What Every Newlywed Should Know!

May 30, 2011

Gue termasuk orang yang “beruntung” karena mengalami krismon tahun 1997-1998. Ya waktu itu gue masih kuliah di Perth, Australia. AUD loncat dari IDR 2.000 / AUD menjadi IDR 12.000 / AUD. Gue dan Dondi (dulu masih pacar, sekarang jadi suami) langsung kriting! Belanja beras aja rasanya mau pingsan kalau dihitung dengan nilai Rupiah.

Karena kondisi “melarat” itu juga, kami jadi bicara soal uang dengan terbuka. Supaya hemat, kami menyatukan uang saku untuk masak makanan dengan beberapa teman. Dondi sempat bekerja paruh waktu sebagai cleaner di sebuah hotel. Gue sendiri kerja 2x seminggu di sebuah restoran – supaya dapat makan malam gratis.

Kebiasaan diskusi soal uang ini pun terbawa terus sampai pulang ke Indonesia. Sehingga saat menikah di tahun 2000, gue & Dondi gak kagok lagi bahas soal uang.

Gue baru tahu ternyata orang lain gak “seberuntung” kami. Ada teman yang menikah 15 tahun tanpa pernah tahu berapa gaji suaminya. Teman lain menikah 1 tahun dan memberikan seluruh gaji pada istrinya, tapi takut bertanya apa saja yang sudah dilakukan sang istri dengan gajinya.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui oleh semua newlyweds!

  1. Berbagi Peran
    Siapa yang lebih suka mengurusi hal detil soal keuangan. Setelah menikah, hidup itu bersama, jadi walaupun punya rekening untuk gaji masing-masing kita perlu berbagi peran. Salah satu menjadi pengatur lalu lintas keuangan, satu lagi memberikan masukan soal investasi apa yang akan dilakukan.
  2. Ngobrol!
    Seperti waktu pertama kali ngedate ada hal-hal kecil yang kita pelajari dari pasangan. Sekarang cari tahu, seperti apa keperluan suami untuk makan di kantor setiap hari. Juga cari tahu kebutuhan make up istri. Berangkat dari hal-hal kecil lalu akan meningkat menjadi hal-hal yang lebih besar.
  3. Tujuan Lo Apa : Rumah VS Mobil
    Logikanya sih newlyweds harus beli rumah dulu. Tapi kenyataannya lebih susah tiap hari pinjam mobil sama mertua dibandingkan nebeng di rumah mertua kan? Jadi bersiaplah untuk pengeluaran terbesar kalian yang pertama! Pilih mau beli rumah dulu atau beli mobil dulu.

Masih banyak sih PR untuk para newlyweds! Tapi… kita coba pelan-pelan aja ya. Cobain 3 hal di atas. Bisa mulai dengan mengajak pasangan membaca artikel ini supaya terbuka pintu lebih lebar untuk ‘ngobrol’ soal uang!

Jangan sampai seperti seorang teman gue lainnya. Dia shock berat waktu tahu tunangannya punya utang kartu kredit segunung gara-gara hobi beli sepatu.

Gimana mau beli Rumah atau Mobil kalau sepatu aja masih ngutang?

Hey SpAcers, are you financial ready?

Ligwina Hananto