Ini Cara Mudah Menghubungkan Laptop Ke Proyektor!

August 13, 2018

Saat akan mengadakan pertemuan bisnis atau ingin merasakan pengalaman hiburan yang lebih luas, kamu membutuhkan eksternal display seperti proyektor. Proyektor sudah lama hadir menjadi solusi tepat untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer dengan tampilan layar cukup besar. Dibandingkan media lain, seperti TV Plasma atau monitor LED, proyektor juga praktis dibawa dan digunakan kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: 5 Tingkat Resolusi Pada Proyektor, Apa Saja?

Maka itu, proyektor menjadi salah satu perangkat vital dalam kebutuhan sehari-hari. Namun, belum semua orang mengetahui bagaimana menyambungkan laptop ke proyektor. Yuk, simak penjelasan lengkap berikut untuk mengetahui caranya!

Menghubungkan Proyektor Melalui Koneksi Fisik
Koneksi Fisik

Hubungkan terlebih dahulu proyektor ke laptop menggunakan port HDMI atau Mini-DisplayPort. Setelah terpasang dengan baik, Windows akan mengenali adanya hardware baru yang terhubung. Klik tombol Windows di keyboard + P atau melalui klik kanan pada layar desktop, lalu pilih Screen Resolution. Setelah itu pilih salah satu mode dari empat opsi berikut ini:

  • PC Screen Only. Kamu akan melihat gambar layar hanya di laptop saja.
  • Duplicate. Opsi layar yang akan menampilkan tampilan pada kedua perangkat, yaitu laptop dan proyektor.
  • Extend. Kamu dapat melihat dua tampilan layar di laptop maupun proyektor, serta dapat melakukan drag dan memindahkan item di antara keduanya.
  • Project Only. Hanya menampilkan tampilan pada proyektor.

Menghubungkan Proyektor Melalui Koneksi Non-Fisik

Koneksi Non-Fisik

Kini, Microsoft telah membuat segalanya jauh lebih mudah untuk menghubungkan laptop ke proyektor berkat Windows 10. OS terkini ini memiliki setting yang membuatnya hanya sekadar plug and play. Khusus laptop dan proyektor yang mendukung Miracast, tekan tombol Windows + P, pilih Connect To a Wireless Display. Klik Projector, kemudian kamu bisa langsung menggunakan proyektor.

Seperti yang kamu ketahui, Miracast merupakan teknologi wireless yang memungkinkan kamu untuk menampilkan layar laptop Windows 10 ke proyektor atau perangkat lainnya. Biasanya, laptop keluaran terbaru sudah mendukung teknologi ini. Untuk mengeceknya, klik Start Menu, pilih Connect, dan klik Connect from The List Of.

Menghubungkan proyektor ke laptop ternyata mudah setelah kamu tahu caranya. Dengan begini, kamu dapat mengatur tampilan yang sesuai dengan kebutuhan presentasimu. Biar presentasimu selalu berjalan sukses, pastikan juga menggunakan proyektor yang dapat memenuhi tuntutan mobilitas tinggi seperti perangkat proyektor Acer C200.

Proyektor masa kini mengutamakan kemudahan dan kepraktisan bagi penggunanya berkat desainnya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Soal kualitas gambar, Acer C200 sanggup menghasilkan gambar beresolusi FWVGA (854×480 piksel), dan telah didukung Acer ColorSafe II untuk memberikan warna tajam dan cerah secara konsisten. Proyektor ini juga memiliki tingkat keterangan 200 ANSI Lumens dan kontras rasio 3.500:1 yang membuat teks, video, dan grafis terlihat jelas.

Kelebihan lainnya, Acer C200 dapat dioperasikan menggunakan baterai saat tidak ada sumber listrik. Di samping itu, lampu LED-nya awet bertahan selama 30.000 jam penggunaan. Acer C200 juga sangat ramah lingkungan dan hemat energi berkat teknologi EcoProjection.

Baca juga: Proyektor DLP, Proyektor High Quality dengan Gambar yang Jernih

Acer tak lupa melengkapi proyektor ini dengan 40o Vertical Keystone Correction. Hal ini membuat Acer C200 memiliki pengatur sudut kemiringan yang baik. Dengan begini, gambar yang ditampilkan Acer C200 tetap bisa tegak lurus dan sempurna, meskipun di ruangan terbatas!

Bagimana spAcer, sudah paham kan sekarang kalau kamu mau menyambungkan laptop Acer kamu ke proyektor mini Acer C200? Selamat mencoba!