5 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Kamu Tiru

October 24, 2017

Selain kemampuan, ada hal lain yang tak kalah penting diperhatikan jika kamu ingin menjadi orang sukses, yaitu kebiasaan. Selama kamu memiliki kebiasaan yang baik, kualitas hidup akan cenderung baik pula. Hal ini tentunya akan membantu kamu untuk menjadi orang yang sukses.

Semua orang atau sosok yang kamu anggap sukses pun memiliki kebiasaan tersendiri yang membantu mereka menjadi seperti sekarang. Kamu bisa belajar dari mereka dengan menerapkan beberapa kebiasaan berikut ini.

Merencanakan Hari dari Malam Sebelumnya

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, ada beberapa orang yang memilih untuk melakukannya tanpa rencana. Apakah kamu termasuk golongan tersebut? Jika iya, sepertinya kamu harus mulai mengubah kebiasaan tersebut. Umumnya, orang-orang sukses meluangkan waktu pada malam hari untuk menyusun daftar aktivitas atau rencana kegiatan yang akan mereka lakukan keesokan harinya. Saat bangun pada pagi hari, mereka akan memeriksa catatan tersebut untuk menyiapkan diri terhadap aktivitas yang harus dilakukan pertama kali.

Membaca Buku untuk Cari Inspirasi

Hanya karena seseorang telah sukses, bukan berarti ia mengetahui segala hal di dunia ini. Orang sukses tahu akan hal tersebut, karenanya mereka akan terus membekali diri dengan sebanyak mungkin informasi. Seperti buku yang menjadi salah satu sumber utama para orang sukses dalam mencari inspirasi.

Elon Musk, pendiri Tesla, menghabiskan waktu setidaknya empat jam per hari untuk membaca buku, lho! Kamu tak harus membaca buku dalam waktu selama itu. Namun, cobalah bangun kebiasaan membaca buku untuk memperkaya pengetahuan. Hal ini akan sangat membantu kesuksesanmu.

Baca juga: Website Legal untuk Streaming Lebih Seru!

Tidur dalam Waktu yang Cukup

Mayoritas orang sukses pasti sibuk. Namun, hal tersebut tak membuat mereka mengabaikan kesehatan begitu saja. Salah satunya adalah dengan mendapatkan tidur dalam waktu cukup. Mereka tahu betul bahwa kurang tidur dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, produktivitas, dan kemampuan untuk menangani situasi yang menekan. Jadi, jika ingin menjadi orang sukses, usahakan untuk selalu tidur cukup. Paksakan diri untuk tidur dalam jadwal tertentu. Jangan bermain ponsel sebelum tidur karena paparan cahayanya bisa membuat Anda semakin susah tidur.

Membelanjakan Uang untuk Orang Lain

Dilansir dari situs Entrepreneur, sebuah riset mengatakan bahwa memberikan uang kepada orang lain ternyata bisa membuat kamu bahagia. Dengan memberikan hadiah kepada orang lain, kamu telah menciptakan sebuah koneksi sosial yang dapat membuat kamu bahagia. Idealnya, hubungan yang baik memang membutuhkan “investasi”, baik dalam bentuk waktu, tenaga, dan uang. Orang-orang yang sukses tidak ragu melakukan “investasi” tersebut. Mereka yakin bahwa “investasi” yang diberikan akan sepadan dengan hubungan baik yang diterima.

Baca juga: Ingin Menjadi Pemimpin Sejati? Ikuti Ciri-Ciri Ini Ya!

Memberi Reward kepada Diri Sendiri

Jangan menilai bahwa reward untuk diri sendiri adalah hal yang egois. Berkomitmen dalam melakukan pekerjaan bisa menghabiskan energi kamu. Nah, hadiah untuk diri sendiri bisa membantu kamu untuk terus termotivasi melanjutkan kebiasaan baik tersebut. Saat kamu memberikan hadiah atau reward kepada diri sendiri, energi dalam diri akan bertambah, yang nantinya dapat membantu kamu mengelola kebiasaan baik. Hal ini dikuatkan dengan pernyataan dari seorang penulis buku The Happiness Project, Gretchen Rubin bahwa orang yang mendapatkan hadiah cenderung memiliki self-control lebih baik.

Jadi mulai sekarang, jika kamu ingin menjadi orang sukses, mulailah dengan menerapkan kelima kebiasaan baik di atas. Agar tidak merasa terbebani, kamu bisa mulai mencoba satu jenis kebiasaan dulu, baru bertambah ke kebiasaan selanjutnya. Semoga usahamu membuahkan hasil!

Baca juga: Hindari Kesalahan Keuangan Ini Saat Membangun Startup