Understanding the Network

June 30, 2011

WiFi, 3G dan juga bluetooth, adalah tiga hal yang berbeda fungsi namun berada dalam satu ‘area’ yang sama di dalam laptop Anda. Kesamaannya adalah, ketiga hal ini masuk ke dalam kategori network atau jaringan, karena ketiga hal ini menghubungkan laptop Anda dengan jaringan di luar laptop. Untuk lebih mengenal seluk beluk jaringan yang ada di dalam laptop Anda, berikut beberapa FAQ tentang jaringan dalam laptop.

  • Q: Apakah laptop saya memiliki fitur bluetooth? Bagaimana cara saya mengetahui laptop saya memiliki fitur ini atau tidak?
    A: Produk notebook dan netbook yang dijual oleh Acer Indonesia ada yang memiliki bluetooth internal ada juga yang tidak. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek spesifikasi notebook atau netbook Anda di www.acer.co.id.
  • Q: Laptop saya ternyata tidak dilengkapi dengan bluetooth internal, dimana saya bisa mendapat drivernya?
    A: Anda bisa memakai bluetooth eksternal yang dijual di toko-toko. Pilihlah yang sesuai dengan tipe laptopmu
  • Q: Dimana saya bisa menemukan fitur bluetooth pada laptop saya dan bagaimana menjalankan fitur ini?
    A:  Jika laptop Anda memang sudah terinstall bluetooth internal, maka Anda bisa mengaktifkan bluetooth dengan menekan Fn+F3.
  • Q: Saya sudah tekan Fn+F3 tapi bluetooth tetap tidak muncul. Mengapa ini terjadi?
    A: Ada dua kemungkinan, pertama driver bluetooth Anda belum terinstall, atau sudah terinstall namun tidak sesuai dengan OS yang Anda pakai. Jika ini yang terjadi, maka Anda bisa menginstall ulang driver bluetooth dan aplikasi Launch Manager. Driver dan aplikasi bisa didownload di http://www.acer.co.id > Service & Support > Download Center. Kedua, periksa tipe laptop Anda, jika laptopmu tidak men-support bluetooth internal, maka perintah Fn+F3 tidak akan berfungsi.
  • Q: OS saya sempat rusak sehingga saya menginstall ulang OS di laptop saya, ternyata aplikasi bluetoothnya hilang. Bagaimana cara mengembalikan aplikasi bluetoothnya?
    A: Jika bluetooth Anda hilang, maka Anda bisa mencoba untuk menginstall ulang driver bluetoothnya. Sebelumnya jangan lupa untuk menginstall aplikasi Launch Manager. Driver bluetooth dan aplikasi Launch Manager bisa didownload di http://www.acer.co.id > Service & Support > Download Center.
  • Q: Mengapa sebelum mendownload driver untuk bluetooth, saya harus mendownload aplikasi Launch Manager? Apa fungsi aplikasi ini?
    A: Launch Manager adalah aplikasi yang berguna untuk memfungsikan special button yang ada di keyboard, selain itu aplikasi ini juga berguna untuk menampilkan on screen display untuk setting koneksi (WiFi, bluetooth), LCD brightness, dan volume.
  • Q: Apakah pengaturan mode pada BIOS mempengaruhi konfigurasi bluetooth laptop saya?
    A: Pengaturan mode IDE/AHCI pada BIOS tidak mempengaruhi konfigurasi pada aplikasi. Yang penting, pastikan driver bluetooth yang Anda install sudah sesuai dengan tipe laptop, vendor hardware, serta OS yang digunakan.
  • Q: Mengapa saya tidak bisa transfer data dari handphone ke laptop lewat bluetooth?
    A: Untuk bisa melakukan transfer data, pastikan Anda sudah melakukan pairing antara laptop dengan handphone yang akan dipakai untuk mengirimkan data lewat bluetooth.
  • Q: Bagaimana cara melakukan pairing untuk transfer data lewat bluetooth?
    A: Langkah-langkah untuk melakukan pairing adalah sebagai berikut:
    – Hidupkan bluetooth di laptop dan di handphone Anda.
    – Kemudian carilah jaringan bluetooth handphone(Search bluetooth network) Anda di laptop.
    – Setelah terbaca oleh laptop, lakukan pairing dengan handphone Anda dengan cara klik kanan pada nama bluetooth handphone Anda.
    – Masukkan kode pair dan konfirmasi di handphone Anda.
    – Pilih obex file transfer, akan terbaca isi handphone Anda (folder di hp maupun di kartu memori).
    – Pilih file yang akan dikirim ke laptop Anda dengan cara dipilih dan klik copy.
    – Biarkan jendela koneksi bluetooth yang membaca isi handphone Anda terbuka.
    – Pilih lokasi folder tempat Anda akan memasukkan file, kemudian paste di tempat / folder tersebut. Nanti akan terbentuk koneksi file transfer dari handphone ke laptop Anda.
  • Q: Saya sudah mencoba klik kanan pada nama bluetooth, namun tulisan pair tidak muncul, apa yang harus saya lakukan?
    A: Anda bisa mencoba klik icon bluetooth, kemudian pilihlah “Receive a file”. Setelah itu inggal memilih  file yang ingin ditransfer dari handphone Anda dan kirim.
  • Q: Mengapa jika ada bluetooth dari luar dan ingin terkoneksi dengan bluetoot laptop saya, bluetooth tidak bisa dihubungkan, padahal bluetooth sudah terdeteksi.
    A: Pastikan setting bluetooth pada laptop Anda mengijinkan devices lain untuk melakukan koneksi. Caranya: klik kanan pada ikon bluetooth di taskbar lalu klik Open Bluetooth Setting. Pada tab ‘Options’ pilih ‘Turn Discovery On’ dan ‘Allow Bluetooth devices to connect to this computer’
  • Q: Untuk lampu sinyal bluetooth dan wifi ketika sudah connect apakah warnanya berubah?
    A: Warna lampu indikator WiFi tidak akan berubah jika sudah terhubung dengan koneksi WiFi, begitu juga dengan lampu indikator bluetooth.
  • Q: Apakah cara mengaktifkan wifi sama dengan cara mengaktifkan bluetooth?
    A: Sama, yaitu Fn + F3.  Namun jangan lupa untuk menginstall program launch manager sebelumnya.
  • Q: Lampu indikator wifi  saya tidak kedap-kedip, namun menyala terus. Apakah tidak apa-apa?
    A: Selama tidak ada masalah dengan koneksi wifi laptop Anda, seharusnya hal ini tidak apa-apa.
  • Q: Pada WiFi saya terdapat tulisan signal-up, apa manfaat dari signal up?
    A: Signal Up adalah teknologi yang digunakan pada produk Acer yang fungsinya untuk memperkuat kemampuan menangkap sinyal WiFi.

 

Setelah membaca hal-hal diatas, kini Anda bisa mengenali lebih baik tentang network di dalam laptop Anda. Jika ada permasalahan teknis yang tidak Anda mengerti terkait network, Anda dapat bertanya kepada Dr. Acer dengan mengisi formulir pertanyaan, atau bawa unit Anda ke ACSC atau ACSP terdekat agar dapat diperiksa oleh teknisi Acer.