Tips Agar Aspire 4740 Milikmu Makin Mantap: [Step 1] Upgrade BIOS – Unduh File

November 13, 2010

Ketika kita punya komputer (PC Desktop, Notebook, Netbook), tentunya kita ingin komputer kita bekerja dengan performa terbaik dan tercepat. Hal-hal seperti menginstall dan mengganti software adalah hal biasa yang dilakukan agar performa komputer berjalan maksimal.

Tapi jika berkaitan dengan update BIOS untuk meningkatkan performa, apakah semua orang tahu?

Bicara update BIOS, spAcer harus tahu apa itu BIOS. BIOS atau Basic Input Output System adalah suatu program yang berada di chip motherboard notebook kita. BIOS ini berguna untuk mengatur dan mengontrol hardware sebuah komputer sebelum sebuah system operasi (OS) loading. Selain itu, BIOS juga menghubungkan hardware dengan OS kita.

BIOS biasanya diupgrade agar performa dan kinerja notebook menjadi lebih baik. Menilik dari pertanyaan yang masuk, Dr. Acer akan memberikan tutorial cara mengupdate BIOS untuk Acer Aspire 4740. Berikut step-step-nya:

Langkah pertama untuk mengupdate BIOS Aspire 4740 adalah mendownload file BIOS yang dibutuhkan. SpAcers bisa mendapatkan file dengan nama “BIOS_Acer_1.09_A_A” ini dari website Acer. Cara download filenya adalah sebagai berikut:

  • Masuk dan buka website Acer di www.acer.co.id
  • Cari dan klik menu “Service & Support”

  • Jika jendela Service & Support telah terbuka, spAcers akan melihat sebuah daftar, pilih dan klik “Driver Download” dari daftar yang tersedia.

  • Setelah itu, spAcer akan diarahkan untuk memasukkan jenis laptop yang dipakai seperti pada tampilan di bawah ini.

  • Pada kolom ini, pilih dan klik “Notebook”. Setelah itu akan muncul kolom kedua, pilih dan klik tulisan “Aspire”. Muncul kolom ketiga, pilih dan klik tulisan “4740” atau “4740G”. Nanti akan muncul tampilan seperti ini
  • Dibawah kolom-kolom tadi, ada tab-tab. Pilihlah tab yang bertuliskan “BIOS” untuk masuk ke dalam menu download BIOS.
  • Setelah tab “BIOS” di klik, di bawahnya akan muncul daftar BIOS yang bisa didownload oleh spAcers, pilih dan klik pada BIOS versi 1.09

Setelah di klik, file BIOS dengan nama “BIOS_Acer_1.09_A_A.zip” akan terdownload ke dalam notebook spAcers. Simpanlah file “BIOS_Acer_1.09_A_A.zip” di Desktop atau My Document agar mudah mencarinya.

Continue next : Tips Agar Aspire 4740 Milikmu Makin Mantap: [Step 2] Upgrade BIOS – Ekstrak File Hasil Unduhan