Tips Mendapatkan Pekerjaan Lewat Jejaring Sosial

March 22, 2013

Jika selama ini spAcer hanya menggunakan jejaring sosial untuk berhubungan dengan teman dan keluarga, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk mendapatkan pekerjaan lho! Faktanya, kini banyak perusahaan yang melihat akun jejaring sosial milik para calon karyawan yang mendaftar. Jadi, tidak ada alasan untuk cuek dengan isi atau tampilan akun jejaring sosial milikmu, spAcer.

social-media-job

Saat ini istilah ‘resume sosial’ mulai menjadi tren dan menarik perhatian. Ada pun yang dimaksud dengan resume social mengacu pada perangkat tambahan digital untuk CV dalam bentuk tradisional atau dalam bentuk PDF. Jika mendengar istilah resume social, mungkin yang terbayang di benak spAcer adalah LinkedIn. Namun kini jejaring sosial lain seperti Twitter, Facebook bahkan Tumblr juga bisa membantu kita mendapatkan pekerjaan dan membantu perusahaan atau headhunter mendapatkan profil yang lebih lengkap tentang calon karyawan.

socialmediajob

Seperti apa sih resume sosial yang bisa membuat HRD atau pencari karyawan mau ‘melirik’mu, spAcer? Simak tips dan trik berikut ini ya:

  • Pastikan di dalam status update yang ada di akun jejaring sosial milikmu tidak berisi kata-kata kasar atau menghina siapapun, atau kalimat dengan tata bahasa yang buruk. Tentu perusahaan/pencari karyawan tidak ingin mengambil resiko bila suatu waktu menjadi korban hinaan di masa mendatang via jejaring social
  • Sertakan pengalamanmu di bagian deskripsi akun atau profil jejaring social milikmu. Berusahalah tampil ‘menjual’ dan professional .
  • Usahakan agar isi dari akun jejaring sosial milikmu menunjukkan kepribadianmu, hobi serta keahlian yang kamu miliki.
  • Berusaha menjadi orang yang aktif di jejaring sosial yang kamu miliki. Misalnya kamu memiliki blog, maka rajinlah membuat tulisan di blog tersebut. Atau jika punya twitter, cobalah untuk membuat kultwit yang bermanfaat. Bila kamu menulis topik yang berkaitan dengan bidang yang kamu tekuni, maka keahlianmu juga pasti akan lebih dikenal. Pastikan juga jejaring sosial-mu selalu up to date ya spAcer.
  • Posting konten asli di akun jejaring sosial milikmu. Ini akan menunjukkan seberapa besar kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki.

Tidak ada salahnya ‘memoles’ akun jejaring sosialmu jika kamu memang sedang berusaha mencari pekerjaan atau peluang bekerjasama lho, spAcer. Siapa tahu kamu berhasil menarik perhatian perusahaan atau calon partner yang akhirnya menawarimu pekerjaan. Selamat mencoba!