Saat Notebook “Membisu”

September 8, 2011

“Lho suara dari laptopku kok kecil banget ya? Padahal pengaturan volumenya sudah maksimal!”

Mungkin tidak hanya sekali dua kali spAcer pernah mengalami hal di atas. Pengguna notebook memang terkadang mengeluhkan mengapa suara yang keluar dari notebook miliknya sangat kecil, atau malah tidak ada suara sama sekali. Tenang, notebook kamu tidak rusak kok, spAcer. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, dan bisa dijelaskan.

Beberapa tipe notebook atau netbook Acer memang hanya memliki mono speaker. Nah, pada laptop yang pengeras suaranya hanya mono, bukan stereo, konfigurasi speaker biasanya diatur agar suara keluar dari channel sebelah kiri. Meskipun begitu, saat kita mencolokkan headphone atau speaker eksternal, maka suara akan muncul dalam mode stereo yang bisa diatur sampai seberapa keras suara keluar dari sisi kiri dan kanan.

Mengapa suara yang keluar terdengar sangat kecil, atau terkadang malah tidak ada? Kemungkinannya, bisa jadi karena spAcer pernah mengutak-atik pengaturan suara, kemudian menggeser tombol volume balance terlalu ke kiri sehingga suara yang harusnya keluar dari channel sebelah kiri tidak terdengar. Untuk mengatasinya, tinggal geser tombol ke arah kanan sampai terdengar suara.

Masih bingung di mana letak pengaturan volume balance? Kamu bisa mengikuti langkah ini.

  • Klik ikon speaker yang ada di Task Tray, kemudian klik ‘Mixer’
  • Pada jendela ‘Volume Mixer’ , klik ikon speaker

  • Pada jendela ‘Speaker Properties’, klik tab ‘Levels’
  • Di sebelah pilihan ‘Realtek HD Audio Output’, klik tombol ‘Balance’
  • Akan muncul kotak ‘Balance’, pastikan slider yang berfungsi mengatur audio channel sebelah kiri berada pada posisi yang mengeluarkan suara sesuai keinginannmu.

Bila setelah melakukan pengaturan ini tetap tidak keluar suara, bawa notebook kamu ke ACSC atau ACSP terdekat untuk diperiksa oleh teknisi ahli dari Acer.