USB 3.0 untuk Transfer Data Lebih Cepat

October 26, 2011

Setelah sukses dengan USB 1.0 dan 2.0, kini hadir USB 3.0 sebagai USB generasi terbaru. Perkenalkan anggota keluarga baru ini yang dipopulerkan dengan sebutan SuperSpeed USB.

Teknologi memang tidak pernah tidur. Jika dulu untuk menghubungkan antara komputer dengan perangkat elektronik lainnya mungkin butuh usaha ekstra, kini semuanya menjadi lebih mudah dan cepat. Universal Serial Bus atau yang biasa disebut sebagai USB, kini sudah menjadi standar bagi perangkat yang terhubung ke komputer, mulai dari flashdisk sampai kamera. Jika dahulu USB 2.0 dikenal dengan nama High Speed USB, USB 3.0 popler dengan sebutan Super Speed USB. Sebutan ini tampaknya beralasan karena kecepatan transfer datanya memang lebih jika dibandingkan generasi USB sebelumnya.

Pergantian nama tentu bukan satu-satunya perbedaan antara USB 3.0 dengan USB 2.0. Beberapa perubahan terjadi pada USB 3.0, tilik saja transfer rate yang lebih cepat, sekitar  6 sampai 10x lebih cepat dari transfer rate USB 2.0. Kemudian, USB 3.0 juga sudah menggunakan teknologi full duplex alias transfer data dua arah (membaca dan menulis secara bersamaan).  Meski secara bentuk fisik tidak ada perbedaan dengan USB 2.0, namun total kabel di dalam USB 3.0 berjumlah 9 kabel.

Meski kini belum banyak teknologi yang menggunakan USB 3.0 tapi spAcer tidak perlu khawatir. Kelebihan lain USB 3.0 adalah kompabilitasnya dengan USB 2.0. sehingga memungkinkan perangkat USB 2.0 untuk dapat dipakai di port USB 3.0 (meski berjalan dengan kecepatan USB 2.0). Begitu juga jika USB 3.0 dipasang pada port USB 2.0, maka kecepatan USB 3.0 itu akan berjalan seperti kecepatan USB 2.0. Oleh karena itu, untuk bisa merasakan kelebihan USB 3.0 kita pun harus menggunakan port USB 3.0.

Beberapa notebook keluaran terbaru Acer sudah dilengkapi dengan port USB 3.0 yang berwarna biru, misalnya pada Timeline X 3830TG atau Aspire Ethos 5951G. Keuntungannya? Apalagi kalau bukan waktu yang menjadi lebih singkat ketika spAcer mentransfer data berukuran besar. Oke, ucapkan selamat datang pada USB 3.0 dan nikmati saja “kesuperannya”!