Windows Movie Maker: Menggabungkan Foto dengan Video

January 14, 2011

Pada artikel terdahulu, kami sudah menunjukkan bagaimana caranya memanfaatkan Windows Movie Maker dari Microsoft Live Essentials. Kali ini, kami akan menunjukkan cara untuk menggabungkan foto ke dalam video yang Anda buat.

Lebih Lengkap dengan Menyisipkan Foto

Semua potongan video liburan sudah dikumpulkan dan Anda sudah bisa merangkumnya dengan Windows Movie Maker. Akan tetapi, beberapa detail terasa kurang. Bagaimana kalau detail-detail tersebut ada di dalam foto-foto yang Anda miliki? Mudah! Gabungkan saja foto-foto tersebut dalam video Anda, dengan memanfaatkan Movie Maker.

Pilih dan “Tarik”

Sangat mudah menggabungkan foto ke dalam video Anda dengan Movie Maker. Bukalah project video Anda dengan Movie Maker. Lalu, sisipkan foto yang diinginkan dengan melakukan drag and drop. Pastikan foto sudah masuk ke urutan yang Anda inginkan.

Pengaturan

Setelah foto masuk di antara urutan video, Anda sebaiknya melakukan beberapa pengaturan. lakukan dobel klik pada foto yang sudah disisipkan untuk masuk ke menu ‘edit’ dan memulai pengaturan durasi. Pengaturan ini dibutuhkan untuk menentukan berapa lama foto akan tampil selama video diputar.

Pengaturan durasi dilakukan dengan memilih durasi pada menu ‘Duration’. Secara default, Movie Maker menggunakan 7 detik. Anda bisa memilih nilai yang tersedia (dalam satuan detik). Atau, Anda bisa mengetikkan nilai yang diinginkan (contoh: 0,5 untuk durasi 1/2 detik).

Ternyata memasukkan foto ke dalam rangkaian video dengan Movie Maker itu sangat mudah, bukan? Movie Maker adalah salah satu dari software gratis yang bisa Anda peroleh dengan memiliki Windows 7 original. Menyenangkan, bukan? Jadi, jika Anda hendak memilih salah satu notebook Acer, pilihlah yang sudah menyertakan Windows 7 dalam paket penjualannya. Anda bisa memperoleh banyak fitur dan software ekstra yang ‘powerful’ dan mudah digunakan