Aspire E1-470 dapat diupgarde maksimal hingga 8GB dengan menggunakan 2 buah slot RAM yang tersedia, masing-masing slot dapat dipasang dengan kapasitas maksimal 4GB DDR3. Apabila kamu ingin melakukan upgrade RAM, kamu bisa menghubungi Acer contact center di 500-155 (gunakan kode area lokal apabila menggunakan ponsel) untuk mengetahui info ketersediaan dan harga RAM Aspire E1-470.

      By Dr. Acer Reply
  12. thx saran terbaikmu Dok ;)

    By Danu Hidayat Reply
  13. om,saya punya acer aspire 4738.
    sekarang umurnya sudah 4 tahun dan belum pernah servis.
    sekarang timbul masalah,

    1.pada saat booting,logo windows bergerak macet-macet dan agak lama.
    2.pas udah masuk ke home screen,saya coba buka “my computer” koq lelet banget ya…???

    pertama saya kira kena virus dan saya langsung install ulang,
    tapi setelah itu masalahnya sama lagi.

    mohon solusinya….
    terim kasih

    By arimika Reply
    • Dear Arimika, kemungkinan ada kendala pada hardware laptop seperti HDD atau mainboard, kami sarankan membawa unitnya ke Acer service center untuk penanganan secara langsung dan menyeluruh sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem laptop kamu.

      By Dr. Acer Reply
  14. assalamualaikum,, dok kalau intel core i5 4200 2.50 ghz bisa upgrade sampai ram berapa.?ram ku yg skrg 4 gb ingin uprade ke 16 atau 8 gb.. gimana saran nya.?terimakasih..

    By uga sani Reply
    • Dear Uga, sebelumnya bisa bantu infokan tipe laptop yang kamu gunakan?

      By Dr. Acer Reply
  15. Mau nanya Dok, saya punya netbok AO Happy2-N578Q Memory standar DDR3 2 GB Windows 7 Starter 32 Bit, pingin di upgrade, saya pasang Memory Visipro DDR3 4 GB (PC3-106005). Setelah dipasang dgn hati2 dan sebaik mungkin, ketika dihidupkan netboknya tidak mau hidup tetapi tidakmenunjukkan gejala lain seperti kurang tepat pemasangan atau ada suara bep… kenapa ya Dok ? Apa tidak bisa diupgrade memorynya ? Terimakasih..

    By Mahdiannoor Reply
    • Dear Mahdiannoor, AOHappy2 hanya support untuk RAM hingga 2GB DDR3 1066MHz :)

      By Dr. Acer Reply
  16. Assalamualaikum Wr.Wb
    Dok, saya mau tanya. saya punya notebook aspire one 722 RAM nya mau saya upgrade, kira – kira recomendasinya sampai berapa dok & maksimalnya berapa ????
    mohon bantuanya Dok.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    By Eko Sudiyanto Reply
    • Dear Eko, RAM AO722 bisa kamu upgrade hingga maksimal 4GB DDR3 (1 slot RAM).

      By Dr. Acer Reply
      • Saya rencana mau upgrade RAM AO722 ke 4GB, untuk jenis RAM nya seperti apa Dok?
        kalo pake 4GB PC 10600 (1333MHz) (DDR3) support ga? Terimakasih..

        By Sendi Reply
        • Dear Sendi, Aspire One 722 support menggunakan tipe RAM DDR3 PC 10600 (1333MHz).

          By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.