Resolusi Teknologi di Tahun Baru

February 7, 2013

Di awal tahun, banyak orang biasanya membuat resolusi nih, spAcer! Tapi, kamu pernah nggak sih membuat resolusi teknologi saat menjalani tahun yang baru?

Jika belum pernah membuat resolusi teknologi, gak ada salahnya lho turut membuat resolusi terkait teknologi atau paling tidak kebiasan berinternet yang lebih baik. Tujuan resolusi adalah menyiapkan atau berharap menjadi lebih baik. Dengan membuat atau menambahkan beberapa resolusi terkait teknologi, siapa tahu membuat kita lebih terorganisir. Apalagi belakangan ini kehidupan kita memang tidak bisa lepas dari teknologi bukan?

Bila spAcer tertarik membuat resolusi teknologi untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, kamu bisa melihat beberapa resolusi teknologi yang dikumpulkan dari berbagai sumber ini. Siapa tahu kamu tertarik memasukkannya ke dalam resolusi tahun 2013 milikmu spAcer!

  • Merapikan email.
    Berapa sih email yang tidak terbaca di akun-akun email milikmu spAcer? Ratusan atau bahkan mungkin ribuan? Kamu mungkin menggunakan email yang sama untuk mendaftar newsletter, group, dan penawaran lainnya hingga ujung-ujungnya email kamu selalu penuh dengan hal-hal yang mungkin tidak pernah kamu baca atau lihat sama sekali. Coba deh di tahun 2013 ini buat resolusi teknologi dengan cara meluangkan waktu setiap hari untuk menghapus email yang tidak penting atau tidak akan kamu baca.
    email
  • Hapus file, program atau aplikasi yang tidak digunakan lagi.Di tahun 2013 ini, biasakan juga untuk tidak menumpuk file, program atau aplikasi di laptop, tablet sampai smartphone-mu ya spAcer. Lakukan pengecekan secara rutin di gadget milikmu serta hapus saja segala file, program dan aplikasi yang tidak kamu pakai lagi agar ruang penyimpanan di laptop, tablet atau smartphone milikmu tidak penuh karena terus diisi tanpa diurus.
    recycle bin

 

  • Membuat back up data
    Kejadian tidak mengenakan bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja! Ini salah satu alasan mengapa memiliki back up data itu sangat penting. Bagi spAcer yang masih suka malas membuat back up data, tahun 2013 ini kamu mungkin bisa membuat resolusi lebih rajin membuat back up data. Ingat peribahasa ‘sedia payung sebelum hujan’ kan, spAcer?
  • Kurangi waktu berinteraksi dengan gadget atau interaksi di dunia maya.
    Berapa jam dalam sehari yang kamu habiskan menatap layar laptop, tablet atau smartphonemu, spAcer? Sudah lebih daripada waktu yang kamu habiskan untuk berbicara dengan teman di sekolah, kantor atau berkumpul dengan orang tua dan saudara? Hmmm, ayo mulai imbangi hidupmu dengan menghirup udara segar serta berinteraksi dengan manusia ‘nyata’.
  • Selalu up to date dengan masalah keamanan
    Ini berarti memastikan anti virus kamu selalu ter-update agar laptop-mu selalu terlindungi, spAcer. Selain anti virus, jaga juga keamananmu di dunia maya khususnya jejaring sosial dengan mengatur setting privasi di akun-akun milikmu. Lindungi juga akun-akun milikmu dengan cara menggunakan password yang kuat

 

data-backup

Itu beberapa resolusi teknologi yang mungkin bermanfaat untukmu spAcer. Kalau kamu punya resolusi teknologi lain yang ingin kamu capai di tahun 2013 ini, boleh lho share lewat komentar di bawah ya!