Switch VGA pada Notebook dengan Nvidia Optimus

January 13, 2012

Nvidia Optimus terdengar seperti salah satu anggota Transformer, sayangnya bukan, tapi teknologi ini tidak kalah keren.

Teknologi Nvidia Optimus ini mengoptimalkan performa graphical processing unit(GPU) notebook kita untuk menampilkan grafik yang outstanding. Teknologi ini akan bekerja ketika user menjalankan aplikasi yang memerlukan tampilan lebih baik dari NVIDIA graphics card. Setelah tidak diperlukan lagi, maka tampilan akan di-switch otomatis menggunakan Intel graphics card. Kereeen’kan!

Nah, beberapa notebook keluaran Acer kini dilengkapi dengan teknologi Nvidia Optimus ini.

Teknologi Nvidia Optimus memungkinkan switch grafik secara otomatis pada aplikasi yang memiliki profile-profile tertentu. Tapi apabila aplikasi yang ingin spAcer jalankan tidak memiliki profile ini maka grafik tidak bisa switch otomatis dari Intel menjadi Nvidia. Namun, spacer masih bisa mengubah grafik Intel menjadi Nvidia secara manual.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik ‘Start’ dan pilih ‘Control Panel’
  2. Dobel klik pada ‘Nvidia Control Panel’
  3. Klik ‘View’ dan tambahkan pilihan ‘Run with graphics processor’ ke Context Menu. Setelah itu tutup jendela Nvidia Control Panel
  4. Klik kanan pada aplikasi yang spAcer inginkan dan pilih ‘Run with graphics processor’. Setelah itu klik lagi ‘High-performance NVIDIA processor

Teknologi Nvidia Optimus ini terdapat pada notebook Acer seri Aspire 4750G, Aspire 4755G, Aspire Timeline X 4830TG dan Aspire Timeline X 3830TG.