Windows Movie Maker: Menggabungkan Foto dengan Video

Pada artikel terdahulu, kami sudah menunjukkan bagaimana caranya memanfaatkan Windows Movie Maker dari Microsoft Live Essentials. Kali ini, kami akan menunjukkan cara untuk menggabungkan foto ke dalam video yang Anda buat.

Lebih Lengkap dengan Menyisipkan Foto

Semua potongan video liburan sudah dikumpulkan dan Anda sudah bisa merangkumnya dengan Windows Movie Maker. Akan tetapi, beberapa detail terasa kurang. Bagaimana kalau detail-detail tersebut ada di dalam foto-foto yang Anda miliki? Mudah! Gabungkan saja foto-foto tersebut dalam video Anda, dengan memanfaatkan Movie Maker.

Pilih dan “Tarik”

Sangat mudah menggabungkan foto ke dalam video Anda dengan Movie Maker. Bukalah project video Anda dengan Movie Maker. Lalu, sisipkan foto yang diinginkan dengan melakukan drag and drop. Pastikan foto sudah masuk ke urutan yang Anda inginkan.

Pengaturan

Setelah foto masuk di antara urutan video, Anda sebaiknya melakukan beberapa pengaturan. lakukan dobel klik pada foto yang sudah disisipkan untuk masuk ke menu ‘edit’ dan memulai pengaturan durasi. Pengaturan ini dibutuhkan untuk menentukan berapa lama foto akan tampil selama video diputar.

Pengaturan durasi dilakukan dengan memilih durasi pada menu ‘Duration’. Secara default, Movie Maker menggunakan 7 detik. Anda bisa memilih nilai yang tersedia (dalam satuan detik). Atau, Anda bisa mengetikkan nilai yang diinginkan (contoh: 0,5 untuk durasi 1/2 detik).

Ternyata memasukkan foto ke dalam rangkaian video dengan Movie Maker itu sangat mudah, bukan? Movie Maker adalah salah satu dari software gratis yang bisa Anda peroleh dengan memiliki Windows 7 original. Menyenangkan, bukan? Jadi, jika Anda hendak memilih salah satu notebook Acer, pilihlah yang sudah menyertakan Windows 7 dalam paket penjualannya. Anda bisa memperoleh banyak fitur dan software ekstra yang ‘powerful’ dan mudah digunakan

Related Article

65 Responses to Windows Movie Maker: Menggabungkan Foto dengan Video

 

  1. bang sam says:

    gan dvd maker ga bisa burner ada tulisan (A DVD burner wasnot found. make sure aDVD burner is conenected and installed’ and then try again.)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sam, bisa diinformasikan tipe produk yang kamu gunakan? Pastikan optical disc drivenya sesuai dengan format DVD yang digunakan.

  2. Ria says:

    Dr. Acer, kenapa setiap saya menyimpan video movie maker ke SAVE TO MY COMPUTER selalu tidak berhasil?
    Sebelumnya saya telah mencoba untuk menyimpan ke lokasi/drive yang berbeda, saya juga telah mencoba menyimpan video saya ke ukuran yang sangat rendah. Namun tetap juga tidak berhasil. Kenapa bisa begitu?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ria, notifikasi error seperti bagaimana yang muncul?

  3. sy memakai win 7 32-bit, tapi begitu mau jalankan movie maker muncul pesan “You cannot start Windows Movie Maker 2012 when a graphics card that only supports DirectX 9 is installed on a Windows 7 or Windows Server 2008 R2-based computer”
    apa maksudnya? dan apa solusinya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear As’ad, untuk hal tersebut kamu bisa coba mengupdate Microsoft DirectX menjadi versi terbaru. :)

  4. gimana yaa cara untuk memperlambat dan memperpanjang video di windows movie maker 2.6, please bantuannya yaaa….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ramadaniee, kamu bisa coba mencari informasi yang kamu butuhkan dari forum/blog yang membahas lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut :)

  5. khairul anam says:

    kalau untuk memunculkan atau menggabungkan gambar (foto) kedalam video yang sedang berjalan gimana carnya gan? jadi video nya jalan trus muncul foto di depan video dalam waktu yang besamaan? tolongin dong gan…

    1. Dr. Acer says:

      Dear Khairul, kamu bisa coba membaca tips menggabungkan foto dengan video menggunakan software Movie Maker pada artikel berikut: http://www.acerid.com/2011/01/windows-movie-maker-menggabungkan-foto-dengan-video/

  6. Ali Musthofa says:

    Hai Docter Acer , Kenapa ya belakangan ini kualitas leptop saya ACER Aspire 4750 .
    biasanya buat main game tidak LAG. Tapi Sekarang udah Mulai LAG dan Sudah Lemot. Apa ada cara Untuk Mengembalikan seperti dulu . Maklum Usia Laptop sudah 2 tahun lebih heheh :)
    Memang Joss Aspire 4750 Trimakasih Dr. Acer. Mohon Pencerahanya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ali, performa laptop yang menurun kemungkinan dikarenakan terlalu banyak program yang terinstall dan berjalan dibackground sehingga. Sebagai langka awal penanganan, kamu bisa coba menghapus program yang tidak terpakai terlebih dahulu. Kami sarankan pula lakukan scan hardisk dengan disk defragmenter dan scan dengan antivirus. :)

  7. Gatot says:

    saya sudah berhasil menggabungkan beberapa video dengan windows video maker, tapi pas aku masukkan ke hp android kok nggak bisa diputar? mohon pencerahannya. Terima kasih.

    1. Dr. Acer says:

      Dear Gatot, apakah video tersebut berhasil dijalankan pada perangkat komputer/laptop?

  8. Hadi says:

    min mau tanya tentang save file.. jadi proses save file saya sudah complit 100% tapi pas dibuka hasil videonya durasi oke tp isi videonya cuma setengah lagu ada tp foto tidak jalan.. mohon pencerahannya :)

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hadi, untuk mendukung hasil edit Video/foto, dibutuhkan spesifikasi laptop dengan VGA yang cukup memadai.

  9. saya sudah download w. Live movie maker, tapi masalahnya video tidak bisa di import, itu kenapa ya? ada sesuau yg kurang yang harus di download lagi? mohon bantuannya ya :( saya sedang sangat butuuh

    1. Dr. Acer says:

      Dear Nabila, notifikasi error seperti apa yang muncul?

  10. rusdi harisandi says:

    gan movie maker punya saya durasinya minimal cuma 1.00 gak bisa d set jadi 0.5. gmna itu gan ?

    1. Dr. Acer says:

      Hai, Rusdi. Untuk informasi lebih detail mengenai penggunaan software tersebut kamu bisa mencarinya melalui website berikut ini: http://windows.microsoft.com/en-us/windows-vista/getting-started-with-windows-movie-maker

  11. irvan says:

    mau nanya nih , tutor untuk nge-pas kan musik dengan video nya gimana ya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Irvan, mohon maaf untuk penjelasan detailnya kamu bisa kunjungi website teknologi dan komputer yang membahas aplikasi terkait :)

  12. Hilmi says:

    Tolong kasih solusi tentang tidak bisa Menyimpan file saat SAVE TO MY COMPUTER,saat ingin menyimpan selalu ada tulisan ”Windowns Movie Maker Cannot save the movie to the specified location. Verify that the original source files used in your movie are still available, that the sacing location is still available, and that there is enought free disk space available, and then try again” tolong beri solusi pedahal Harddisk saya cukup untuk menyimpan file dari movie maker

    1. Dr. Acer says:

      Dear Hilmi, kamu bisa coba untuk menyimpan file tersebut dilokasi/drive yang berbeda. :)

  13. vara says:

    kalau misal nya ada tulisan The file C:\Users\Toshiba\AppData\Local\Google\Chrome\Application\21.0.1180.79\Favorites\alya folder\Documents\tugas\VID 00004-20131002-1021.3GP cannot be imported because the codec required to play the file is not installed on your computer. If you have already tried to download and install the codec, close and restart Windows Movie Maker, and then try to import the file again.
    itu gmn?

    1. Dr. Acer says:

      Hai Vara, notifikasi tersebut muncul karena pada laptopmu tidak terinstall file yang mendukung untuk kamu memasukan file dengan format 3gp. Kamu bisa mencari informasi mengenai hal ini di forum yang membahas komputer dan teknologi.

  14. Iman says:

    gan kan saya lagi taruh video pertama,tapi ketika ane tambah video ke dua ane jalankan kok gak ada gambarya atau lagu?

  15. sherina says:

    terimakasih informasinya

  16. Ghassani says:

    mau tanya kalo hasil vidio windows movie di masukin ke youtub caranya gimna ?

    1. Dr. Acer says:

      Ghassani, kamu bisa menggunakan fitur video upload pada youtube. Coba login ke website tersebut.

  17. teryy says:

    mau tanya knapa ya klo menggabungkan video, foto dan lagu ga bisa di save. tapi klo hanya menggabungkan foto dan lagu bisa?
    mkasih……

    1. Dr. Acer says:

      Tery, mohon maaf kami tidak bisa menjawab pertanyaanmu. Sebaiknya pertanyaan mengenai penggunaan software seperti ini ditanyakan langsung ke pihak pembuatnya melalui forum-forum yang bisa kamu temukan di internet.

  18. Ari says:

    saya coba convert mswmm ke wmv tapi berhenti di 56% terus, kenapa ya?

    1. Dr. Acer says:

      Ari, untuk pertanyaan spesifik seperti ini sebaiknya ditanyakan langsung ke forum support microsoft.

  19. kenapa ya,,video saya tidak dapat di import di WMM…???
    tolong di bantu ya,,

    1. Dr. Acer says:

      Taogomano, bisa di informasikan kepada kami notifikasi error seperti apa yang muncul? serta bisa di informasikan juga tipe file yang akan kamu jalankan

  20. windows” ap aj yg bisa?

  21. Denny Cikruy says:

    apa ya penyebabnya gagal dalam proses akhir untuk save video yang kita buat untuk “save to my computer” atau “save to CD” biar format video yg kita buat itu bukan MSWMM melainkan jadi format WMV tolong bantu ya,soalnya dlm proses itu saya gagal melulu.. :(

    1. Dr. Acer says:

      Denny, notifikasi error seperti apa yang muncul?

  22. boleh tanya ?
    kalau mau buat video di acer notebook caranya gimana yaa ?? 😀
    tolong dijawab

    1. Dr. Acer says:

      Puspa, kamu bisa melakukan merekam video dengan aplikasi webcam yang ada pada laptop kamu dengan cara menurunkan setting resolusi ke 640 x 480 terlebih dahulu yang terdapat di settingan aplikasi webcam agar dapat merekam video.

      1. saya sudah menurunkan resolusi ke 640 x 480 , tapi tetap tidak bisa merekam video . hanya bisa memotret saja. kira-kira apa yang harus saya lakukan ? 😀

        1. Dr. Acer says:

          Puspa, sudah coba menggunakan aplikasi perekam video lainnya? Referensinya bisa kamu dapatkan di forum atau blog yang membahas mengenai komputer/teknologi

  23. juju says:

    saya coba masukin vidio ke wmm,tapi suara vidiony g keluar.knapa yah?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Juju, apakah jika diputar melalui aplikasi lain suara video ada? :)

  24. dudung says:

    bro… ini sudah buat film dr WMM… terus hasil format kok tidak bisa di upload ke youtube dan shared ke fb yah ??? ada solusi gak bro ??? sepertinya kendala saya ada di hasil akhir…format hasil dr pembuatan film adalah = Windows Movie Maker Project. ada solusi tuh convert ke format yang lain ???? thanks

    1. Dr. Acer says:

      Dear Dudung, kamu dapat menyebarluaskan video tersebut baik ke Youtube dan FB dengan membuka pilihan “publish movie”. Namun terlebih dahulu kamu harus membuat akun Windows Live :)

  25. junaedi says:

    saya sudah download windows live essentials, tapi installnya lama banget, knapa ya

    1. Dr. Acer says:

      Dear Junaedi, apakah kamu sudah memastikan koneksi internet yang kamu pergunakan berjalan dengan lancar?

  26. bisa dipakai ga di AO531h movie maker nya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ardian, berikut adalah informasi minimum system requirement untuk menginstall Windows Live Movie Maker yang didapatkan dari website Microsoft:

      Operating system: 32- or 64-bit version of Windows 7, or Windows Vista with Service Pack 2 and the Platform Update for Windows Vista, or Windows Server 2008 R2, or Windows Server 2008 with Service Pack 2 and the Platform Update for Windows Server 2008.

      Processor: 1.6 GHz or higher

      Memory: 1 GB of RAM or higher

      Resolution: 1024 × 576 minimum

      Internet connection: Online services require dial-up or high-speed Internet access (provided separately—local or long-distance charges may apply). High-speed Internet access is recommended for some features.

      Graphics card: Windows Live Movie Maker requires a graphics card that supports DirectX 9 or higher and Shader Model 2 or higher.

  27. klo edit lagu gimana? tolong kasih tau ya………..

    1. Dr. Acer says:

      Hai Dyah, Windows Movie Maker tidak bisa digunakan untuk mengedit lagu. Untuk tutorial yang lebih lengkap silahkan kunjungi website Microsoft.

  28. calvin says:

    wajib di coba nie

  29. Intan says:

    bagaimana cara memasukkan foto ke dalam video tetapi menggunakan background video tersebut, jadi hanya fotonya saja yang diselipkan ke dalam video
    mohon bantuannya yah ^^

    1. Dr. Acer says:

      Dear Intan, Windows Movie Maker adalah software video editing dengan kemampuan basic. Dr. Acer tidak memiliki informasi apakah hal tersebut bisa dilakukan dengan software ini. Kamu bisa coba search “tutorial Windows Live Movie Maker” di Internet. Ada banyak video yang menyajikan tutorial untuk software ini.

  30. ihsan says:

    benar ga klo acer 4253 AMD lumayan bagus untuk aplikasi game dan desain….

    1. Dr. Acer says:

      Dear Ihsan, kamu bisa melihat terlebih dahulu minimum system requirement dari aplikasi yang akan di install, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi hardware AS4253. Untuk kegiatan seperti gaming dan desain grafis, Acer merekomendasikan produk yang sudah menggunakan VGA Discrete seperti AS4752G dan AS4755G :)

  31. Sieni Lauw says:

    Saya masih belom bisa mencantumkan bait bait lagu di hasil video yang saya buat…tolong dong dikasi tau bagaimana caranya?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sieni, kamu bisa menggunakan fitur “Caption” (klik icon pada tab “Home” di sebelah kanan icon “Snapshot”)

  32. Rahmat HAdi says:

    ini sangat membantu sekali , untuk saya, god job dr.Acer

  33. sieni lauw says:

    Apakah aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat sebuah lagu mp3 menjadi video klip (DVD)? Dan Bisakah digunakan untuk membuat mp3 menjadi sebuah lagu karaoke (ada text nya)? Bagaimana caranya? Di notebook acer yang mana yang sudah menyertakan aplikasi ini?

    1. Dr. Acer says:

      Dear Sieni, kamu bisa menambahkan lagu pada video kamu dan memberikan teks. Kamu bisa download aplikasinya di sini: http://explore.live.com/windows-live-movie-maker?os=other
      Di blog Acer juga ada artikel yang membahas cara mudah membuat video dengan Windows Live Movie Maker: http://acerid.com/2011/01/membuat-video-dengan-mudah-dengan-windows-movie-maker/

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved