4 Tips Mengurangi Ping PC Supaya Main Game Lancar

October 17, 2019

Buat  yang suka bermain game online, udah nggak asing dengan istilah Ping. Merupakan Packet Internet Gopher, yang kalau diterjemahkan ke  bahasa Indonesia artinya kecepatan internet yang dibutuhkan PC saat mengakses data dari server induk dan sebaliknya.  Singkatnya, semakin tinggi angka ping,  semakin lag juga yang akan kamu rasakan dalam game . Lantas, bagaimana sih tips mengurangi ping PC? Acer punya caranya. Yuk, simak!  

Matikan semua auto-update di aplikasi

Saat menghidupkan PC, pastinya kamu kerap kali menjalankan beberapa aplikasi atau software secara bersamaan, β€˜kan? Nah, saat berbagai aplikasi itu berjalan di background, terkadang mereka suka melakukan update sendiri. 

Tips Mengurangi Ping PC

Kejadian seperti ini paling sering terjadi dengan aplikasi Steam, yang kerap kali mengunduh sendiri versi terbaru dari game yang kita punya. Untuk menonaktifkannya, kamu bisa pilih preference lalu download, kemudian pada menu di bagian kiri, kamu hilangkan ceklis pada pilihan allow downloads during gameplay.

Jauhkan dari pemakaian VPN

Seperti yang kamu tahu, saat kita memakai VPN, server PC kita akan dipindahkan ke negara yang kita tuju. Saran dari Acer sih, ada baiknya jika kamu nggak menggunakan VPN saat bermain game. Soalnya, VPN sendiri mengalihkan koneksi melalui server yang jauh untuk tujuan anonimitas, yang tentunya meningkatkan latency atau ping PC kamu. 

Matikan Layanan Lokasi

Hampir semua PC yang berjalan di OS Windows memiliki fitur layanan lokasi yang bisa mendeteksi lokasi kamu secara real time. Dibalik itu, fitur ini memakan banyak bandwidth. Untuk mematikannya, kamu bisa pergi ke  menu setting dan pilih privacy yang ada di bagian kiri bawah opsi. Di menu sebelah kiri, pilih location dan matikan location services.

Tips Mengurangi Ping PC

Jauhkan PC kamu dari virus

Memiliki anti-virus yang kuat dan alat pembunuh malware bisa melindungi PC kamu dari Trojan dan malware pemakan bandwidth yang nggak diinginkan.

Perkuat jaringan dengan Killer Ethernet

Ini dia tips mengurangi ping PC yang terakhir, gamer. Yaitu dengan menggunakan teknologi Killer Ethernet. Dengan Killer E3000 Ethernet 2.5Gbps Controller, apalagi kalau perangkat sudah disematkan Killer Wi-Fi 6 AX 1650 kamu bisa memiliki dan mengontrol kecepatan internet yang kamu butuhkan untuk kegiatan bermain game kamu

Bayangkan saja,  kamu bisa merasakan kecepatan internet mencapai 2.5Gbps. Ditambah lagi lengkap dengan teknologi terbaru Wi-Fi 6 yang menggunakan 160Mhz channel, sehingga Killer AX1650 bisa memberikan kinerja yang mutakhir. 

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik Acer, Kamu Harus Punya Nih!

Nah, gimana gamers, sekarang sudah paham kan bagaimana tips mengurangi ping PC? Dan apa saja yang harus kamu hindari untuk mendapatkan ping yang rendah? Buat kamu yang tertarik membaca tips dan trik seputar gaming, kamu bisa terus pantengin blog resmi Acer ya!