Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

Laptop memang dirancang sebagai salah satu alat komputasi yang memiliki mobilitas yang tinggi. Setiap tahun laptop yang dikeluarkan berbagai produsen semakin bertambah cepat dan kuat. Tapi, karena masalah ruang dan panas, sebagian besar laptop terkadang tidak bisa dilengkapi dengan bagian-bagian yang justru dapat mengoptimalkan kecepatan laptop itu sendiri. Hasilnya, laptop kerap tidak memiliki daya komputasi yang maksimal ketika digunakan. Nah spAcer tidak usah khawatir, kinerja laptop bisa dioptimalkan melalui cara-cara berikut :

  1. Hapus program-program komputer yang jarang digunakan atau tidak berguna. Pada bagian Start Menu, klik “Control Panel” dan pilih “Add/Remove Programs.” Disana akan terlihat  memori virtual yang menggunakan ruang kosong pada Hard Drive untuk mensimulasikan RAM saat  komputer spAcer kehabisan memori. Kurangi jumlah penggunaan pada ruang Hard Drive sehingga laptop Anda bisa digunakan lebih optimal.
  2. Kurangi program-program yang otomatis aktif ketika spAcer menyalakan komputer/laptop. Program-program komputer yang jarang digunakan sering kali tetap aktif dan mengurangi kekuatan laptop. Non aktifkan program-program tersebut dengan mengetik “msconfig” pada kotak pencarian yang terdapat pada Start Menu. Di bawah tab “Start Up” hapus tanda centang program-program yang jarang  digunakan.
  3. Upgrade RAM laptop. RAM, dalam kombinasinya dengan processor laptop, bekerja untuk menentukan beban dan seberapa cepat laptop dapat bekerja. Tidak mudah meng-upgrade processor laptop, tapi RAM justru sebaliknya. Lepaskan panel akses pada bagian belakang laptop untuk menemukan letak RAM yang terpasang. Ganti RAM tersebut dengan RAM yang memiliki kekuatan atau kecepatan lebih tinggi.
  4. Gunakan Disk Defragmenter. Microsoft’s Disk Defragmenter digunakan untuk menemukan kembali atau menyusun bagian-bagian pada hard drive yang rusak atau terpisah, jadi laptop akan bekerja lebih optimal ketika digunakan.

Aug 05 2011

on How To, Tech News

1,835 Responses to Yuk Optimalkan Kecepatan Laptop

  1. dok,untuk aspire e1-431 b980,bisa diupgrade ga videocardnya dari 128 ke 256??.thanks

    By luke Reply
    • Dear Luke, VGA pada laptop tidak bisa dignati atau diupgrade.

      By Dr. Acer Reply
  2. Dok laptop saya acer aspire 4736G, pengen upgrade RAM dan HDD, untuk kapasitas maksimal RAM dan HDD yang bisa dipakai berapa GB Dok?, dan merek RAM dan HDD yang direkomendasikan kira-kira apa dok?

    By panji.akbar Reply
    • Dear Panji, AS4736G Support untuk RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang disediakan. Sedangkan untuk HDD, bisa lebih dari 500GB. Merek RAM yang digunakan bisa disesuaikan dengan preferensi kamu :)

      By Dr. Acer Reply
  3. dok mau nanya klo service center di daerah banten di mna yah ? soalnya laptop sya gk bisa di buka krena lupa password nya tapi sya tau hint nya klo mau di ganti gk bisa karena user nya administrator klo di ganti datanya hilang semua :( mohon pencerahanya

    By yasir khumasih Reply
    • Dear Yasir, untuk wilayah Banten tersedia Acer Authorized Service Partner di Ruko Golden Serang Blok R 03, Jl. Raya Pandeglang KM 3. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. selamat sore dok sya mau nanya gi mna ya dok di spesifikasi di internet kan 4 gb tapi saya liat cuma 2 gb gi mna yah dok ?
    terus dok klo maen game gk bisa full screen kloo ful screen sebagian layar nya hitam
    makasih mohon penjelasanya

    By muhamadnurhidayat Reply
    • Dear Muhamad, bisa diinformasikan 22 digit SN yang tertera pada bagian bawah unit laptop tersebut? Kami akan bantu cek default RAM yang tersedia. Terkait dengan game tidak full screen, pastikan setting resolusi dari game tersebut sudah sesuai dengan setting resolusi layar pada desktop kamu.

      By Dr. Acer Reply
  5. dok laptop saya acer ferari one,rencana ingin nambah RAM 2gb jd 4gb apakah akan berpengaruh terhadap kinerja game missal PES,untuk saat ini jika main PES cenderung lambat,mohon solusinya

    By Dyto Suryanto Reply
    • Dear Dyto, mengupgrade RAM tentu akan meningkatkan performa laptop namun untuk terkait hal game kamu bisa sesuaikan standart minimum hardware dari game tersebut dengan spesifikasi laptop.

      By Dr. Acer Reply
  6. dok, netbook acer travelmate core i3, ramnya bisa di upgrade ga?
    thanks

    By syarif gaptek Reply
    • Dear Syarif, Aspire Travelmate tipe berapa yang kamu gunakan?

      By Dr. Acer Reply
  7. dok saya mau nanya saya punya notebook e5-42i/aspire e14 yg mau ditanyain
    1. amd quad core itu setara dengan intel apa
    2. ramnya kan 2 GB saya mau upgrade di acer center apakah dikenakan biaya? tapi itu masih garansi dan jika di kenakan biaya berapa ya kisarannya?

    terimakasih

    By robby Reply
    • Dear Robby, untuk perbandingan antar processor, kamu bisa coba mencari referensinya di forum/blog yang membahas mengenai komputer/teknologi. Sedangkan untuk upgrade RAM, hanya dikenakan biaya pembelian RAM yang baru. Untuk informasi harga spareaprt, bisa hubungi Acer Contact Center di 500-155 pada hari dan jam kerja

      By Dr. Acer Reply
  8. Dok, laptop saya kan quadcore, tapi dilihat di msconfig yg kepakenya cuma 1 kalo dirubah ke 4 ada dampak negatifnya ga?

    By sonson Reply
    • Dear Sonson, sebaiknya hal tersebut dibiarkan saja, karena system yang akan mengatur hal tersebut secara otomatis apabila dibutuhkan :)

      By Dr. Acer Reply
  9. dok laptop saya Acer Aspire V3-471G , spesifikasi nya :
    1. 700 HDD
    2. 4 GB RAM
    3. Nvidia Geforce GT 630M (2GB VRAM)
    4. Core i5 3210M 2.50GHz

    saya ingin tambah ram 4gb lagi, jadi total ram 8Gb, toal biaya yang harus dikeluarkan berapa ya dok kalo di ACSC, enak kalo udah tau harganya.

    By Angga Wardana Reply
    • Dear Angga, untuk informasi mengenai ketersediaan dan harga sparepart resmi produk Acer, silahkan menghubungi Acer Contact Center di nomor 500-155 pada hari dan jam kerja (gunakan kode area lokal di tempat kamu berada jika menghubungi dari ponsel).

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok, nanya dong …
    Saya pengguna Acer Aspire e1-470G, dan ingin downgrade ke win7 dari win8.1
    Apakah driver http://www.solidfiles.com/d/da1f102be3/aws.png sangat penting bagi laptop atau tidak? Atau jika di install ketika di windows 7 pengaruhnya apa? Thanks dok telah menjawab

    By Wawan Reply
    • Dear Wawan, kami sarankan kamu menggunakan OS Windows 8 64-bit atau OS Windows 8.1 32-bit dan 64-bit yang lebih compatible untuk Aspire E1-470G karena Acer tidak menyediakan dukungan driver Windows 7 untuk Aspire E1-470G.

      By Dr. Acer Reply
      • Tapi ketika menggunakan windows 8.1 atau windows 8 yang 64bit, ketika shutdown dan lihat ke task manager waktu hidup laptop nya seperti di sleep/hibernate, tidak seutuh nya shutdown. Ketika restart lama dan keluar notice error. Makanya saya ingin downgrade ke windows 7

        By Wawan Reply
        • Dear Wawan, pastikan OS Windows yang kamu gunakan memiliki lisensi resmi/original.

          By Dr. Acer Reply
  11. Dok apakah acer 4250 AMD blh instal OS 64 bit..??

    By Jimbris Maramis Reply
    • Dear Jimbris, kamu bisa menggunakan Windows 7 64-bit pada Aspire 4250. :)

      By Dr. Acer Reply
  12. Dok, nanya lagi nih kalo processornya(Laptop Acer E1-2500) kan nggak bisa di ganti. Tapi RAM saya bisa dok(DDR3)?

    By Iltizam Reply
    • Dear Iltizam, kamu bisa mengupgrade kapasitas RAM hingga 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  13. Dok punya saya aspire type E1-431

    apakah Ram dan Prosesornya bisa d upgrade

    mohon jwabannya
    makasih

    By rio heru Reply
    • Dear Rio, Aspire E1-431 support untuk RAM hingga 8GB. Sedangkan processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  14. Dok, saya pny laptop aspire 4755g

    Spek:
    I5 2,5ghz
    Geforce gt 540m 2gb
    Ram : 8gb
    Hdd : 750gb
    Os: win 7 64bit

    Saya mau tanya knp klo maen game fifa 14 suka lag walau di setting low, pdhl klo menurut nvidia experience bs maen di setting high.

    Mohon bntu jawab trm ksh

    By Boy Azriyanto Reply
    • Dear Boy, Kamu bisa coba ikuti langkah berikut :

      - Klik ‘Start’ dan pilih ‘Control Panel’
      - Dobel klik pada ‘Nvidia Control Panel’
      - Klik ‘View’ dan tambahkan pilihan ‘Run with graphics processor’ ke Context Menu. Setelah itu tutup jendela Nvidia Control Panel
      - Klik kanan pada aplikasi yang diinginkan dan pilih ‘Run with graphics processor’. Setelah itu klik lagi ‘High-performance NVIDIA processor’ 

      By Dr. Acer Reply
  15. dok,,,,hardist accer aspire 4920 bisa di pasang di accer type lain ga

    By tendy Reply
    • Dear Tendy, kamu bisa menggunakannya di laptop lain selama tipe hardisknya sama. :)

      By Dr. Acer Reply
  16. dok , laptop saya Acer Aspire E1-422 .. vram nya bisa di upgrade atau tidak ?? dan kenapa pas saya main PES 2014 (game bola) itu nge leg ? -_- padahal saya tuh yakin ni laptop pasti kuat .. tpi kenapa nge leg yaa -_- .. makasih dok :)

    By Mohamad Imran Reply
    • Dear Mohamad, VRAM pada Aspire E1-422 tidak dapat diupgrade. Apabila muncul problem lag pada saat bermain game, pastikan terlebih dahulu minimum system requirement dari game tersebut lalu bandingkan dengan spesifikasi dari Aspire E1-422 tersebut. Untuk melihat kompablitas dari suatu game tertentu, kamu bisa mengacu pada link tautan berikut: http://systemrequirementslab.com/cyri
      Selain itu kamu juga bisa membaca tips bermain game dengan nyaman pada artikel berikut: http://www.acerid.com/2011/06/main-game-dengan-nyaman/

      By Dr. Acer Reply
  17. Sore dok, saya pengguna Acer Aspire E1-470G
    Apakah ada driver untuk win7 64bit? Karna ingin downgrade, saya cari di acer.co.id driver ga ada untuk win7, dan 1 lagi …, kenapa ya setiap restart ataupun shutdown ini laptop lama sekali? OS yang di gunakan sekarang Windows 8.1 64bit, thanks

    By Ichwan Reply
    • Dear Ichwan, Acer tidak menyediakan driver Aspire E1-470G untuk OS Windows 7, sehingga kamu perlu mencari drivernya secara manual dengan mengunjungi situs vendor dari masing-masing hardware. Untuk mengetahui vendor hardware bisa gunakan aplikasi yang bisa didownload dari http://global-download.acer.com/SupportFiles/Files/HWID/APP/HWVendorDetection.exe
      Pastikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar sudah dinonaktifkan saat awal dihidupkan (startup).

      By Dr. Acer Reply
  18. Dear Dr. Acer, laptop saya Aspire 4732 Z, memory 1 gb, Hdd 250, berapa maksimal up grade yg di sarankan dan apakah harus instal ulang lagi software windows nya, saat ini saya pakai XP, trims dok

    By Bams Reply
    • Dear Bams, Aspire 4732Z menggunakan tipe RAM DDR2 667MHzdan upgrade RAM maksimal hingga 4GB. HDD Aspire 4732Z bisa diupgrade hingga 1TB (1000GB). Jika dilakukan upgrade HDD sudah pasti diperlukan instalasi OS dari awal.

      By Dr. Acer Reply
  19. Dok, saya mau nanya. Processor laptop Acer E1-422 2500 saya dapat di upgrade?, dan jika bisa, Service Center Resmi di daerah Bogor dimana ya dan harganya sekitar berapa dok?

    By Iltizam Reply
    • Dear Iltizam, part prosesor pada laptop tidak dapat diupgrade/diganti.

      By Dr. Acer Reply
  20. dok, punya saya acer travel mate 2481NWXCi untuk upgrade, bisa diupgrade apa aja dan maks berapa? trims

    By tanzil Reply
    • Dear Tanzil, maksimal RAM untuk tipe TravelMate 2481 adalah sebesar 2GB DDR2 (masing-masing slot 1GB). Kapasitas HDD bisa kamu upgrade menjadi 320GB. Disarankan untuk upgrade (pembelian dan pemasangannya) dilakukan dengan bantuan teknisi kami di Acer service center, lokasinya bisa kamu temukan pada bagian bawah blog ini. Acer Service Center> Locations: (pilih nama kota terdekat).

      By Dr. Acer Reply
  21. dok, nama saya faris mau tanya nih
    laptop saya aspire V5-471G kalau mau upgrade ram bagusnya yg tipe apa? terus kalau boleh minta rekomendasi merek apa ya yg bagus dok? hehe
    makasih sebelumnya

    By faris alief Reply
    • Dear Faris, Aspire V5-471G dibekali dengan 2 buah slot RAM, masing-masing dapat dipasang maksimal 4GB (total 8GB). Pastikan menggunakan tipe RAM DDR3. Kami merekomendasikan membeli dan memasang RAM di Acer service center, daftar lokasinya tersedia di bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  22. mas dokter….
    saya nambah ram laptop acer aspire 4738z….
    yang awal nya 1 GB saya tambah in 4 GB jadi 5 GB tapi yg useble nya cma 1 GB yg 4 GB gmna mas dokter bsa bantu saya?

    ni email saya rizky_ananda47@yahoo.com
    mhon bantuan nya
    trmksih sblum nya mas dokter

    By rizki ananda Reply
    • Dear Rizki, kamu bisa coba pindahkan/tukar keping RAM pada slot yang berbeda. Pastikan menggunakan keping RAM dengan tipe yang sama.

      By Dr. Acer Reply
  23. dok sy pny laptop aspire tipe 4315 bsa di upgrade sampai brpa dok trs laya r monitor saya gk bisa terang kaya pertama dok g mna nih

    By dani Reply
    • Dear Dani, tipe RAM laptop tersebut adalah DDR2 maksimum upgrade 2GB (1GB x 2 slot). Untuk problem monitor, coba kamu install ulang driver VGA terlebih dahulu. Driver bisa kamu download melalui tautan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
  24. Dokter :) , punya saya Aspire E1 -471, upgrade RAM 4GB, yang usable kok cuma 2.60GB ya? Emang maksimal untuk versi itu berapa RAM nya? makasih

    By Lijar Reply
    • Dear Lijar, sebagian kapasitas RAM akan terpakai untuk sistem OS dan aplikasi bawaannya sehingga menyisakan usable capacity tersebut. RAM Aspire E1-471 dapat diupgrade maksimal 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  25. Dok dgn tipe E1 422 jenis Laptop apa Note book ya dok…
    dan untuk mempercepat kinerja E1 422 itu gmn caranya dan apa yg harus di ubah ya dok …saya pakai win7 32 bit dok ..untuk ganti yang 64 bit caranya gmn ya dok apa harus instal ulang dok……….

    By gus melon Reply
    • Dear Gus, Aspire E1-422 adalah tipe Notebook atau sering disebut juga ‘Laptop’. Untuk meningkatkan kinerjanya kamu bisa pertimbangkan untuk mengupgrade kapasitas RAM dan HDD-nya. Untuk mengubah Windows menjadi 64-bit bisa dilakukan dengan cara install ulang Windows dan pastikan kamu memilih versi 64-bit dari Windows tersebut. :)

      By Dr. Acer Reply
  26. Dok, laptop saya aspire 4736G, suatu saat diganti dgn motherboard pny teman (msh latop dgn type sama) tp type motherboardnya yg tidak sama (pdhl merk MB sama yaitu kalgo), yg jd mslh: knp OS Windows vista (bundle) yg di HDD lama skrg g kedeteck active (jd trial 3 hr), minta diactivate…apa bisa diactivate lg?

    By dwirangga Reply
    • Dear Dwirangga, software Windows Vista mampu mengenali hardware pendukung saat pertama kali diaktifkan. Seharusnya jika terjadi problem hardware, baik service dan pemasangan hardware (jika ada yang diganti) dilakukan di Acer service center. Kamu bisa coba kunjungi Acer service center untuk penanganan lebih lanjut. Daftar lokasi service center tersedia di bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  27. Acer 4755G procie i5, dst,,,klo ingin diupgrade RAMnya, pakai yg DDR 3 type 10600S atau 12800S? ato mmg bisa kedua2nya?

    By dusanta Reply
    • Dear Dusanta, kamu bisa gunakan kedua tipe kecepatan tersebut, namun yang terdeteksi adalah dengan kecepatan yang terendah (jika menggunakan 2 tipe speed berbeda saat bersamaan).

      By Dr. Acer Reply
      • Dok, laptop saya acer 4755G dgn procie i5-2410M 2.3gHz+turbo bost, Nvidia GeForce 540M, apakah suport untuk window 64bits(windows 7), knp di daftar driver suport acer untuk seri 4755G tidak ada yg u/ windows 7 32bits, ya? krn ktika saya pakai wind 7 32 bits & download+instal drivernya (wind 8 upgrade from wind 7 32 bits) ada bbrapa yg tidak tersedia (camera, turbo bost,dll) sedangkan jk pakai driver dr wind 7 64 bits justru tidak bisa/ tdk suport…apa hrs pakai wind 7 yg 32 bits?

        By dusanta Reply
        • Dear Dusanta, Aspire 4755G support menggunakan OS Windows 64BIT. Disarankan menggunakan OS Windows 64BIT agar performa laptop maksimal.

          By Dr. Acer Reply
          • klo pake yg 64bits, kira2 butuh ram brp?saya pakai 10600 2Gb, ada 2 keping, sdh memenuhi standar blm? jk di device manager ada tampilan tanda seru(peringatan) di network controler, kira2 kesalahan pada penginstalan driver apa?chipset,AHCI, AMT atau yg lain? terima kasih

            By dusanta
          • Dear Dusanta, penggunaan OS 64bit memerlukan RAM minimum 2GB. Mengenai error pada Device Manager, kamu bisa coba install kembali driver LAN/WiFi untuk laptop kamu, pastikan sudah sesuai dengan OS yang kamu gunakan

            By Dr. Acer
  28. Dok, Laptop saya acer 4738G . saya mau upgrade ram 4gb 12800 apakah support?.
    Terima kasih dok .

    By Arif Reply
    • Dear Arif, kamu bisa menggunakan tipe RAM DDR3 PC-12800 atau PC-10600 untuk Aspire 4738Z. Kapasitas RAM Aspire 4738G dapat diupgrade maksimal 8GB. :)

      By Dr. Acer Reply
  29. Dok,laptop saya acer travelmate 4740.
    Ingin upgrade ram ,berapa kapasitas maksimalnya?

    By zainul abidin Reply
    • Dear Zainul, Aspire Travelmate 4740 support untuk RAM hingga 8GB dengan menggunakan kedua slot RAM yang tersedia

      By Dr. Acer Reply
  30. laptop saya acer aspire 4720Z menggunakan RAM DDR2 PC 4200 512 MB,kalau diupgrade dengan RAM DDR2 PC 5300 atau PC 6400 apakah bisa? maksimal sampai berapa GB utk upgrade RAM nya? terima kasih atas bantuan dan infonya Dr Acer

    By Thomas Reply
    • Dear Thomas, hal tersebut tidak bisa dilakukan. AS4720Z hanya support untuk RAM hingga 4GB, menggunakan 2 keping RAM 2GB DDR2 667MHz

      By Dr. Acer Reply
  31. Mas bisa gak ya laptop acer e1 431 ganti prosesor ke core i3 ato i5 kecepatan 3,4ghz ??
    prosesor skrg intel celeron 1000m 1,8ghz..

    By Farel Aditia Reply
    • Dear Farel, processor pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  32. dok please tolong . acer aspire v5 431 ane kagak bisa booting setelah upgrade RAM apa memang laptop saya RAMnya tidak bisa di upgrade ?

    By Lukman FM Reply
    • Dear Lukman, pastikan tipe RAM yang kamu tambahkan pada laptop kamu, sudah sesuai dengan RAM standar paket pembelian

      By Dr. Acer Reply
  33. dok laptop saya Acer Aspire V3-471G , spesifikasi nya :
    1. 700 HDD
    2. 4 GB RAM
    3. Nvidia Geforce GT 630M (2GB VRAM)
    4. Core i5 3210M 2.50GHz

    yg mau sya tanya.. bisakah upgrade RAM yg telah tersedia 4 GB (1 RAM) lalu ditambah 2 GB lagi dok.??

    By MetrizaL Reply
    • Dear Metrizal, kamu bisa upgrade/tambah kapasitas RAM sebesar 2GB pada slot RAM yang masih kosong sehingga total menjadi 6GB. Perlu kami informasikan bahwa maksimal RAM pada Aspire V3-471G adalah 8GB menggunakan kedua buah slot yang tersedia, masing-masing slot bisa terisi dengan kapasitas RAM 4GB DDR3.

      By Dr. Acer Reply
  34. dok, saya mau tanya. laptop saya travelmate 2480, saya mau ganti HDD dan Memory nya. mungkin ada saran dr dokter bwt laptop saya?

    By Febrian R. A Reply
    • Dear Febrian, maksimal RAM untuk tipe TravelMate 2480 adalah sebesar 2GB DDR2 (masing-masing slot 1GB). Kapasitas HDD bisa kamu upgrade menjadi 320GB. Disarankan untuk upgrade (pembelian dan pemasangannya) dilakukan dengan bantuan teknisi kami di Acer service center, lokasinya bisa kamu temukan pada bagian bawah blog ini. Acer Service Center> Locations: (pilih nama kota terdekat)

      By Dr. Acer Reply
  35. DOk , Saya Punya laptop Acer E1-471 ,,
    Berapa maximum untuk Upgrade Ram buat Laptop Saya ..
    Dan Apakah bisa Di kombinasi Memakai 2GB Dan 4GB Kan Menjadi 6GB ,,
    makasih ^_^

    By Gilang Reply
    • Dear Gilang, RAM Aspire E1-471 dapat diupgrade hingga 8GB. Kamu bisa saja mengupgrade RAM dengan kapasitsa yang berbeda selama tipe RAM yan digunakan sama/sesuai. :)

      By Dr. Acer Reply
  36. Doc, laptopku Aspire 3680, ram 512MB DDR2, bisa di upgradekah?

    By hakim Reply
    • Dear Hakim, kapasitas RAM Aspire 3680 dapat diupgrade maksimal 2GB RAM.

      By Dr. Acer Reply
  37. Dok, apa merek memory RAM DDR3 4GB yang baik pada saat ini untuk noteboook AO725

    By Bjm Mend Reply
    • Dear Bjm, mohon maaf kami tidak merekomendasikan merk tertentu, namun disarankan membeli sekaligus dibantu pemasangannya oleh petugas di Acer service center. Daftar lokasinya bisa ditemukan pada bagian bawah halaman blog ini.

      By Dr. Acer Reply
  38. makasih dok acer.. entar saya coba lagi seperti yang dokter anjurkan..

    By rizal Reply
  39. Dok, saya punya notebook acer AO 725, Memory Ram 2GB, jika saya upgrade menjadi 4GB, apakah bisa dok..?

    Hai, AO725 bisa diupgrade RAM nya hingga 4GB (1 slot).

    By Bjm Mend Reply
  40. maaf dokter..ganggu. nma saya rizal. ni daftr kapasitas laptop saya.. core2duo. 80 gb hdd 5400rpm. 512mb ddr. tapi saya punya masalah nie.. nie laptop acer 5540 ada bluetooth nya, tapi saya udah coba dan dia gak fungsi kenapa ya,,,,,?? nie laptop dulu saya ksih windows7. tapi berat kayak nya,, apa2 lama, trus saya gnti windows xp..bru enak dia, tapi saya mau pakai windows7 gimana tu dok solusi nya,,,,,,,,,,,???? trus blototh saya knapa ya….?

    By rizal Reply
    • Dear Rizal, bisa diinfokan apakah kamu sudah menginstall driver bluetooth yang sesuai dengan OS yang digunakan pada laptop? Selain itu apakah kamu sudah mengistall aplikasi LaunchManager untuk mengaktifkan tombol Fn pada keyboard? Sebagai informasi, untuk mengaktifkan fitur bluetooth kamu tinggal menekan tombol Fn+F3. Dukungan driver bluetooth dan aplikasi LaunchManger untuk Aspire 5540 bisa kamu download di website Acer http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
  41. caranya mengoptimalkan ram agar ter-usable semua gmna ???

    By Nama Lengkap Reply
    • Hai, untuk mengoptimalkan kinerja RAM bisa menghapus sebagian program yang tidak terpakai di laptopmu. :)

      By Dr. Acer Reply
  42. Dear Dr,Acer
    Saya punya laptop acer e1-451g
    Processor ; AMD Quadqore processor A8-4500
    VGA ; AMD Radeon HD 8750, 2GB VRAM
    mau upgrade ke
    processor ; AMD Vishera [FX-8350]
    VGA ; MSI AMD Radeon R9-280X
    kalo mau up-grade processor dan VGA di Acer service center bisa ?
    alamat acer service center yang terdekat dari pamulang,tangerang selatan dimana ya ?
    terima kasih atas bantuannya

    By Bangkit Nurcahyo Reply
    • Dear Bangkit, Processor dan VGA pada laptop tidak bisa di upgrade ataupun diganti :)

      By Dr. Acer Reply
  43. permisi Dr.. saya mau tanya laptop acer v5-431 setiap di nyalakan keluar pres 2 kemudian setelah di tekan minta pasword bios..kemudian muncul pasword di bawahnya tp di masukkan 3 kali gak bisa dan endingnya invalid.. solusinya gmana Dr. ?

    By heru Reply
    • Dear Heru, defaultnya Acer tidak ada password BIOS, kamu bisa coba konfirmasi ke pihak yang menginstall system OS pertama kali. Namun, kamu juga bisa minta bantuan teknisi di Acer service center untuk direset dahulu password BIOS tersebut.

      By Dr. Acer Reply
  44. Dok laptop saya acer aspire 4736Z, pengen upgrade RAM dan HDD, untuk kapasitas maksimal RAM dan HDD yang bisa dipakai berapa GB Dok?, dan merek RAM dan HDD yang direkomendasikan kira-kira apa dok?

    By Roma Reply
    • Dear Roma, RAM Aspire 4736Z dapat diupgrade hingga 4GB. Kamu juga dapat menggunakan kapasitas HDD hingga 500GB. :)

      By Dr. Acer Reply
      • Untuk HDD apa memang tidak bisa diganti sampai 1 TB?
        Dan kira acer 4736Z compatible dengan OS windows 8.1 enterprise atau tidak?

        By Roma Reply
        • Dear Roma, AS4736Z Support untuk HDD hingga 500GB. Bisa saja jika ingin menginstall OS Windows 8.1, tetapi performanya mungkin akan terasa kurang.

          By Dr. Acer Reply
    • untuk RAM DDR2 bisakah diganti dengan DDR3? atau dari DDR2 seri PC 5300 bisakah diganti DDR2 seri PC 6400?

      By Roma Reply
      • Dear Roma, slot RAM DDR2 tidak dapat menggunakan RAM DDR3. Namun kamu bisa menggunakan DDR2 PC-6400 pada slot RAM DDR2. :)

        By Dr. Acer Reply
    • Oh iya dok, untuk HDD dari 5400 RPM bisakah diganti dengan HDD 7200 RPM?
      terima kasih dok.

      By Roma Reply
      • Dear Roma, kamu bisa melakukan upgrade pada HDD.

        By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.