Tips dan Trik Menggunakan Facebook Timeline

July 19, 2012

SpAcer  pasti udah tahu dong kalau tampilan Facebook berubah dan kini kata ‘Facebook Timeline’ (nama tampilan baru facebook)  bakal sering kamu denger atau jumpai di mana pun.   Mungkin banyak diantara kamu yang mengeluhkan perubahan tampilan facebook tersebut. Apalagi yang berubah bukan hanya tampilan, tapi juga isi dari facebook itu sendiri. Perubahan ini cukup membuat bingung para penggunanya saat ‘Timeline’ ini muncul.

Tapi kini kamu gak perlu khawatir atau bingung lagi spAcer, ada tips dan trik cara menggunakan Facebook Timeline dengan mudah. Kalau kamu sudah mengusainya dengan baik, Timeline facebook bisa terasa sangat menyenangkan lho! Berikut tips dan trik-nya:

  • Merasa pernah posting sesuatu tapi tidak bisa menemukannya di Timeline-mu spAcer? Nah, mungkin postingan ini ‘disembunyikan’ oleh Facebook. Postingan yang ada di Timeline namun tidak ditampilkan bisa dimunculkan kembali dengan meng-klik bulatan berwarna biru yang ada di garis tengah timeline. Pilihan lainnya, kamu bisa klik tiga bulatan biru yang ada di bawah tulisan tahun. Dengan begitu, maka semua postingan atau ‘cerita’ yang terkait denganmu akan muncul di timeline-mu. Selain kamu, temanmu juga bisa melihat cerita di timeline-mu dengan melakukan hal yang sama spAcer.
  • Ingin menyembunyikan postingan yang pernah kamu buat? Atau ‘membersihkan’ timeline-mu dari postingan yang mengganggu? Gampang spAcer, karena ada fitur ‘Hide from Timeline’ yang bisa diaktifkan dengan menekan gambar pensil yang ada di pojok kanan atas sebuah post. Postingan tersebut tidak akan terhapus kok, hanya disembunyikan saja.
  • Tampilan Timeline membuat kamu bisa melihat apa saja yang dilakukan temanmu lewat tampilan di sisi kanan atau sidebar. Namun, jika tampilan ini membuat kamu pusing, kamu dapat menyembunyikan sidebar ini kok. Caranya tinggal klik gambar tanda panah yang ada di pojok kanan bawah layarmu. Ini akan me-minimize tampilan sidebar.
  • Ingin membuat sebuah post tampil dua kali lebih besar? Tinggal klik gambar bintang yang ada di pojok kanan sebuah post. Ini merupakan fitur highlight dari Facebook. Jadi jika kamu meng-highlight suatu post, tampilannya akan menjadi dua kali lebih besar dibanding post biasa. Untuk mengembalikannya ke ukuran semula? Klik kembali gambar bintangnya.
  • Pin sebuah post. Pin membuat kamu dapat meletakkan postingan yang kamu anggap penting pada posisi paling atas di timeline-mu spAcer. Jadi siapapun yang melihat timeline-mu akan langsung melihat postingan ini. Suatu post yang di pin hanya akan bertahan selama 7 hari dengan posisi di atas timeline. Setelah itu post tersebut akan hilang dari posisi di atas timeline. Ingat ya, postingan yang bisa di-Pin hanyalah postingan yang kamu buat sendiri, bukan postingan milik orang lain.

Gimana spAcer? Ternyata menggunakan Facebook Timeline tidak begitu rumitkan? Asal kamu tahu celahnya dan mau mengutak-atik, tampilan Timeline sebenarnya sangat bagus lho! Selamat mencoba tips dan trik yang sudah diberikan tadi ya! 🙂