UPS dan Manfaatnya bagi Komputer

January 12, 2012

Saat menyalakan laptop dengan charger, tidak disarankan untuk melepas baterai lho spAcer. Tahu gak alasannya kenapa?

Karena jika saat menggunakan laptop kamu hanya bergantung dari AC power tanpa baterai, maka bila suatu ketika listrik mati mendadak, hardware atau software laptop-mu bisa rusak.

Meski begitu, jika menggunakan UPS, kamu bisa menggunakan laptop tanpa baterai. Nah, Kenapa bisa begitu? Apa sih UPS itu dan manfaatnya bagi komputer spacer? Terus baca okay..

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan alat yang memberikan tenaga listrik cadangan sementara pada komputer jika listrik utama mati. Dengan menghubungkan komputer ke UPS, bila suatu ketika listrik di rumahmu mati, maka laptop-mu tidak akan langsung mati spAcer, melainkan tetap menyala menggunakan listrik dari UPS. Kamu jadi punya waktu untuk melakukan shutdown laptop sesuai prosedur, atau menghidupkan genset agar listrik menyala kembali.

Selain memberikan listrik cadangan untuk perangkat yang terhubung dengannya, UPS juga dapat menstabilkan tegangan. Bila terjadi ketidakstabilan pada tegangan input, UPS akan melakukan stabilisasi tegangan sehingga tegangan output yang dipakai komputer tetap merupakan tegangan stabil.

Dengan penggunaan UPS, kamu tidak perlu khawatir lagi saat menyalakan laptop tanpa baterai spAcer. Soalnya meski listrik mati, laptop-mu tidak akan langsung mati. Adanya listrik cadangan sementara dari UPS memberikan kesempatan padamu untuk menyimpan terlebih dahulu semua pekerjaan yang kamu lakukan.

Kalau daerah rumahmu tergolong sering terkena pemadaman listrik, atau tegangan listrik di rumahmu tidak stabil padahal kamu suka menggunakan laptop tanpa baterai, tidak ada salahnya menggunakan UPS lho spAcer. Namun, jika tidak pakai pun tidak masalah, asal kamu selalu ingat untuk tidak melepas baterai meski memakai laptop dengan colokan ya ๐Ÿ™‚