The Art of Starting

August 3, 2011

“Awalnya bagaimana sih mbak kok bisa seperti sekarang ini?”

Saya menerima banyak pertanyaan seperti ini setiap kali saya menghadiri gathering atau seminar. Dengan 20 buku yang saya tulis dan beberapa startups yang saya jalankan seperti Kutukutubuku.com dan Nulisbuku.com di usia 20 something, orang-orang menjadi penasaran dengan awal mula kisah saya.

Jika dirunut ke belakang, saya memulainya memang dengan menulis blog terlebih dahulu di tahun 2003. Kecintaan saya terhadap membaca telah membuat saya juga mencintai menulis. Dan saat kesempatan menerbitkan buku pertama datang, passion saya di buku pun menjadi menggebu-gebu.

Dari passion saya di bidang perbukuan, ternyata saya menemukan ‘problem’ saat ingin berbelanja buku secara online. Saya melihat problem ini sebagai peluang untuk berbisnis dan membuat toko buku online yang lebih baik. Begitulah asal mula startup pertama saya Kutukutubuku.com.

Dan semua mengalir dari situ. Kutukutubuku.com mendapat exposure dari media, bisnis kami tumbuh, dan yang dari tadinya bekerja full time di sebuah perusahaan, akhirnya kami nekat resign dan full time di bisnis sendiri. Terbukti, keputusan itu benar karena dari situ tumbuh bisnis-bisnis lain yang memang sesuai dengan passion saya.

Kalau ditanya apa yang membuat karir saya di menulis dan bisnis mengalir dengan cepat? Saya berani jawab: teknologi. Teknologi adalah katalis. Dengan riset di internet, buku bisa lebih cepat selesai ditulis. Dengan bisnis online, pengusaha juga jadi bisa lebih cepat action karena kemudahan memulai di ranah online. Menggunakan gadget dan apps  yang tepat juga penting untuk efektivitas berbisnis. Di dalam Acer Iconia tab saya sudah pasti ada Google Calendar untuk mengatur jadwal, Pulse untuk membaca trend atau kabar terbaru, Evernote untuk mencatat berbagai macam hal (dan bisa sync dengan gadget yang lain), dan masih banyak lagi.

Kita sering menjadi menjadi overwhelmed dengan cita-cita yang tinggi dan sepertinya muluk-muluk. Padahal kalau dipotong-potong kecil, maka semua mimpi kita bisa teraih, one step at a time. Ingin menulis buku? Coba menulis 1 artikel sehari selama 2 bulan. Ingin berbisnis online? Coba share di twitter, bisnis seperti apa yang kamu ingin bikin dan tawarkan, siapa tahu bisa ketemu business partner yang satu visi dan bisa saling melengkapi.

Jika kamu benar-benar ingin sukses: Plan your success. Starting small. Do something. Right. Now.

Tahun ini saya ditunjuk sebagai ChairWoman ON | OFF 2011 – social media festival dengan tema “Ideas Meet Opportunities”, sebuah acara tahunan pengembangan dari Pesta Blogger+. Dari rangkaian acaranya mulai dari pre-event ke 10 kota, talk series hingga acara utamanya selama 2 hari, saya dan teman-teman ingin sharing dan promoting lebih banyak tentang bagaimana memanfaatkan blog, social media dan teknologi pada umumnya untuk mempercepat kemajuan diri kita baik secara personal, sosial maupun dari sisi bisnis.

More info please check ON | OFF 2011 website http://onoffevent.org and follow @onoffID  on twitter