Mengoptimalkan Built-In Webcam

Teknologi internet menjadikan kita mampu menerobos dimensi waktu dan tempat.  Kini bahkan dengan teknologi webcam komunikasi tidak hanya bisa dilakukan melalui tulisan atau suara. Komunikasi “face to face” a-la dunia maya pun mudah dilakukan.

Webcam atau web camera merupakan sebutan bagi  kamera yang hasil gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet. Efisiensi dan keefektifan webcam, semakin dimaksimalkan dengan adanya built in webcam. Built-in webcam merupakan istilah untuk webcam yang telah menyatu dengan perangkat seperti notebook atau netbook. Adanya built-in webcam ini, memudahkan kita untuk dapat memanfaatkan kegunaan webcam seperti video conferencing, internet dating, video messaging, home monitoring, images sharing, video interview, dan video phone-call, kapanpun dan dimanapun. Pemanfaatannya dapat melalui beberapa program instant messaging seperti Yahoo Messenger, AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger, dan Skype.

Sayangnya kemudahan mengaplikasikan webcam, seringkali tidak didukung oleh kualitas webcam yang baik. Keterbatasan resolusi perangkat dengan built-in webcam merupakan kendala yang sering menjadi masalah. Umumnya built-in webcam memiliki resolusi sekitar 352×288, 640×480 dan 1 MP, sehingga gambar yang dihasilkan memang tidak berkualitas baik.

Untuk memaksimalkan penggunaan built-in webcam pada NoteBook atau NetBook Acer, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Perhatikan sumber cahaya.

Sumber cahaya indoor umumnya didapatkan melalui lampu ruangan. Penggunaan cahaya dengan lampu neon, memang menghasilkan penerangan ruangan yang baik, tetapi peletakannya yang tidak fokus mengarah ke objek, justru membuat tampilan objek menjadi kusam dan pudar. Untuk memaksimalkan gambar webcam, sebaiknya gunakan penerangan yang lebih natural , seperti lampu bohlam yang dapat diatur posisinya mengarah ke wajah atau objek.

Pilih latar belakang yang baik

Faktor ini seringkali diabaikan banyak pengguna webcam. Padahal latar belakang ini, juga menentukan tampilan gambar. Dianjurkan untuk memilih latar belakang dengan warna yang solid. Bisa dipilih warna yang gelap ataupun terang. Keduanya bisa memperkuat tampilan gambar.

Hindari juga peletakan objek pada latar belakang, yang bisa menimbulkan refleksi pada webcam atau layar monitor.

Jangan lupakan monitor Anda.

Refleksi gambar tidak bisa dilepaskan juga dari pengaturan cahaya pada monitor Anda. Misalkan saja pengaturan brightness yang terlalu terang. Cahaya dari layar monitor yang terlalu terang secara langsung akan terpantul ke wajah Anda sehingga membuat hasil gambar dari webcam menjadi pudar dan kusam.

Kecepatan Internet

Sementara, untuk perangkat yang telah dilengkapi built-in camera beresolusi cukup tinggi, perlu diperhatikan juga bahwa semakin besar resolusi yang digunakan, diperlukan kecepatan internet yang semakin tinggi. Misalkan untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps.  Jika tidak didukung kecepatan internet yang memadai, tetap saja transfer gambar tidak akan maksimal.
Sekarang Anda dapat mulai berhenti membaca dan mulai berkomunikasi dengan webcam di NoteBook atau NetBook Acer Anda ;)

Jan 13 2011

on features, Tech News

501 Responses to Mengoptimalkan Built-In Webcam

  1. dok saya punya acer aspire one A0351h
    nah mslhnya sempat instal win7 truz balik lg ke winxp
    kok webcamnya gk kedetek waktu instal drivernya.
    disebutkan spya aktifkan webcam. gmn tu.. thx

    By andri glen Reply
    • Dear Andri, pastikan driver yang kamu install sudah sesuai dengan OS yang kamu gunakan

      By Dr. Acer Reply
  2. dok acer ko nvidia ge force ga bisa di insltal padahal saya udah download driver di device meneger jga ga ada dok gmn solusinya saya acer E5 471 windows 7 32 bit

    By wais Reply
    • Dear Wais, Acer tidak menyediakan driver support Windows 7 untuk tipe E5-471. Disarankan sebaiknya menggunakan OS Windows 8.1

      By Dr. Acer Reply
  3. Dok, saya dewi.
    Notebook saya aspire one 725 dok
    dulu notebook ini smpat diinstall ulang krn bermasalah dok, tp efeknya webcame [d notebook hilang dok..
    Jd apa solusinya dok, agar webcame di laptop saya ini bs digunakan dok?
    apa drivenya dok?

    By Dewi Silvia Zega Reply
    • Dear Dewi, pada umumnya driver webcam sudah ada pada driver bawaan Windows. Kamu bisa coba lakukan test webcam menggunakan aplikasi webcam sepserti Skype. :)

      By Dr. Acer Reply
  4. dok, laptop saya ini E1-472G Win 8 tapi waktu buka aplikasi camera ada tulisannya “looks like there’s something wrong with your camera. Check the manufacturer’s website for troubleshooting info”. Mohon pencerahannya?Terimakasih.

    By Agung Rahmadi Reply
    • Dear Agung, apakah sudah dicoba menggunakan aplikasi webcam lainnya?

      By Dr. Acer Reply
  5. utk webcam tdk bs difungsikan di acer ultra thin aspire v5-471, bgmn solusi sebenarnya? Karena tdk ada disediakan driver atau cara mengaktifkannya.

    http://prntscr.com/4ekg9d

    By Muttaqin Reply
    • Dear Muttaqin, OS apa yang kamu gunakan pada laptop kamu? Untuk mengaktifkan webcam, cukup jalankan aplikasi yang akan digunakan untuk mengambil gambar, membuat video, atau melakukan video chat menggunakan webcam :)

      By Dr. Acer Reply
  6. Dr acer, acer saya acer aspire v5, gmn ya cara ngembaliin settingan awal webcam sya , aplikasi yg saya gunakan cyberlink you cam, tks b4

    By lucy Reply
    • Dear Lucy, setting bagaimana yang kamu maksudkan?

      By Dr. Acer Reply
  7. untuk Dr.Acer, dok kan saya baru beli laptop acer aspire E1-472G win 7 nih, nah saya bingung pas dapet cd driver tuh kok isi nya ga ada instalan nya yah ?

    trus masalah webcam kalo acer ga ada tombol on/off nya ya ? saya bingung mengaktifkan webcam nya, emg perlu ya webcam pakai driver ? atau ada aplikasi nya ? Terima Kasih.

    By Yusuf Affandi Reply
    • Dear Yusuf, driver Aspire E1-472G juga dapat kamu download melalui link berikut http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers/ . Kamu juga perlu menginstall aplikasi ‘LaunchManager’ untuk control switch laptopmu. Aplikasi ‘LaunchManager’ juga dapat di download melalui link tersebut. :)

      By Dr. Acer Reply
      • jadi saya harus download semua driver nya dok ? kalo masalah vga ini kalo di laptop menggunakan vga intel&nvidia ya dok jadi saya harus download 2 driver ? sekalian nanya masalah vga dok, kok vga saya lihat di dxdiag masih intel hd graphic ya ? pdhl kan laptop 472G ini sudah nvidia geforce 820M

        By Yusuf Affandi Reply
        • Dear Yusuf, default VGA yang aktif dan yang terlihat pada dxdiag adalah VGA Intel HD namun jika membutuhkan kinerja VGA yang lebih dari Intel HD otomatis akan switch ke VGA Nvidia. Pastikan saja pada menu Device Manager driver Nvidia sudah tersedia (terinstall dengan benar).

          By Dr. Acer Reply
          • launch manager sudah saya download tidak bisa di install dok, os saya windows 7 sedangkan adanya yg versi win 8, bagaimana nih masa ya laptop saya begini adanya , nyalain wifi jadi ga kelihatan udh nyala atau belum dan bluetooth nya.

            By Yusuf Affandi
          • Dear Yusuf, kami sarankan untuk mengganti OS yang kamu gunakan menjadi OS Windows 8/8.1

            By Dr. Acer
  8. dok bagaimana kenapa kok laptop V5 – 471G webcam nya tidak mau atau tidak kedetek dok.,.,.
    bagaimana solusinya dok

    By surya adi irawan Reply
    • Dear Surya, sudah mencoba untuk melakukan install ulang aplikasi webcam terlebih dahulu dan aplikasi launch manager? Jika belum kamu bisa mencoba melakukan install ulang terlebih dahulu. Aplikais bisa kamu download melalui tuatan berikut:
      http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

      By Dr. Acer Reply
  9. saya sudah download aplikasinya tapi tetap saja camera not found (laptop saya acer v5-471g windows 7 64bit)
    mohon solusinya?

    By dwi Reply
    • Dear Dwi, coba uninstal dahulu aplikasi tersebut kemudian instal kembali, Jika tidak berhasil, kami sarankan membawa unit laptop tersebut ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu. :)

      By Dr. Acer Reply
  10. Dok kok laptop Acer Aspire E1 -431 saya,nggak bisa rekam video, saya menggunakan aplikasi bawaannya ( Webcam Companion 3 ).mohon solusinya.

    By hermansyah Reply
    • Hai Hermansyah, sudah coba turunkan resolusi pada settingan webcam?

      By Dr. Acer Reply
  11. Dok Saya mau tanya nih.. webcame di laptop e1 470 saya klo pake yahoo messger buat video call ga bisa ya.. configuration dosen’t appear to support video calls gto.. itu kenapa ya??
    driver nya kah??
    trus saya pake acer crsytal eye web came,,bisa??
    apa ada yg salah??

    By Shinji Reply
    • Dear Shinji, untuk menggunakan webcam kamu bisa install terlebih dahulu Acer crystal eye atau Cyberlink webcam application. :)

      By Dr. Acer Reply
  12. dok kenapa yah hasil video recorder dari cyberlink youcam tidak terderngar suaranya ? pdahal sebelumnya terdengar! mohon bantuannya :)

    By Anas Reply
    • Dear Anas, kemungkinan ada setting tertentu pada aplikasi yang belum di set sehingga hasil video recorder menjadi mode mute. :)

      By Dr. Acer Reply
      • Gini loh dok maksudnya,saya bikin video record yang baru, nah video record yg baru ini terdengar suaranya, sementara video record yang lama engga, pdahal tadinya ada. gimana ya, mohon bantunnya dok ?

        By Anas Reply
        • Dear Anas, untuk hal itu kemungkinan terjadi kerusakan pada file videonya atau mungkin juga ada ketidaksesuaian codec pada video player yang kamu gunakan. Kamu bisa coba menggunakan video player lain untuk memutar video tersebut, untuk memastikan problem ada pada file video atau pada video playernya. :)

          By Dr. Acer Reply
  13. dok, cara reset acer v5-431 giana ya biar kembali kepengaturan pabrik? tolong bales lewat email ya riohendrawan75@yahoo.co.id

    By rio Reply
    • Dear Rio, V5-431 yang dipasarkan oleh Acer Indonesia tidak bundling dengan OS Windows sehingga tidak bisa direstore ke kondisi factory default. :)

      By Dr. Acer Reply
  14. dok kan saya pake avast anti virus terus ke hapus webcamnya pas di install ulang trus di restart dicoba lagi install restart tetep aja camera no found saya pake webcam acer sunyi v.5.2.5.3 .
    jadi gimanaaaa ? mohon bantuannya

    By mina Reply
    • Dear Mina, disarankan untuk uninstall dahulu aplikasi webcam sebelumnya lalu disable antivirus sebelum menginstall aplikasi webcam kembali, aplikasi dapat didownload melalui tautan http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers sesuai tipe dan OS yang kamu gunakan :)

      By Dr. Acer Reply
  15. hi dok,
    saya pengguna baru acer, saya punya masalah saat merekam video melalui webcam di netbook AO725 saya, hasil rekamannya itu suaranya sangat kecil, saya coba setting micnya di control panel > realtek HD audio manager, tapi hasilnya tetap sama. jadi gimana cara mengatasinya dok?? mohon bantuannya

    By Nahla Reply
    • Dear Nahla, tipe AO725 dilengkapi dengan port Audio-Micrphone Combo Port, kamu bisa coba gunakan headphone yang sudah include dengan Microphone, tetapi yang menggunakan 1 kabel input agar mendapatkan suara yang lebih baik :)

      By Dr. Acer Reply
  16. Wah Dr. Acer, kok njawabnya normatif banget sih .. restart ulang, instal ulang kalo nggak bisa bawa ke service resmi acer terdekat. nggak salah sih… cuman kita kagak puas dengan jawaban seperti itu.Mudah2an mau menjawab lebih. soalnya masalah webcam bawaan banyak yg memang bermasalah pada notebook acer.

    By cahyo Reply
    • Cahyo, untuk masalah webcam umumnya bisa teratasi dengan melakukan restart ulang kemudian menginstall kembali aplikasi webcam. Jika ternyata hal tersebut tidak berhasil, maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh teknisi Acer untuk diketahui apakah ada gangguan pada hardware atau tidak.

      By Dr. Acer Reply
  17. Webcam saya ni kadang-kadang hidup, tapi kadang-kdang ga jadi (lebih sering ga jadinya), perkiraan saya mungkin cable yang mengubungkan kamera yang tidak terpasang dengan baik atau mungkin mau lepas karena getaran waktu berkendara,

    kalo ada penjelasan atau vidio tutorial membongkar/ memperbaikinya mohon di bagi link-nya ya.. masalanya saya tidak tahu mana tempat cable penghubung dari modtherboard ke kamera..

    By Afreli Tanuek Reply
    • Dear Afreli, Mohon maaf, kami tidak memiliki informasi mengenai hal tersebut. Perbaikan sebaiknya dilakukan di Acer Service Center terdekat untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

      By Dr. Acer Reply
  18. hai dok, saya pengguna baru acer ultrabook aspire P3, yang mau saya tanyakan, kenapa saat saya menggnakan webcam via ym n skype, kamera yang menshot pasti langsung menggunakan kamera belakang bukan kamera webcam depan, bagaimana cara mensetting kamera agar bisa diubah, mohon pertolongannya

    By patak Reply
    • Dear Patak, Kamu bisa coba cek pada menu Settings dari aplikasi tersebut, atau pada aplikasi camera di unit kamu

      By Dr. Acer Reply
  19. Dok laptop saya acer AO756, ga ada suaranya sama sekali tuh webcam nya. Harus diapain dok supaya ada suaranya saat ngerekam vidio?

    By Nung Reply
    • Dear Nung, pastikan volume tidak dalam keadaan “Mute” kamu bisa mengecek melalui control panel > Audio.

      By Dr. Acer Reply
  20. dok laptop saya aspire E1-431.kenapa untuk merekam video atau video call suaranya sangat kecil hampir tidak terdengar ?

    By hima fairi Reply
    • Dear Hima, kamu bisa menggunakan tambahan microphone agar suara hasil rekaman lebih maksimal :)

      By Dr. Acer Reply
  21. Ass” dok, saya baru instal ulang acer v5-431 dengan wind 7 (32bit) setelah perangkat terinstal semua, saya instal cyberlink youcam tapi camera not found terus, dan sudah mencoba driver webcam yang lain tapi hasilnya tetap sama saja,,, apakah ada cara setting tersendiri, mohon pencerahannya terima kasih…,,

    By pendi saputra Reply
  22. doc kenapa aspire v5-431 saya di instal webcam gak bisa???
    slalu keluar ” NO WEBCAM DIVICE FOUND ”
    solusinya doc,. makasih

    By Arif thofa Reply
    • Arif, Coba restart terlebih dahulu unit kamu, lalu lakukan kembali instalasi driver. Jika tidak berhasil, Kami sarankan membawa unit kamu ke Acer Service Center terdekat agar dibantu teknisi Acer mendiagnosa sekaligus memberikan solusi yang tepat untuk problem kamu.

      By Dr. Acer Reply
  23. doc aspire v5-431 saat instal Cyberlink k kamera not found trus

    By DK Chemaky Reply
    • Chemaky, pastikan kamu telah menginstall aplikasi webcam sesuai dengan tipe dan OS yang digunakan, namun jika masih terkendala kami sarankan membawa unit tersebut ke service center Acer agar mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh dan mendapatkan solusi yang terbaik dari teknisi Acer :)

      By Dr. Acer Reply
  24. dok, kenapa camera web cam saya gak ke detek yaa..

    saya pake acer aspire 4741g (xp), sebenarnya sudah lama memang web cam nya hilang, tapi 2 hari kmrn ada lagi.. pas waktu saya mau pake lagi setelah shutdown.. webcam nya hilang lagi

    malah saya sering nemu kata2 “camera not found” atau “the video web camera isnt found, please plug in..”

    singkat kata gmn cara mengembalikan webcam saya.. saya sdh coba install beberapa kali tp itu td jawabannya selalu kamera tdk terdeteksi atau tdk ditemukan

    By Rivi abdul Reply
    • Rivi, coba uninstall terlebih dahulu aplikasi webcam pada laptopmu. Setelah itu lakukan restart dan install kembali aplikasi webcam yang sesuai.

      By Dr. Acer Reply
  25. dok saya baru beli laptop acer v5 431 10072g50. kok webcamnya kurang memuaskan ya? di speknya 1mp tp di pengaturannya cmn 0.9 mp? ini gimana dok?

    By deaputri Reply
  26. Dok. Laptop saya ASPIRE 4755g, pas kemarin webcam saya masih work terus kok sekarang ga bisa ya???? Terus ada notif USB not recognize…. Tolong pencerahannya ya

    By Robertsen P.S Reply
    • Robertsen, jika menggunakan OS Windows berlisensi resmi dan bundling pada saat pembeliannya, bisa coba recovery system terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Alt+F10 pada saat awal booting untuk mengembalikan kondisi seperti semula :)

      By Dr. Acer Reply
  27. hello dok acer aspire 4745G cam nya bermaslah ketika saya hendak melakukan skype dengan kawan saya cam nya menjadi tidak jelas dan gelap padahal cahaya di ruangan saya cukup maksimal ko..mohon jawaban nya dok

    By asep Reply
    • Asep, apakah sudah coba lakukan instal ulang driver aplikasi webcam laptop tersebut?

      By Dr. Acer Reply
  28. dok, laptop saya yang ACER ASPIRE 4749Z webcam nya not found padahal saya udah instal drivernya & coba banyak aplikasi webcam tapi tetep aja gak bisa,
    kenapa ya ?

    By sihabudin agung Reply
    • Sihabudin, jika hal tersebut terjadi coba lakukan restart pada laptop dan jalankan kembali installer aplikasi webcam.

      By Dr. Acer Reply
  29. aku pakai driver vendor suyin,tp webcam msh gak detect no image device ga kluar gambar d webcam

    By coenk Reply
    • Coenk, untuk webcam cukup menginstal aplikasi webcam yang tersedia di tautan http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers sesuai tipe dan OS yang kamu gunakan, lalu jalankan aplikasi yang membutuhkan webcam. Jika masih tidak muncul kami sarankan membawa unit laptopmu ke Acer Service Center terdekat di kotamu, info lokasi service center tersedia pada bagian bawah blog ini :)

      By Dr. Acer Reply
  30. webcam nya camera not found katanya ,,gk bisa foto dong apa lagi video.. itu gmana cara ngatasinnya yh dok??
    #bingungtakutrusak

    By waode novitryani Reply
  31. dok laptop saya camera not found padahal driver sudah terinstal dengan baik

    By jin nindaime Reply
    • Hai Jin, aplikasi apa yang kamu gunakan untuk mengaktifkan webcam? Sudah coba dites menggunakan aplikasi video chat seperti Skype atau Yahoo! Messenger? Pastikan juga driver camera yang diinstall sesuai dengan vendornya. Untuk mengetahui vendor webcam pada laptop kamu silahkan download dan install aplikasi Hardware Vendor Detection berikut: http://global-download.acer.com/FilesDownload/HWID/HWVendorDetection.exe

      By Dr. Acer Reply

Submit Comment

  1.