Tips Persiapan Work from Anywhere Biar Kerjaan Lancar

January 4, 2023

Sejak pandemi Covid-19 melanda, kebijakan kantor mengubah aturan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kini seiring melandainya penyebaran Covid-19, muncul istilah bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA).

Saat ini banyak perusahaan masih menerapkan sistem kerja remote dan tidak mewajibkan ke kantor. WFA adalah salah satu opsi bagi pekerja yang bosan kerja dari rumah, dengan bekerja dari kafe, sambil liburan, ataupun tempat-tempat lain.

Work from anywhere memberikan fleksibilitas yang lebih banyak untuk semua pihak. Oleh karena itu, tidak heran kalau work from anywhere menjadi populer dan menjadi sistem kerja yang diminati kebanyakan perusahaan.

Konsep work from anywhere dan work from home tidak jauh berbeda, yaitu bekerja dari tempat yang ditentukan oleh masing-masing karyawan. Namun, work from anywhere lebih fleksibel dalam pemilihan tempat, karena ditentukan oleh kenyamanan karyawan sendiri dan tidak harus bekerja dari rumah (work from home).

Baca juga: Memilih Workstation Optimal Agar Semangat Kerja di Rumah!

Dari sisi perusahaan pun, konsep work from anywhere atau work from home memiliki keuntungan tersendiri, misalnya penghematan biaya sewa kantor atau ruangan karena pegawai tidak diharuskan untuk bekerja di kantor. 

Inilah rekomendasi lokasi work from home yang bisa memberikan kenyamanan lebih untuk bekerja.

1. Kafe

Kafe merupakan salah satu tempat cocok untuk WFA. Selain bisa mendapatkan wifi, suasana kafe juga bisa menambah mood dalam bekerja.

Anda juga bisa sembari makan atau ngopi untuk menemani menyelesaikan pekerjaan. 

2. Perpustakaan

Perpustakaan cocok dijadikan tempat bekerja jika Anda butuh tempat yang sepi dan tenang. Anda juga mencari referensi buku untuk menunjang pekerjaan.

Bisa juga Anda membaca buku disela-sela bekerja. Tentu bisa menambah wawasan dan membuat otak Anda lebih fresh.

3. Co-working space

Co-working space belakangan memang banyak tersedia di kota-kota besar. Buat Anda yang bekerja remote dan butuh fasilitas menunjang bisa mendatangi co-working space.

Co-working space juga membuka kesempatan untuk terhubung dan membangun koneksi pekerja ataupun pemilik bisnis kecil lainnya. 

Selain itu, tak jarang co-working space juga menawarkan paket penyewaan tempat kerja bersama yang tengah memberikan workshop atau pelatihan. 

4. Hotel

Hotel merupakan opsi jika Anda ingin WFA sembari staycation. Anda tak perlu repot ke mana-mana karena adanya fasilitas hotel yang menunjang.

Anda bisa memanfaatkan restoran hotel, kolam renang atau fasilitas lainnya. Anda bisa mengajak keluarga juga jika bekerja remote dari hotel.

Tentu ini merupakan pilihan yang mengasyikan, bekerja sembari liburan,

5. Taman kota

Selain ruang tertutup, Anda juga bisa bekerja di ruang terbuka, seperti taman kota. Di taman tersebut, terdapat pepohonan yang rindang dan bangku taman.

Salah satunya seperti di Taman Suropati di Jakarta. Bekerja di taman tentu membuat suasana menjadi sejuk. 

Melihat pemandangan yang bernuansa hijau juga membantu mata Anda menjadi fresh dan suasana hati atau mood menjadi lebih baik.

Dengan berbagai rekomendasi lokasi, tentu saja ada sejumlah tips yang harus Anda perhatikan saat work from anywhere. Berikut tipsnya:

1. Susun jadwal

Jadwal harian dan daftar pekerjaan wajib disusun karena dapat menjadi panduan untuk menentukan prioritas saat bekerja.  Sehingga, tidak ada pekerjaan yang terlewat.

2. Disiplin

Kedisiplinan tinggi diperlukan agar produktivitas kerja tetap terjaga saat WFA. Apalagi WFA bekerja tanpa diawasi langsung yang berpotensi membuat Anda lebih santai dalam bekerja.

Jangan sampai WFA malah membuat kinerja Anda menurun. Oleh karena itu, disiplin sangatlah penting.

3. Tentukan tempat kerja

Tempat kerja untuk WFA sangat lah penting. Bila WFA dilakukan di coffee shop, hindari outlet yang ramai pengunjung dan menyetel musik dengan volume tinggi.

Jika menjalani WFA di hotel, pilih ruangan dengan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. 

Yang terpenting tersedia wifi atau koneksi yang bagus untuk bekerja. Jangan sampai internet menjadi kendala Anda dalam bekerja remote.

Baca juga: Mengenal Microsoft Teams untuk Aktivitas Kerja Kekinian

4. Gunakan perangkat kerja yang tepat

Agar pekerjaan lebih maksimal, gunakan perangkat kerja dengan fitur andal yang bisa menunjang produktivitas, misalnya, laptop. Perangkat tersebut diperlukan untuk menunjang pekerjaan yang terkait dengan menulis, editing dokumen, memindahkan, serta mengirim file atau rapat virtual.

Untuk laptop yang mumpuni dalam mendukung pekerjaan, Anda bisa memilih laptop Swift 3 OLED (SF314-71). Swift 3 OLED memberikan pengalaman laptop terbaik dengan kinerja tinggi  serta diperkaya layar OLED-TUV Eyesafe™ untuk pengalaman hiburan yang memukau.

Dengan konstruksi yang sangat tipis hanya 17,9 mm dan berbobot super ringan 1,4 kg, Swift 3 OLED diperuntukkan bagi pengguna yang mengutamakan portabilitas tanpa mengesampingkan kinerja, juga cocok untuk para profesional, serta kebutuhan belajar ataupun riset yang membutuhkan performa tinggi untuk multi-tasking. 

Profesional yang membutuhkan laptop dengan kejernihan warna, Swift 3 OLED mampu diandalkan berkat kinerja canggih serta akurasi warna terbaik dengan perpaduan 2K OLED dan 100% DCI-P3. 

Layar Swift 3 OLED berukuran 14 inci dengan resolusi hingga WQXGA+, memiliki kecepatan refresh rate layar mencapai 90 Hz, dengan response time 0.2 ms. Layarnya juga memiliki bezel yang tipis dengan screen body to rasio 92%, menjadikan Swift 3 OLED laptop yang super compact dan portable.

Swift 3 OLED dibekali dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe graphics beserta fitur Display HDR, True Black 500 (sangat baik untuk menampilkan beragam konten HDR), cakupan akurasi warna terbaik Color Gamut DCI-P3 100%, dan rasio kontras 1.000.000:1, serta sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland Eyesafe. Sertifikasi ini merupakan sertifikasi yang dibuat oleh Rheinland, kepada laptop dengan layar yang aman bagi mata untuk pemakaian ekstensif. Sehingga kesehatan mata tetap terjaga meskipun bekerja menggunakan laptop untuk waktu yang lama. 

Selain itu, Swift 3 OLED juga cocok bagi kebutuhan komputasi kinerja tinggi  karena menggunakan H-Series Intel Core Processor, prosesor yang biasa digunakan untuk laptop gaming. Tentunya, laptop dengan kemampuan processing sebaik ini dapat diandalkan untuk penyusunan atau pengolahan data dalam skala besar secara cepat.

Di sisi lain, bagi kamu yang mencari hiburan dalam format audio-visual seperti film, Swift 3 OLED siap memanjakan pandangan kamu dengan resolusi tinggi dan warna cerah yang mewah. Layangkan imajinasi bersama kekayaan warna layar Swift 3 OLED. Jadi bikin WFA semakin nyaman karena bisa diselingi menonton film dengan kualitas gambar yang sangat bagus.

Swift 3 OLED hadir dengan dua varian prosesor Intel Core Generasi ke-12 generasi terbaru, yakni Core i5-12500H dan i7-12700H. Dapur pacu mutakhir dan bertenaga dipadukan dengan RAM 16 GB LPDDR5 super cepat serta kapasitas penyimpanan SSD yang luas hingga 2 TB (menggunakan 2 Slot SSD NVMe yang tersedia).

Acer Swift 3 OLED sangat cocok untuk Anda yang menerapkan sistem kerja work from anywhere.