What’s your fave font? Nope, I have my own…

October 27, 2010

So, suatu saat Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang yang spesial melalui email. Karena dia special, tentunya Anda ingin email yang berbeda. Email yang mencerminkan diri Anda ketika si dia membaca.

Mengirim email dengan isi pesan yang menarik? Tentu saja… namun selain itu apa? Bagaimana jika Anda memasukkan tulisan tangan Anda sendiri ? Well…kita tidak bicara mengenai kertas dan alat tulis jika itu yang Anda pikirkan.

Menulis tulisan tangan memang sudah sangat jarang dilakukan. Dengan keberadaan komputer saat ini, pekerjaan mengkoreksi, membuat tulisan dengan rapih sampai mengatur jarak antar karakter menjadi lebih mudah dan effortless.

Tapi, ada kalanya kita bosan dengan tipe font yang ada di software office kita, dan ingin sesuatu yang memang ciri khas kita. Seperti tulisan tangan kita sendiri, hanya saja minus kerepotan yang dialami kalau kita menulis di kertas.

Nah sekarang, sebuah teknologi dikembangkan oleh salah satu brand alat tulis terkenal. Silahkan klik situsnya disini.

Anda bisa memasukkan gaya tulisan Anda disana. Sehingga Anda bisa mengetik sekaligus menulis. Voila..! terdengar rumit? Tidak sama sekali.

Pertama yang Anda butuhkan adalah laptop dengan webcam. Jika Anda memiliki Acer dengan webcam… it is a good start. Karena Acer webcam sudah dilengkapi dengan Acer PrimaLite™ technology yang menangkap image dengan optimal meskipun dalam cahaya rendah. Kenapa harus bisa optimal? Keep reading to know it.

Pertama, untuk dapat mengirimkan pesan dengan tulisan tangan Anda, gaya tulisan tangan kita harus dimasukkan dulu ke data. Caranya, Anda harus mengunduh formulir template yang telah disediakan oleh situs tersebut yang kemudian akan di cetak disebuah kertas. Hasil print-out dari form template tersebut kemudian diisi lengkap dengan berbagai variasi dari gaya tulisan Anda.

Nah, jika sudah terisi lengkap, yang harus kalian lakukan setelahnya adalah dengan meng-upload template tersebut ke situs tadi. Ada beberapa cara yang dapat kita pilih untuk mengunggahnya. Pilihlah yang terasa paling mudah buat kalian, yaitu :

  1. Webcam komputer / laptop.Hadapkanlah kertas template tadi kearah webcam dan posisikan sesuai dengan keadaan yang diharuskan oleh situs tersebut. Jika posisi sudah tepat maka secara otomatis webcam akan men-capture template tulisanmu. Nah, dengan teknologi Acer Primalite™, tentunya capture template tulisan Anda bukan masalah, hasilnya pun akan lebih tajam dan jelas. (Dan ini adalah cara yang termudah).
  2. Scanner. Cara ini dilakukan apabila kalian tidak memiliki webcam yaitu dengan men-transferform template ke bentuk sebuah file gambar ke dalam harddisk melalui proses scanning. Pilihlah file yang telah disimpan dan mulailah untuk meng-upload file tersebut.
  3. Kamera Digital. Jika kedua alat diatas tidak tersedia maka menggunakan kamera digital juga bisa dilakukan.Fotolah template yang telah terisi dan simpan file tersebut. Perlu diperhatikan agar memotret template tersebut di tempat yang cukup cahaya, agar bisa secara mudah untuk dikenali. Pilihlah foto tersebut dan masukkan kedalam situs tersebut.

Dari ke-3 cara yang disebutkan diatas,  dianjurkan untuk menggunakan pulpen bertinta tebal dalam mengisi formulir template tadi. Lalu, simpanlah hasil upload Anda. Oia, Anda bisa menyimpan beberapa variasi dari gaya tulisan tangan Anda lho.

Jika Anda merasa masih bingung, bisa langsung lihat video tutorialnya disini

Selanjutnya, Anda siap mengirim pesan spesial untuk si dia.

Jika tidak sedang sibuk di kantor, situs ini bisa jadi break yang menarik buat Anda yang suka hal-hal baru! Selamat mencoba. [YA]